10 gunung tertinggi di Indonesia

10 gunung tertinggi di Indonesia – Gunung Everest, menurut beberapa pendapat orang merupakan gunung tertinggi di dunia jika kita mengukurnya dari permukaan laut yaitu 8.848 M diatas permukaan laut, tapi jika dihitung dari dasar laut ada sebuah gunung di Hawaii yang bernama Mauna Kea yang mencapai sekitar 10.200 M, jika dihitung maka gunung Mauna Kea lebih tinggi sekitar satu mil ketimbang gunung Everest.

Selain itu Indonesia yang memang dikenal dengan pemandangan dan alamnya yang indah juga memiliki beberapa gunung yang tinggi, hmm apa aja ya?. Ini 10 gunung tertinggi di indonesia dari yang terendah hingga yang tertinggi.

1. Gunung Latimojong

10 gunung tertinggi di indonesia
gunung.id

Gunung latimojong merupakan salah satu dari 10 gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Enrekang Sulawesi selatan, kira-kira 10 jam man dari kota Makassar.

Gunung latimojong juga dikenal dengan puncak Rante Mario, untuk mencapai puncak bukan hal yang mudah , rute yang terkesan cukup ekstrim dan seru ini sudah banyak disukai oleh para pendaki.

Tingginya sendiri 3478 M diatas permukaan laut, dan gunung latimojong termasuk dalam daftar gunung tertinggi di indonesia.

2. Gunung Sanggar

puncak tertinggi di indonesia
anekalokasiwisata.com

Gunung yang satu ini mungkin agak asing di telinga kita karena belum banyak ter ekspos. Gunung ini terletak di Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian sekitar 3492 M diatas permukaan tanah.

Gunung ini cocok bagi anda pecinta alam banget soalnya gunung ini sendiri masih terkesan sangat alami.

3. Gunung Semeru

puncak tertinggi di indonesia
pixabay.com

Gunung semeru merupakan puncak tertinggi di pulau jawa yang termasuk dalam 10 gunung tertinggi di Indonesia, tingginya sendiri mencapai 3676 M diatas permukaan laut.

Menawarkan banyak keindahan gunung semeru selalu disukai para pendaki, salah satu panorama paling indah adalah di ranu kumbolo.

Terletak Di Jawa Timur Kabupateng Malang.

4. Gunung Rinjani

rinjani salahsatu gunung tertinggi di indonesia
flick.com

Sama dengan gunung Sanggar letak gunung yang satu ini juga berada di Nusa Tenggara Barat, lebih sidikit popular ketimbang gunung Sanggar, Rinjani memilki tinggi 3726 M diatas permukaan laut.

Pemandangan indah, jalur yang menantang membuat para pendaki selalu ingin kembali menaklukan Rinjani.

5. Gunung Kerinci

puncak gunung kerinci
commons.wikimedia.com

Gunung satu ini berada di pulau Sumatra dan merupakan puncak tertinggi di pulau Sumatra, tingginya 3805 M diatas permukaan laut.

Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di indonesia dan termasuk 10 gunung tertinggi di Indonesia, dengan hutan lebat melingkarinya yang menjadi habitat bagi hewan-hewan endemik daerah sumatra.

6. Gunung Yamin

Beralih ke Papua gunung yang satu ini memiliki tinggi 4595 M diatas permukaan tanah. Dan katanya di puncak gunung ini pernah ditemukan Fosil Kerang Laut.

Gunung ini sebagian besar terbentuk oleh bebatuan gamping dan karang glaciated, dan memberikan keindahan tersendiri.

7. Gunung Ngga Plimsit

Ngga Plimsit juga berada di Papua, Papua Barat tepatnya. Ngga disini bukan berarti Tidak ya teman-teman hehe, tapi itu udah namanya ya.

Dulunya gunung ini lebih dikenal dengan nama gunung Idenburg dengan tinggi 47171 M diatas permukaan laut.

8. Puncak Trikora

menuju puncak trikora
wikimedia.com

uncak Trikora dengan ketinggian yang mencapai 4751 M di atas permukaan laut, juga terletak di Papua, gunung ini pernah meraih predikat sebagai gunung tertinggi kedua namun setelah SRTM (Shuttle Radar Topography Mision) melakukan survey kembali ternyata Puncak Mandala lebih tinggi 9 M dari Puncak Trikora.

Karena pemanasan global yang semakin meningkat, salju yang sempat menutupi puncaknya meleleh sedikit demi sedikit. Hingga semua saljunya tak terlihat lagi.

9. Puncak Mandala

mendaki puncak mandala
commonds.wikimedia.com

Gunung yang berada di perbatasan Papua Nugini ini, adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, dengan tinggi 4760 M diatas permukaan laut.

Sama halnya dengan Trikora dulunya puncknya juga diselimuti salju namun karena pemanasan global membuat salju tersebut meleleh. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang sangat menantag bagi para pendaki.

Pendaki yang pertama kali meraih puncaknya adalah Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing di tahun 1959 pada tanggal 9 september 1959.

10. Puncak Jaya

puncak jaya wijaya
wikipedia.com

Gunung tertinggi nomor 1 di Idonesia adalah Puncak Jaya yang juga berada di Papua dengan tinggi 5030 M diatas permukaan laut.

Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Nemangkawi, Ngga Pulu dan Ndugundugu. Dan gunung ini merupakan gunung satu-satunya gunung yang puncaknya masih ditutupi salju.

Bagaimana?, semuanya udah kamu taklukan belum?. Kalo mimin sendiri sih belum tapi akan, harus yakin. Jadi ngga usah sok mau taklukan Everest kalo gunung yang ada di negeri kamu sendiri belum kamu taklukan. Bangga dong jadi orang indonesia.

Demikianlah ulasan singkat 10 gunung tertinggi di Indonesia semoga bermanfaat. thanks 😀

Leave a Comment