Memaknai Arti Warna Hijau Secara Filosofi dan Psikologi

warna hijau

Arti warna hijau – Berbicara tentang warna, hijau adalah warna yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas sebab warna yang menyejukkan ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Warna daun yang hijau serta rasa yang menyejukkan saat melihatnya adalah dua dari ribuan keistimewaan yang dimiliki warna ini.

Hijau adalah warna sekunder yang tersusun dari percampuran antara kuning biru dan magenta sebagai pelengkap.

Filosofi Warna Hijau

Dari sisi filosofis, hijau banyak digambarkan sebagai sebagai ketabahan dalam menjalani penderitaan, keinginan yang kuat serta menjadi gambaran kekerasan hati.

Secara alami warna ini menjadi simbol simbol kesuburan, dan harimoni kehidupan.

Psikologi Warna Hijau

arti warna hijau

wallarthd.com

Dari sisi psikologi warna ini menggambarkan dalam diri seseorang melambangkan adanya satu keinginan yang kuat, ketabahan dalam menghadapi persoalan hidup, memiliki kepribadian yang keras serta lambang keberkuasaan.

Salah satu ahli psikologi dari Belanda mengatakan bahwa warna memiliki pengaruh yang sangat besar bagi manusia yang dimana meliputi kejiwaan, semangat serta vitalitas, kebahagiaan, kenyamanan diri yang akhirnya berpengaruh pada bagaimana seseorang menyikapi kehidupan.

Sedangkan menurut para pakar psikologi hijau adalah warna yang bisa membangkitkan kebahagiaan, rasa gembira, serta gairah hidup.

Oleh karena itu corak ini banyak diaplikasikan pada kamar rumah sakit, ruang operasi bahkan pakaian para ahli bedah pun menggunakan warna yang satu ini.

Warna ini memang memberikan sifat menyegarkan, membangkitkan energi diri, membawa ketenangan, menyeimbangkan emosi, meningkatkan rasa bangga pada personalnya.

pemandangan warna hijau

candide.personal-blogster.eu

Memanjakan mata dengan pemandangan yang hijau dapat meredam stres pada seseorang, memberikan rasa aman serta merasa terlindungi.

Umumnya, Seorang yang menyenangi corak yang serba kehijau-hijauan adalah seorang yang memiliki sifat romantis, pencinta keindahan dan menyenangi suasana alami, senang bila dipuji serta senang memberikan nasehat.

Dalam satu keadaan yang penting, seorang penyuka hijau akan berubah menjadi seorang yang berwatak keras, yang ucapannya terkadang sangat kasar.

Namun dalam hal percintaan penyuka hijau sangat mendambakan hidup bersama pasangan yang dapat memegang kata-kata serta penuh dengan toleransi.

Selain itu mereka adalah karakter pencemburu sehingga wajar bila kebanyakan dari mereka sangat berhati hati dalam memilih pasangan hidup dan siap menunggu lama untuk mendapatkan pasangan yang tepat untuk menjalani kehidupan.

Macam-macam Warna Hijau

Macam-macam Warna Hijau

codesigncod.blogspot.co.id

Hijau pada dasarnya memiliki warna yang sangat beragam.

Ragam variasi warna ini bisa didapatkan dari hasil penggabungan dengan warna lain sehingga didapatkan berbagai macam variasi lain yang lebih indah indah namun terkadang juga warna ini terjadi secara alami. Berikut diantaranya:

Aqua marine, Celadon(pudar), Chartreuse(kekuning-kuningan), Emerald(zamrud hijau), Hijau hutan, Jade(hijau lumut), Tangerine, Viridian, dll.

 Arti Warna Hijau

Hijau memeliki banyak arti diantrannya, sebagai simbol alam, simbol kesejukan, simbol keberuntungan, serta banyak di artikan sebagai simbol kesehatan.

Arti Hijau Dalam Islam

arti hijau dalam islam

pixabay.com

Hijau dalam kepercayaan agama Islam dimaknai sebagai makna kesucian.

Hijau sangat banyak disebutkan didalam Al-Quran yang diantaranya memberikan gambarang tentang penghuni surga lengkap dengan kenikmatan kenikmatannya, kesenangan serta ketanangan jiwa sebagaimana banyak disebutkan dalam surah Ar-Rahman).

Selain itu di surah yang lain juga disebut sebagai gambaran pakaian surga yang indah(Al-Kahf:31).

Arti Warna Hijau Dalam Kesehatan

Secara psikologi, hijau banyak mempengaruhi mood serta pikiran.

Hijau adalah corak yang tenang dan santai dimana sangat cocok untuk dilihat oleh orang yang sendang tegang atau sedang megalami ketidakstabilan emosi yang tentu berpengaruh pada daya tahan serta kesehatan tubuh.

Arti Warna Hijau Pada Peta

Penggunaaan hijau dalam peta bertujuan untuk mempertilhatkan suatu daerah yang memiliki tingkat ketinggian dibawah 200 meter yang didominasi oleh dataran rendah.

Sedangkan penggunaan hijau mudah menggambarkan suatu daerah dengan ketinggian yang berkisar antara 200-400 diatas permukaan laut.

Arti Warna Hijau Dalam Logo

Penggunaan corak hijau dalam logo bisa bermakna kehidupan, kesegaran serta pembaharuan.

Trend penggunaan corak hijau saat ini banyak digambarkan sebagai slogan Eco friendly.

Banyak bisnis saat ini menggunakan warna ini untuk menarik pelanggan sehubung dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian alam

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>