“Bolu Peca dan Bolu cukke” Kudapan Khas Bugis Makassar yang Serupa Tapi Tak Sama

Sulawesi Selatan sebagai destinasi wisata kuliner mungkin tak terbantahkan lagi di mata para wisatawan di Indonesia.

Daerah dengan 1001 penganan khas lokal mungkin cocok disematkan untuk daerah yang satu ini.

Coto Makassar, konro, es pisang hijau, dan pallu butung adalah beberapa makanan khas Bugis Makassar yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia.

Kali ini kita akan membahas penganan khas Bugis Makassar ya mungkin kedengaran umum tapi tetap saja khas Bugis Makassar. Namanya kue Bolu.

Kue Bolu Khas Bugis Makassar

Mendengar nama kue Bolu, mungkin anda akan segera berkata bahwa kue bolu bukanlah khas Bugis Makassar. Kue bolu memang kue sejuta umat, tak hanya di Sulawesi Selatan, kue ini dapat ditemukan dimana-mana, di Indonesia hingga mancanegara dalam berbagai varian.

Akan tetapi dengan sentuhan yang berbeda khas Bugis Makassar, kue yang berbahan dasar telur, gula dan tepung ini menjadi penganan tradisional khas Bugis Makassar yang telah ada sejak dulu kala yakni kue Bolu Cukke dan Bolu Peca. Yuk mari kita bahas satu per satu.

Bolu Peca

bolu peca toriolo
Bolu Peca via instagram.com/rachmiabadi

Dalam kultur budaya Bugis Makassar, kue bolu Peca biasanya dinikmati dalam sebuah acaranya resmi khususnya acara pernikahan.

Rasa manis yang cukup tinggi yang berasal dari lelehan gula merah adalah ciri khas kue bolu peca. Teksturnya yang lembut seperti sponge memberikan sensasi tersendiri saat dimasukkan kedalam mulut.

Dalam bahasa Bugis sendiri “Peca” berarti “lembek”. Oleh karenanya tekstur bolu yang satu ini tidak keras sehingga akan terasa lembut saat dimasukkan di mulut.

Bagi anda yang penasaran dengan kue yang satu ini, anda dapat mencarinya jika sedang berkunjung ke kota Sulawesi Selatan khususnya di daerah Bugis.

Membuat Kue Bolu Peca

Bagi anda yang belum memiliki waktu berkunjung ke Sulsel mungkin anda dapat mencoba membuatnya sendiri dirumah. Mudah kok membuatnya.

Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan Bolu Peca

  • Telur bebek 4 Butir
  • Tepung ketan 5-8 sdm.
  • Tepung terigu 2 sdm.
  • Gula merah 200 gr.
  • Gula pasir 2 sdm.
  • Air 700 ml
  • Soda kue dan vanili masing 1 sdt.

Cara membuat

Larutkan gula aren dengan cara dimasak dalam 700 ml air yang telah disiapkan sebelumnya hingga benar-benar larut dan mengental. Dalam proses pelarutan ya, anda dapat menambahkan daun pandan agar cairan gula terasa wangi.

Selanjutnya, campurkan tepung ketan dan tepung terigu lalu sangrai selama beberapa menit dengan menggunakan api kecil lalu dinginkan. Hindari menyangrai terlalu lama sebab dapat menyebabkan hasil sangrai mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Campurkan telur, vanili, gula pasir, dan soda kue ke dalam satu wadah yang selanjutnya diaduk dengan menggunakan mixer hingga mengembang.

Setelah adonan terlihat mengembang, campurkan campuran tepung ketan dan tepung terigu yang telah disangrai tadi secara perlahan sambil tetap diaduk.

Setelah semua bahan tercampur sempurna menjadi adonan, selanjutnya tuangkan kedalam loyang berbentuk segi empat yang sebelumnya telah dilapisi dengan mentega.

Selanjutnya adonan dikukus hingga matang sekitar kurang lebih 20 menit.

Setelah adonan matang, selanjutnya lumuri adonan dengan menggunakan larutan gula merah yang dibuat di awal tadi.

Selanjutnya, Bolu Peca Siap disajikan.

Bolu Cukke

bolu cukke toriolo
Bolu Cukke via instagram.com/wiwiedarre

Kue Bolu khas Bugis Makassar selanjutnya adalah Bolu Cukke.

Meski sama-sama berbahan dasar gula merah, kedua kue bolu ini memiliki penampakan yang berbeda satu sama lain.

Jika bolu Peca terlihat agak basah oleh larutan gula merah, bolu Cukke memiliki penampakan sebaliknya yakni kering seperti kue Bolu pada umumnya.

Meskipun begitu Bolu Cukke tetap lembut saat dimakan.

Selain karena tidak dibaluri larutan gula merah, Bolu Cukke juga dimasak dengan cara berbeda dari bolu Peca yakni dengan cara dipanggang.

Jika bolu Peca umumnya hanya dibuat untuk acara-acara tertentu, bolu Cukke dapat dibuat kapan saja, bahkan kue ini dapat dijadikan pendamping minuman dikala bersantai bersama keluarga.

Tidak sulit untuk mendapatkan penganan yang satu ini sebab sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Sulsel khususnya di daerah Bugis.

Di beberapa daerah di tanah Bugis kue bolu ini bahkan dijadikan oleh-oleh khas yang dapat dibeli untuk keluarga dirumah.

Membuat Bolu Cukke

Meski mudah ditemukan dimana-mana, ternyata cara pembuatannya tetap terbilang gampang-gampang susah.

Takaran komposisi dan cara pembuatannya harus tepat sebab jika salah sedikit saja bisa membuat cita rasanya menjadi tidak enak.

Pembuatan bolu Cukke yang benar akan menghasilkan kue bolu beraroma khas yang menggugah selerah.

Penampakan yang kering diluar namun lembut didalam dengan rasa manis yang pas (tidak terlalu manis dan tidak hambar seperti roti tawar).

Berikut bahan dan cara membuat bolu Cukke porsi sedang.

Bahan Bolu Cukke

  • Telur 10 btr.
  • Terigu 2 kg
  • Gula merah 2 kg
  • Minyak 1 gelas.
  • Air 3 gelas.
  • Tbm dan potas masing-masing 1 sdt.

Langkah-langkah

Larutkan gula merah dengan cara dimasak kedalam air hingga benar-benar cair dan mendidih. Selanjutnya angkat dan saring.

Kocok telur dengan mixer, tambahkan gula pasir secara perlahan, lalu tambahkan tbm dan potas. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan res.

Campurkan larutan air gula merah kemudian kocok kembali lalu masukkan terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur secara merata.

Tambahkan minyak dan aduk kembali hingga rata.

Diamkan adonan selama 60 menit. Setelah didiamkan kurang lebih 60 menit, selanjutnya tuangkan adonan kedalam cetakan bolu Cukke untuk dibakar di dalam oven.

Tunggu hingga matang dan kue pun siap dihidangkan.


Itulah ulasan singkat tentang kue bolu khas Sulsel bolu Peca dan Bolu Cukke. semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment