6 Jenis Buah Untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Berbicara mengenai penyakit kolesterol atau kadar kolesterol dalam tubuh kebanyakan masyarakat akan berpikir mengenai penyakit jantung atau stroke.

Faktanya, tak banyak yang tahu kalau setiap tubuh memiliki kolesterol di dalamnya meskipun dengan kadar yang berbeda-beda setiap individu.

Apa Itu Kolesterol?

buah untuk kolesterol
Tumpukan lemak tubuh via pixabay.com

Kolesterol adalah kumpulan lemak tubuh berupa lilin yang melekat pada sel-sel tubuh.

Kolesterol sendiri dapat diproduksi secara alami oleh tubuh melalui lever. Akan tetapi lemak tubuh juga dapat berasal dari makanan sehari-hari yang kita makan. 

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol dalam rangka membantu terbentuknya sel-sel baru yang sehat. 

Akan tetapi, jumlah lemak tubuh yang terlampau tinggi dapat menjadi penyebab beberapa penyakit kronis.

Bagaimana Kolesterol Merusak Tubuh

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya plak-plak dalam aliran darah yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah.

Pembuluh darah yang tersumbat tersebut pada akhirnya dapat  menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karenanya setiap kita wajib menjaga kadar kolesterol tubuh tetap pada batas normal yakni 160-200 mg. Apabila kadar kolesterol melebihi batas normal ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter.

Cara Mengatasi Kolesterol Berlebih

mengatasi kolesterol dengan buah
Mengatasi kolesterol via pixabay.com

Menjalani pola hidup sehat, olahraga teratur, serta menjaga asupan makanan adalah cara terbaik menjaga kadar kolesterol tetap dalam batasan normal.

Makanan merupakan salah satu sumber kolesterol. Mengontrol jenis asupan makanan merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap kadar kolesterol tubuh.

Sebisa mungkin hindari jenis-jenis makanan seperti gorengan-gorengan yang mengandung lemak jenuh. 

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran khususnya beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Buah untuk kolesterol

Kandungan zat gizi maupun non gizi yang terkandung pada buah buahan sedikit banyaknya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Termasuk dalam rangka menurunkan kadar kolesterol.

Jenis-jenis serat yang terkandung pada buah-buahan diketahui dapat mengikat asam empedu yang diproduksi oleh tubuh sehingga dapat menekan tingkat penyerapan kolesterol darah.

Selain itu mencegah terjadinya penumpukan lemak darah, serat juga dapat meningkatkan produksi kolesterol baik. 

Berikut beberapa jenis buah yang dapat membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Buah Apel

buah apel untuk kolesterol
Apel untuk kolesterol via libreshot.com

Buah pertama yang dapat membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah apel.

Kandungan Pektin pada apel berupa serat yang mudah larut dapat menyerap lemak dalam tubuh untuk kemudian dibuang keluar melalui feses atau urin.

Selain itu, kandungan polifenol dan vitamin dalam apel dapat menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga dapat meningkatkan imun tubuh.

2. Alpukat

atasi kolesterol dengan alpukat
Alpukat via id.wikipedia.org

Alpukat merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, serta senyawa-senyawa lainnya yang dapat bekerja memperlambat proses penyerapan lemak kedalam tubuh.

Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Alpukat juga dapat dijadikan sumber lemak tak jenuh alami, membantu menormalkan kadar gula darah, serta dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

Selain itu, alpukat sangat cocok dikonsumsi jika anda sedang menjalani program diet. kandungan serat yang tinggi pada alpukat dapat menunda lapar dalam waktu yang lama.

3. Buah Pir

pir untuk kolesterol
Buah pir via pixabay.com

Sama dengan buah Apel, buah pir mengandung serat Pektin yang juga terbilang tinggi yang sangat efektif membantu menurunkan kadar lemak jenuh didalam tubuh.

Kandungan vitamin C yang ada pada buah pir dapat menjadi antioksidan bagi tubuh guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Setiap satu buah Pir berukuran sedang yang dikonsumsi, dapat memenuhi 12 persen kebutuhan vitamin C serta 16 persen kebutuhan serat tubuh anda setiap hari.

4. Buah-Buah Berries

buah berry untuk menurunkan lemak darah
berries via pxhere.com

Buah Berry adalah buah yang sangat cocok untuk menangkal penyakit kolesterol yang disebabkan oleh lemak jahat.

Yang termasuk dalam keluarga berries diantaranya adalah Strawberry, Blueberry, cranberry, dan Raspberry.

Kandungan antioksidan-nya yang terbilang tinggi dapat mencegah kerusakan pembuluh darah akibat tumpukan kolesterol jahat.

Dan sebaliknya, konsumsi buah berries dapat meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh.

Kandungan pterostilbene yang ada pada buah-buahan berries ini dapat mencegah timbulnya tumpukan plak pada jaringan arteri yang merupakan salah satu pemicu stroke dan jantung koroner.

5. Anggur

anggur penetral kolesterol
Anggur via pxhere.com

Anggur merupakan buah yang kaya dengan serat yang larut air. Serat tersebut dapat bekerja mengikat kolesterol yang ada pada usus halus untuk kemudian dibuang keluar dari tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah Anggur meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh serta meminimalisir kadar lemak jahat dalam tubuh.

6. Pepaya

buah pepaya
Pepaya via pixabay.com

Pepaya adalah buah yang multiguna. Hampir setiap bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Buah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk darah. Pepaya dapat meningkatkan kadar lemak baik dalam darah serta memperlambat berkembangnya lemak jahat dalam darah.

Buah pepaya juga mengandung alkaloid, flavanoid, tanin, antrakunion, antosiandinl serta tanin yang menimbulkan efek Hipolipidemik untuk mengatasi Hiperlipidemia yang diakibatkan oleh tingginya kadar lemak atau kolesterol dalam tubuh. 

***

Itulah beberapa buah yang dapat dikonsumsi secara teratur dalam rangka membantu mencegah atau menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment