Bagi Anda yang Sedang cari jodoh, Ini Dia Panduan Lengkapnya

Cari Jodoh – Jodoh ditangan tuhan dan tak ada yang tahu dari mana datangnya, kapan datangnya, dan bagaimana cara ia datang.

Entah sudah sesering apa kalimat-kalimat tersebut terdengar di telinga kita. Tak bisa dipungkiri kalimat tersebut memang Terdengar sangat bijak dan menyejukkan, khususnya bagi Anda yang sedang galau karena jodoh tak kunjung tiba.

Kalimat-kalimat tersebut tak jarang dijadikan sebagai tameng oleh para jomblo jomblo yang tak menemukan jodohnya.

Namun, anda tak boleh terlena dengan kata-kata yang menyejukkan tersebut. sebab, tidak sedikit orang yang menyalahartikan kalimat tersebut.

Meskipun jodoh sepenuhnya ditangan tuhan, tidak berarti anda cukup berpangku tangan menunggu datangnya jodoh.jodoh tida datang sendiri

Jodoh itu seperti rezeki, meskipun ditangan tuhan tapi jodoh tetap harus dijemput.

Rezki tidak begitu saja jatuh dari langit begitu pula dengan jodoh, selalu dibutuhkan usaha untuk mendapatkannya.

Bahkan, tidak sedikit orang yang harus bersusah payah terlebih dahulu dalam mencari jodoh hingga akhirnya dipertemukan oleh tuhan.

Jadi saat anda sudah menyadari semuanya, saatnya bagi anda untuk mulai bergerak mencari jodoh anda.

Sebelum berangkat, berikut beberapa tips cari jodoh yang mungkin bisa anda gunakan sebagai petunjuk dalam mencari jodoh.

6 Tips Cari Jodoh Untukmu yang Mendambakan Pasangan Hidup

Mencari pasangan hidup perlu dilakukan dengan usaha sebagai bentuk pelengkap doa anda. berikut beberapa tips mencari jodoh untuk anda:

1. Cari Jodoh itu Dimulai Dengan Meminta KepadaNya

doa minta jodoh
via labbaik.id

karena jodoh itu ditangan Tuhan maka awalilah usaha anda dalam mencari jodoh dengan berdoa kepadanya.

Caranya sangat sederhana, cukup dengan memohon kepadanya di dalam hati, Itulah bentuk doa yang sangat sederhana, tidak sulit kan?.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka Para pencari jodoh di luar sana melupakan hal yang satu ini.

Doa memang terlihat sangat sederhana, namun tahukah anda bahwa doa memiliki peranan yang sangat besar dalam setiap usaha yang kita lakukan termasuk dalam mencari pasangan hidup.

Bahkan di dalam Islam kita sangat dianjurkan untuk berdoa dalam segala hal termasuk dalam hal meminta jodoh. jadi mulailah dengan berdoa meminta kepadaNya.

2. Agar Proses Cari Jodoh Anda Jadi Mudah, Mintalah Bantuan Kepada Orang – Orang Terdekat Anda

silaturrahmi
via: flickr.com/photos/pamaire

Kalau anda merasa kesulitan dalam mencari pasangan hidup, maka tak ada salahnya jika anda meminta bantuan kepada orang-orang terdekat anda.

Mintalah bantuan kepada saudara, teman dekat, atau orang-orang di sekeliling anda yang anda percaya.

Jangan malu atau sungkan untuk meminta bantuan kepada mereka, sebab mungkin saja di antara mereka ada yang memiliki kenalan atau keluarga yang juga sedang mencari jodoh sehingga dapat diperkenalkan kepada anda.

Dalam mencari pasangan hidup, hal yang seperti ini adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Kalau di dalam agama Islam disebut dengan ta’aruf atau saling berkenalan dalam konteks mencari pasangan hidup.

Jadi mulai saat ini mulailah untuk sesering mungkin membuka pintu silaturahmi dengan keluarga kerabat ataupun teman-teman anda.

3. Jodoh yang Baik Berada di Tempat yang Baik Bersama Orang – Orang yang Baik

cari pasangan hidup yang baik
Via: flickr.com/photos/lanraga

Ada yang bilang bahwa Baik buruknya seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya.

Jadi, saat anda telah menentukan kriteria pasangan idaman anda, mulailah untuk mencari tempat-tempat dimana dia Biasanya banyak menghabiskan waktu.

Kalau kriteria pasangan anda adalah seseorang yang religius maka carilah di tempat-tempat dimana para penggiat agama biasanya berkumpul. Seperti, di masjid, di pengajian, hingga ke pesantren-pesantren.

Kalau anda suka seseorang yang senang travelling maka carilah mereka di tempat tempat ngumpul para traveler.

Anda yang cari jodoh bule sebaiknya mencari di luar negeri, cari jodoh bule di dalam negeri Akan sangat menyulitkan sebab di dalam negeri bukanlah tempat mereka.

Alternatif yang mudah Bagi Anda yang cari jodoh bule adalah dengan mendatangi tempat-tempat wisata banyak dikunjungi oleh parah bule dari luar negeri.

4. Perluaslah Pergaulan Anda Sebab Banyak Teman Banyak Rezeki, Termasuk Membuka Pintu-Pintu Jodoh Selebar-Lebarnya

menambah teman hidup
Via: pxhere.com

Mulailah untuk memperluas pergaulan anda sebab semakin banyak kenalan anda maka kemungkinan anda untuk mendapatkan pasangan hidup yang anda idam-idamkan akan semakin besar.

Mulailah untuk melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan di sekitar Anda, salah satunya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial.

Dengan begitu anda akan banyak berkenalan dengan orang-orang yang baru serta dapat mengasah kepekaan anda dalam bersosialisasi.

Semakin banyak interaksi maka anda akan semakin banyak berkenalan dengan hal-hal baru yang dapat meningkatkan nilai diri anda di hadapan calon pasangan hidup anda kelak.

5. Carilah Suasana Baru Dengan Merantau, Mungkin Saja Dia Ada Disana

merantau cari jodoh
Via: pxhere.com

Tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk berhijrah atau merantau mendapatkan pasangan yang mereka idamkan di Negeri rantau.

Oleh karena itu apabila anda masih merasa sulit dalam menemukan pasangan hidup yang anda idam-idamkan, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk pergi ke suatu tempat yang baru.

Mungkin saja di sana anda dapat menemukan jodoh yang anda inginkan selama ini.

seorang Arif pernah berkata “ merantaulah maka engkau akan mendapatkan keluarga baru”.

Jadi kalau memungkinkan bagi anda untuk merantau maka merantaulah. Bahkan Merantau sangat penting bagi Anda yang cari jodoh bule.

6. Sangat Dianjurkan Untuk Cari jodoh Yang Seagama

jodoh muslimah
Via: pixabay.com

Meskipun tidak ada aturan baku dalam hal ini namun cari jodoh yang seagama akan lebih memudahkan anda dalam membina kehidupan kelak.

Seorang yang beragama Islam sebaiknya cari jodoh Islam. Apabila anda seorang muslim maka cari jodoh muslimah, begitu pula Sebaliknya apabila anda muslimah maka cari jodoh muslim.

Apabila Anda seorang yang beragama Kristen maka cari jodoh Kristen, begitu pula apabila anda beragama Katolik maka cari jodoh Katolik.

Perbedaan agama dalam keluarga biasanya akan menjadi jurang antara anggota keluarga yang lain. Oleh karena itu sangat disarankan untuk cari jodoh yang seagama.

Itulah 6 tips sederhana yang perlu Anda ketahui dalam usaha mencari pasangan hidup yang tepat bagi anda.

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana sih mencari pasangan yang siap menikah?. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

Tips Cari Pasangan yang Siap Menikah

cari jodoh siap nikahPerlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang yang anda temui sejatinya telah siap menikah.

Tidak sedikit dari mereka yang ingin menikah karena faktor-faktor tertentu di luar dari faktor kesiapan mereka Seperti, faktor usia, faktor keluarga, atau faktor-faktor lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa pernikahan adalah sebuah komitmen besar antara dua insan dalam menjalani kehidupan.

Kehidupan setelah menikah akan berbeda dengan kehidupan yang anda jalani sebelum menikah dimana dibutuhkan komitmen untuk menjalani kehidupan yang berbeda tersebut.

Oleh karena itu penting bagi yang telah siap menikah untuk juga cari pasangan yang siap menikah, berikut tips cari pasangan yang siap menikah:

1. Calon Pasangan Yang Siap Menikah itu Dewasa Dalam Berkomitmen

cari jodoh yang komitmenSeseorang yang telah paham akan makna sebuah komitmen Untuk menjalani hidup bersama berarti telah siap untuk menikah.

Oleh karenanya dalam mencari pasangan penting bagi anda untuk membicarakan komitmen Komitmen apa saja yang akan dijalani dalam pernikahan kelak.

2. Keterbukaan Adalah Salah Satu Kunci Langgengnya Sebuah Hubungan Maka Temukanlah Dia yang Siap Untuk Terbuka Dalam Segala Hal

Keterbukaan satu sama lain adalah hal yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Khususnya dalam hubungan rumah tangga yang akan dibina hingga akhir hayat.

Oleh karena itu Temukanlah pasangan yang siap untuk terbuka dengan anda khususnya dalam hal masalah masalah dalam keluarga kelak .

Tipsnya adalah saat Anda bertemu dengan calon pasangan hidup anda, mulailah untuk sesekali menanyakan hal-hal yang sifatnya pribadi yang tidak terlalu sensitif tentunya.

Selanjutnya anda dapat menilai apakah dia kelak akan menjadi orang yang terbuka atau banyak menutup diri terhadap pasangannya.

3. Temukan Mereka yang Siap Menerima Kekurangan Anda, Dialah Pasangan yang Siap Menyempurnahkan Kekurangan Anda

keluarga adalah yang terbaikTidak ada manusia yang sempurna namun tidak semua manusia siap menerima kekurangan yang anda miliki.

Oleh karena itu penting untuk mencari pasangan hidup yang siap menerima tidak hanya kelebihan anda tapi juga kekurangan anda.

Tak perlu sungkan untuk menceritakan kekurangan-kekurangan yang anda miliki, sebab awal dari sebuah hubungan yang langgeng adalah keterbukaan serta toleransi terhadap kekurangan-kekurangan masing-masing.

Saling kompromi terhadap kekurangan masing-masing akan menjadikan hubungan anda akan selalu dipenuhi dengan toleransi. Sehingga kelak tak ada yang merasa tersakiti dengan kekurangan masing-masing.

Bukan Hal mudah untuk menemukan mereka yang siap menerima kekurangan anda, oleh karena itu apabila calon jodoh anda telah siap menerima kekurangan Anda, bisa dikatakan dia telah siap untuk menikah.

4. Pasangan yang Siap Menikah Umumnya Memiliki Visi dan Misi Untuk Pernikahannya Kelak

Carilah pasangan yang telah memiliki tujuan dalam pernikahan. Pernikahan yang baik adalah pernikahan yang memiliki tujuan bersama.

Pasangan yang siap menikah biasanya telah memiliki visi misi atau tujuan dalam menjalani kehidupan pernikahannya kelak. bukan yang asal nikah saja tanpa tau mau ngapain setelah menikah.

Itulah 4 tips cari pasangan yang siap menikah yang bisa kamu terapkan dalam perjuangan anda menemukan pasangan hidup idaman anda.

Meskipun diluar sana masih banyak tips cari pasangan yang siap menikah, tapi keempat tips diatas sudah cukup untuk anda gunakan sebagai filter dalam mencari jodoh. Selanjutnya terserah anda.

Sekarang, mulailah persiapkan diri anda. Sebab jodoh hanya akan dikirimkan oleh tuhan kepada mereka yang telah siap untuk menikah.

Namun, tahukah anda apa saja persiapan-persiapan yang sebaiknya anda lakukan dalam menghadapi pernikahan?.

5 Persiapan Diri yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menghadapi Pernikahan

pantaskan diri sebelum cari jodoh

1. Merubah Kebiasaan-Kebiasaan Buruk

Untuk menghadapi pernikahan, mulailah untuk merubah kebiasaan kebiasaan buruk yang anda miliki.

Dengan mengurangi kebiasaan kebiasaan buruk yang anda miliki berarti anda meminimalisir permasalahan-permasalahan yang mungkin akan muncul dalam kehidupan rumah tangga anda kelak.

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk yang berbeda-beda. Ada yang senang begadang, tidur hingga berjam-jam, malas, boros dalam berbelanja, sering berkata kasar dan lain-lainnya.

Oleh karena itu mulailah untuk belajar menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk Semaksimal mungkin.

2. Tingkatkan Aktivitas-Aktivitas Positif

Tak ada yang tidak suka dengan orang yang baik. Semakin banyak kebiasaan-kebiasaan baik yang anda miliki maka anda akan semakin disenangi oleh orang-orang di sekeliling anda tidak terkecuali calon pendamping anda kelak.

3. Perbanyak Beribadah Sebab Jodoh Ditangan Tuhan

Memperbanyak ibadah tidak hanya meningkatkan nilai religius anda, ibadah yang rajin dan sungguh-sungguh sejatinya adalah tanda keseriusan anda dalam menjalani hidup.

Sebab kehidupan berkeluarga yang baik adalah kehidupan yang dibina di atas aturan-aturan agama.

4. Belajar Mengenai Cara Membangun Keluarga yang Harmonis

Keluarga yang harmonis tidak terbentuk begitu saja melainkan ada ilmunya. Oleh karena itu persiapkanlah jauh-jauh hari sebelum anda benar-benar menjalaninya.

Anda harus tahu apa hak dan kewajiban anda sebagai seorang suami dan hak dan kewajiban seorang istri serta aturan-aturan berumah tangga lainnya.

5. Belajarlah Untuk Banyak Berserah Kepada Tuhan Disetiap Kondisi

minta jodoh
Via: Pixabay.com

Tidak semua masalah dapat anda selesaikan sendiri atau dibantu orang lain. Sebab Terkadang ada masalah-masalah yang diluar Nalar kita yang hanya Dia yang dapat menyelesaikannya. maka belajarlah untuk berserah kepada-nya.

Itulah 5 persiapan dari sekian banyak persiapan-persiapan yang sebaiknya anda lakukan untuk menghadapi kehidupan berumah tangga.

Apabila anda telah melakukannya maka anda dapat dikatakan telah siap untuk berumah tangga.

Namun, perlu anda ketahui bahwa banyak orang yang telah melakukan tips mencari jodoh di atas namun belum dipertemukan dengan pasangan idaman mereka.

Oleh karena itu selain menerapkan tips di atas sangat penting bagi kita untuk melakukan evaluasi diri untuk mengetahui kemungkinan adanya hal-hal yang dapat menghambat datangnya jodoh anda yang datangnya dari dalam diri sendiri.

4 Hal yang Menghambat Datangnya Jodoh

penghambat datangnya jodohSulitnya anda dalam cari jodoh bisa saja disebabkan oleh diri anda sendiri oleh karena itu perlu Anda ketahui beberapa hal hal yang menghambat datangnya jodoh. khususnya dalam hal ini penghambat dalam diri anda sendiri.

1. Selera yang Terlalu Tinggi Dalam Memilih Pasangan Hidup

Angan-angan akan pasangan yang sempurna adalah salah satu penyebab utama sulitnya anda mendapatkan jodoh.

Mengharapkan pasangan yang sempurna adalah hal yang manusiawi. Namun sebaik-baiknya manusia Tak ada manusia yang sempurna.

Maka cukuplah anda menentukan poin-poin yang dianggap penting dalam memilih pasangan hidup.

Selanjutnya belajarlah untuk menerima kekurangan kekurangan yang dimiliki oleh calon pasangan anda. Sebab sejatinya kehidupan berpasangan adalah kehidupan yang saling melengkapi satu sama lain.

2. Fokus Cari Istri, Lupa Memantaskan Diri

Banyak yang sibuk mencari jodoh namun lupa untuk memantaskan diri. Maka banyak-banyaklah untuk bertanya ke dalam diri anda “sudah Pantaskah saya untuk menjadi seorang suami atau Seorang Istri?”.

Penuhi setiap variabel-variabel yang menjadikan anda pantas untuk menjadi seorang pendamping hidup. Dengan begitu maka pantaslah diri anda untuk mendapatkan pasangan hidup.

3. Banyak Dosa

Setiap manusia mendambakan pasangan yang baik. Namun tidak sedikit dari mereka yang masih selalu berbuat dosa, tanpa menyadari bahwa seorang yang baik akan dipertemukan dengan seseorang yang baik.

Jangan pernah berharap mendapatkan pasangan yang baik apabila anda masih terjebak dalam kubangan dosa maka bertobatlah.

4. Ragu Terhadap Diri Sendiri

Ragu akan kemampuan diri adalah penyakit umum yang banyak diderita oleh Kebanyakan orang. Belajarlah untuk meyakinkan diri anda bahwa anda bisa menjalani kehidupan.

Hilangkan semua rasa ragu dalam diri anda sebab rasa ragu yang terpelihara hanya akan semakin melemahkan anda. Belajarlah untuk berani.

Demikianlah tips bagi kamu para pencari jodoh. Semoga tips sederhana di atas dapat bermanfaat bagi anda dan menjadi salah satu jalan bagi anda untuk menemukan jodoh anda. Selamat cari jodoh.

Leave a Comment