Kumpulan Fungsi Iklan Terlengkap

 

fungsi iklan

Fungsi iklan  – Iklan adalah media atau alat yang digunakan oleh setiap perusahaan atau produsen dalam memperkenalkan produknya kepada khalayak ramai.

Banyak hal yang dilakukan para produsen dalam memasarkan produknya, para produsen juga memanfaatkan peran media massa dalam memasarkan setiap produk yang ia punya, seperti radio, televise, Koran, majalah, internet, website dan banyak lainnya.

Karenanya iklan sangat memberikan banyak manfaat pada setiap penjualan yang anda lakukan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bukan hanya dalam penjualan sebuah barang namun dalam pendidikan juaga iklan memilik peranan yang amat penting.

Baca Juga : Pengantar Periklanan[Pengertian, Jenis, dan Contoh Iklan]

Selain sebagai alat pemasaran iklan sebenarnya memiliki banyak fungsi, antara lain :

1. Fungsi Iklan Sebagai Media Penyambung Informasi

iklan sebagai media penyambung informasi
pixabay.com

Informasi dalam jula-beli adalah hal yang sangat penting maka dari itu, dengan mengiklankan produk anda maka informasi yang dibutuhkan konsumen terhadap barang anda akan terpenuhi.

Dengan iklan konsumen akan tahu semua hal tentang barang anda. Bukan hanya pada barang anda, tapi anda juga dapat menginformasikan sebuah promo-promo yang sedang ada di perusahaan.

Baik promo dala bentuk BUY 1 GET 2 ataupun anda sedang melakukan diskon besar-besaran.

2. Fungsi Iklan Sebagai Media Persuasi atau Membujuk

Terkadang dalam masyarakat beberapa orang tak akan dengan mudah percaya terhadap sebuah produk yang kita jual. Maka dari itu ketika kita beriklan, tidak hanya satu kali maka secara tidak langsung memberikan masyarakat sugesti untuk membeli produk kita.

Dengan menambahkan kata-kata pembujuk seperti, beli hari ini dapat diskon 70% nah tidak lain tidak bukan akan membujuk konsumen untuk membeli atau mencoba barang kita.

3. Fungsi Iklan Sebagai Reminding atau Pengingat

Sebagai produsen anda harus menjaga merek barang dagangan anda agar tetap dalam ingatan para konsumen anda. Dengan menawarkan sebuah kualitas barang anda dalam beriklan akan membuat konsumen datang lagi dan lagi.

Secara berskala iklan yang terus ditampilkan akan membuat produk kita tetap segar dalam otak para konsumen.

4. Adding Value atau Memberi Nilai Tambah

manfaat iklan
pixabay.com

Dengan mengiklankan produk anda tersebut, akan membuat pikiran konsumen bahwa merek produk atau barang anda lebih unggul dan cenderung memilihnya ketimbang merek yang tak di iklankan karena kesan elegan dari hasil iklan.

5. Fungsi Iklan Sebagai Pendamping Produk

Dalam komunikasi pemasaran iklan akan mewakili anda sebagai pendamping dalam menyampaikan informasi tentang produk anda. Dalam prosesnya iklan hanya cukup dilakukan secara teru-menerus sehingga membuat pengaruh yang berdampak pada ingatan konsumen.

Jadi iklan menjadi sebuah fasilitas yang sangat anda perlukan dalam menjual sebuah produk.

6. Sebagai Penyambung Komunikasi

Semua informasi yang anda sampaikan lewat iklan akan menjadi sebuah penyambung komunikasi antara perusahaan produsen dengan para konsumen.

Contohnya anda dapat menambahkan dalam iklan anda sebuah contact person atau akun social media yang perusahaan anda miliki. Sehingga meningkatkan trust terhadap perusahaan.

7. Iklan Sebagai Media Pendidikan

fungsi iklan sebagai media pendidikan
pixabay.com

Iklan mampu memberikan banyak informasi dalam masyarakat, sehinnga iklan juga berfungsi sebagai sebuah pendidik yang sangat mampu membuat masyarakat meningkatkan kesadarannya.

Iklan sebagai pendidik sendiri banyak dimanfaatkan oleh instansi-instansi pemerintah, iklan ini disebut iklan layanan masyarakat.

Iklan lebih bertujuan mendidik dan menyadarkan sebuah komunitas dalam masyarakat akan suatu hal, contohnya, jauhi narkoba, stop pergaulan bebas dll.

8. Fungsi Iklan Sebagai hiburan

Iklan dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri basi beberapa orang karena tidak sedikit iklan yang menggunakan konsep lucu, teknologi yang canggih dalam beriklan.

Biasanya perusahaan juga akan melakukan kontrak dengan beberapa public figure sehingga menambah kesan menarik sebuah produk.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi-fungsi iklan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment