ide dan peluang usaha buat kamu yang senang di rumah

Ide dan Peluang Usaha – Menjadi dewasa adalah sebuah hal yang tidak mudah, pertama anda diharuskan lulus kuliah dan habis itu kerja, dapat penghasilan.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah sebuah ijazah menjamin anda mendapat pekerjaan yang layak?.

Seorang lulusan tehnik elektro malah kerja di mini market sebagai kasir, atau lulusan pendidikan geografi tapi malah kerja di koperasi, hehe jangan tersingung ya, ngga ada maksud ko, contoh doang, wkwkwk.

Ide dan Peluang Usaha

ide dan peluang usaha
pixabay.com

Bicara masalah pekerjaan, ketimbang kerja dengan orang kenapa ngga kerja ama diri sendiri aja, atau kenapa ngga buat usaha yang bisa mempekerjakan orang lain, selain punya banyak duit bisa bermanfat juga ama orang lain, ya kan?

Nah masalahnya kebanyakan dari kita tak tahu mau mulai dari mana, dapat ide malah ngga ada modal, ada modal malah takut usahanya ngga berjalan lancar, ini sih masalah semua orang.

Bagaimana menemukan ide dan peluang usaha

Bagaimana menganalisa ide dan peluang usaha yang ada dan cocok untuk diri kamu adalah hal yang tidak begitu sulit dilakukan.

Kamu dapat memulai dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan dasar seperti dibawah.

Apa Passion Kamu?

mencari ide usaha
pixabay.com

Pertama buang dulu pemikiran-pemikiran buruk seperti itu, atau anda engga bakal maju sama sekali, jadi pertama anda harus mengetahui passion anda terlebih dahulu. Passion?, apa itu?.

Passion itu bukan hanya hal yang kita suka lakukan, tapi bagaimana kita mengorbankan segala sesuatu untuk menjalani passion kita ini.

Jadi, ketika passion anda adalah mengajar maka pekerjaan yang cocok adalah seorang guru, jangan malah lari ke perkantoran, hehe.

Adakah potensi peluang usaha dari passion kamu?

passion bisnis
pixabay.com

Setelah Passion, selanjutnya anda harus tahu usaha apa yang cocok dengan passion anda ini.

Carilah beberapa ide dan peluang usaha dari internet atau bertanya ke teman dekat anda yang sedikkt berpengalaman ketimbang anda.

Inilah hal paling sulit yaitu mencari Ide dan peluang serta mengaplikasikan ide dan peluang usaha tersebut.

Umumnya orang-orang saat ini sedang berlomba-lomba untuk memiliki usahanya sendiri, karena dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa mendapat tekanan dari Bos atau atasan. Kerja menjadi lebih menyenangkan, keren bukan?.

Bisnis juga sepertinya menarik minat para pablik figure di Indonesia, lihat saja bagaimana semua artis mempunya usahanya sendiri, sembari menjadi seorang public figure juga menjalankan bisnisnya.

Tidak menutup kemungkinan penghasilan para selebriti paling tinggi datang dari bisnis mereka sendiri.

Dengan menjual sebuah brand dengan nama mereka tentu kita sebagai pengguna, kita akan terpengaruh oleh ketenaran dari sang artis, alias mereka menjadikan nama sebagai senjata utama dalam menggait para pelanggannya.

Aneka Ide dan Peluang Usaha tanpa Modal

Saya mau buka usaha tapi modalnya dari mana?, ada modal ngga tahu mau buka usaha apa?.

Menjawab pertanyaan diatas kami punya beberapa contoh ide dan peluang usaha yang dapat anda jalankan tanpa perlu modal yang besar.

1. Peluang Usaha Fotografi

peluang usaha fotografi
pixabay.com

Hah? Kamera kan ngga murah min. hahaha, sekarang ini siapa sih yang ngga punya handphone?

Nah handphone sekarang ini atau smartphone sudah dilengkapi kamera yang canggih yang mampu mendukung segala jenis fotografi yang mampu dilakukan kamera DSLR

Bahkan dengan bermodal handphone anda juga bisa mengedit hasil photo anda dengan bantuan beberapa aplikas yang tersedia.

Ide usaha fotografi sendiri mampu membuat anda menjadi seseorang yang sangat dibutuhkan oleh penggiat usaha lain

Diantaranya seperti usaha Desain Baju, Travel, Restoran atau food store, kemungkinan besar mereka akan menggunakan jasa anda untuk mendapat hasil gambar yang baik untuk sebuah bahan promosi.

Belum lagi ketika anda menambahakan jasa pre-wedding , bayangin aja ketika kedua pengantin meminta jasa anda dan tempat keduanya berada diluar negeri atau daerah yang belum pernah anda kunjungi.

Tiket, makan, tempat tinggal ditanggung oleh pelanggan. Wow bukan?, Ayo memotret dan menghasilkan uang!!.

2. Peluang Usaha Laundry

peluang usaha di bidang laundry
pixabay.com

Untuk anda yang mau mendapat penghasilan tanpa keluar rumah dan menyenangkan sepertinya peluang usaha yang satu ini adalah jawabannya, apalagi ketika anda adalah seorang ibu rumah tangga.

Untuk anda yang tinggal sekitaran perumahan atau dalam perumahan sendiri akan memberikan banyak keuntungan, hanya dengan bermodalkan mesin cuci, setrika, ruang untuk menjemur anda sudah bisa membuat usaha laundry anda sendiri di rumah.

Nah dengan tinggalnya anda dalam perumahan itu tentunya akan membuat orang-orang berpikir untuk datang ketempayt anda selain dekat, tentunya mereka juga akan percaya dengan hasilnya.

Namun usaha laundry sendiri menuntut anda untuk lebih teliti dan berhati-hati, bagaimana anda memisahkan pakaian yang mudah luntur, atau cara menyetrika yang baik sehingga hasilnya jauh lebih rapi. Semua agar mampu membuat kenyamanan pada konsumen anda.

3. Menjadi Seorang Blogger

menjadi seorang blogger
pixabay.com

Mungkin menjadi blogger sedikit menuntut anda harus lebih kreatif, lebih produktif dan menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer.

Menjadi seorang blogger adalah pilihan paling mudah kita lakukan bagi anda yang ingin bekerja dimana saja, dengan hanya bermodalkan sebuah artikel dan internet.

Sebagai seorang blogger anda harus mempunyai kemampuan dalam menulis dan membuat tulisan anda menarik sehingga pembaca mau membaca blog anda, dan tentu saja blog anda harus berbeda dari yang blog-blog yang lain.

Contoh besarnya adalah Raditya Dika seorang komika yang memulai menulis dari blog yang ia kelola sendiri pada awalanya.

Bayangin aja ketika blog anda mampu menarik perhatian banyak pembaca bukan tidak mungkin unutk menjadi seseorang yang terkenal seperti Raditya Dika.

4. Menjadi Reseller Produk

ide usaha dropship
pixabay.com

Ide dan peluang bisnis selanjutnya adalah bisnis reseller, nah bisnis jauh lebih mudah dibanding bisnis yang diatas,

Pertama, anda tak butuh modal sama sekali, cukup dengan bermodalkan komunikasi, yaitu bagaimana anda meminta izin kepada seorang suppliyer untuk membantu mereka menjualkan barang merek.

Tentu saja mereka akan dengan senang hati. Semcam simbiosis mutualisme gitu lah.

Kedua, untung yang banyak. Menjadi seorang reller adalah bisnis yang sangat yang menjanjikan, asal anda pintar dalam memilih barang yang bagus untuk dijual.

Nah sebaiknya sebagai seorang reseller anda harus tahu barang yang lagi trend itu apa. Atau paling jual barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

5. Usaha Kuliner

peluang bisnis dibidang kuliner
pixabay.com

Cocok banget nih untuk kalin yang suka banget masak, dan masakan udah terbukti enak tentunya.

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia, nah karena inilah bisnis kuliner dapat menjadi peluang usaha selanjutnya,.

Entah itu makanan berat, ringan hingga makanan penutup, tentunya harus mempunyai rasa yang enak, bukan hanya enak tapi bagaimana anda menyajikan makanan anda juga menjadi perhatian bagi konsumen kita.

Dan dengan menggunakan dukungan social media tentunya akan memudahkan anda mengiklankan usaha kuliner anda ini, jadi ketimbang di pake buat stalking mantan mending di pake jualan. Hehe

Masakan kamu enak?, ayo bisnis kuliner!

6. Menjadi Youtuber

menjadi seorang youtuber
pixabay.com

A : kamu kalau besar nanti mau jadi apa?
B : mau jadi youtuber Bu.

Wkwkwk lucu ya anak kecil aja tahu kalo jadi youtuber jauh lebih menjanjikan ketimbang menjadi seorang guru.

Gimana tidak asal tahu saja youtube akan menggaji anda dengan dollar bukan rupiah dan langsung dikirim ke rekening bank anda.

Dengan rajin mengupload video orisinil akan menambah viewers dan subscriber anda dari waktu ke waktu .

Nah lagi video anda tentunya harus kreatif dan menarik, contoh saja youtuber-youtuber sukses seperti piediepew yang terkenal Karen channel gamingnya yang lucu sehingga orang-orang selalu terhibur ketika menonton videonya.

Ayo temukan ide dan peluang usahamu sendiri dengan membuang semua komentar negatif orang-orang disekitar anda.

Keep spirit, nikmati prosesnya, hasil tak akan pernah menghianati proses tapi jangan lupa berdoa juga ya.

Leave a Comment