Iklan Niaga : Pengertian, Tujuan, Serta Contoh Iklan Niaga

Iklan Niaga – Setiap perusahaan pasti menginginkan produk yang mereka hasilkan dapat dikenal luas dikalangan masyarakat.

Oleh karenanya tidak tidak sedikit dari perusahaan-perusahaan besar di Dunia melakukan berbagai macam cara agar produknya dapat dikenal di masayarakat luas. Salah satunya dengan berikan.

Iklan

Iklan merupakan salah satu alternatif yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dunia agar produnyak dikenal luas dipasaran.

Namun, penggunaan iklan terhadap untuk memperkenalkan sebuah produk niaga tidakĀ  boleh dilakukan asal-asalan. Sebab, iklan sendiri, terbagi kedalam berbagai macam jenis iklan, Baik dari sisi konsep, media, dll.

Salah satu jenis iklan yang paling banyak diaplikasikan di dunia perniagaan adalah jenis iklan niaga.

Iklan Niaga

Iklan Niaga atau yang biasa disebut juga iklan produk adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan, memperkenalkan, dan menawarkan produk. Tak lain dan tak bukan untuk konsumen semata.

tujuan dan manfaat iklan niaga
pexels.com

Sama halnya dengan iklan pada umumnya iklan Niaga juga disebarluaskan melalui media massa, seperti TV, Koran dan Radio.

Dalam pembuatan iklannya masing iklan akan menampilkan cara berbeda pada setiap media massa yang digunakan.

Radio yang mengandalkan sisi audio maka kalimat yang baik dan benar benar-benar harus anda perhatikan.

Di TV juga berbeda karena anda harus menggunakan konteks visual yang mampu memanjakan mata dan memberikan sedikit tekanan pada pelaku atau aktris yang kita bayar untuk iklan kita.

Sedangkan pada Koran beda lagi, karena sifat Koran yang menekankan kita untuk membaca maka dalam beriklan menggunakan Koran anda harus mampu membuat sebuah copy writing yang menarik dan beda dengan yang lain.

Tujuan Iklan Niaga

Iklan Niaga adalah sebuah media persuasi yang dimaksudkan untuk membuat masyarakat mengetahui tentang produk yang di iklankan dan kemudian menarik minat mereka sehingga mau membeli produk yang kita jual.

Contoh Iklan Niaga

Seperti apa iklan Niaga itu sendiri?, berikut contoh beberapa produk yang menggunakan sistem iklan niaga dalam menarik perhatian pelanggannya :

Iklan Niaga : Aqua

contoh iklan niaga aqua
liputan6.com

Sebagai pelopor air minum mineral AQUA menggunakan iklan Niaga dengan sangat baik, salah satu caranya ia membuat slogannya sendiri yaitu ADA AQUA, yang mempengaruhi kepala konsumen untuk mengingat kata-kata itu.

Sebagai produsen air mineral pertama, aqua tentunya sudah dikenal banyak orang namun, tetap eksis bukti bahwa cara perusahaan mereka dalam beriklan sangat bagus dan mampu diterima masyarakat.

Contoh Iklan Niaga : KFC

contoh iklan niaga dari kfc
haluanpos.com

Makanan adalah hal yang merupakan benda yang paling mudah laku dan paling mudah untuk dipasarkan, selain karena menjadi kebutuhan, makanan juga banyak dicari karena cita rasanya.

Nah dalam mengiklankan sebuah makanan hal yang perlu anda perjelas adalah cita rasa apa yang dimiliki makanan tersebut, contohnya KFC.

KFC sendiri memiliki banyak pesaing dalam hal makanan siap saji, namun mereka rutin mengiklankan varian-varian rasa baru yang mereka miliki, seperti Ayam Super Pedas bagi kalian pecinta pedas.

Contoh Iklan Minuman: Sprite

Salah satu produsen minuman terkenal adalah sprite. Ia mendapat persaingan ketat dari Aqua, Pepsi dan minuman bersoda lainnya.

Bisa kita liat di TV sprite lebih menekangkan pada apa yang akan kita dapat dengan meminum Sprite, dengan slogannya Sprite Nyatanya Nyegerin.

Sprite juga menggunakan tehnik visual yang sangat baik dalam mengiklankan produknya, seperti bagaimana es batu yang disiram sprite dengan busa-busa yang dihasilkan yang mampu membuat air liur kita menetes selam melihat iklan itu.

Sprite nyatanya nyegerin.

Iklan Niaga: Dettol

99% membunuh kuman, adalah slogan yang dipakai oleh produsen sabun terkemuka Dettol. Biasanya iklan sabun mandi akan menekankan pada bahan yang dikandungd sabun tersebut.

Sehingga rasa percaya konsumen terhadap produknya lebih ketimbang produk dari perusahaan lain.

Contoh Iklan Niaga: HP Samsung

contoh iklan niaga hp
karyapemuda. com

Samsung sudah sangat terkenal di era saat ini sebagai telepon canggih yang menawarkan banyak fitur-fitur yang menarik dan canggih.

Mendapat pesaing dari banyak produsen telepon canggih lainnya membuat penjualan Samsung sempat merosot.

Namun dengan memanfaatkan dengan baik tehnik periklanan membuat Samsung kembali mampu merebut pasar telepon canggih di kelas menengah ke atas.

Seperti pesaing beratnya Apple yang menjual produknya dengan melibatkan para artis-artis holiwood, samsiung sebaliknya menggunakan jasa para artis kpop sebagai aktris dalam mengiklankan produknya.

Demikianlah ulasang singkat mengenai iklan niaga, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda khususnya mengenai iklan niaga.

Leave a Comment