Ulasan Lengkap Seputar Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) [Manfaat, Prosedur Izin, dll]

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) – tak dapat dipungkiri lagi bahwa hingga saat ini usaha kecil menengah (UKM) terus memberikan kontribusi yang semakin hari semakin besar terhadap perkembangan ekonomi Indonesia.

Hal tersebu terlihat dari kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) indonesia mencapai 60.34%.

Selain berkontribusi besar pada sektor perekonomian, tingkat penyerapan tenaga kerja dari sektor UKM juga berkotribusi besar dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Oleh karena itu, perkembangan UKM di Indonesia perlu untuk semakin digalakkan oleh pemerintah baik melalui pembukaan usaha, bantuan modal, hingga penetapan regulasi yang mendukung tumbuh kembang UKM.

Usah Mikro Kecil dan Menengah

usaha mikro kecil via pexsels.com/fancycrave

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau disingkat UMKM adalah suatu istilah yang merujuk kepada usaha kecil baik yang dikelola oleh perorangan maupun oleh kelompok.

Pengertian usaha kecil disini adalah aktifitas ekonomi rakyat yang berskala keci dalam berbagai bidang usaha yang harus dilindungi oleh pemerintah guna mencegah segala bentuk persaingan usaha yang tidak sehat.

Untuk menjaga keberlangsungan usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia, maka pemerintah terkait memubat berbagai macam regulasi yang bertujuan untuk menjamin keberlangsungan usaha. Salah satunnya adalah dengan mewajibkan para pemilik UMKM untuk memiliki Izin Usaha.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Untuk menjamin keberlangsungan usaha di Indonesia, maka pemerintah melalui instasi terkait mewajibkan kepada setiap pemilik usaha untuk mengurus perizinan usaha. Tidak terkecuali dengan para pengusaha mikro kecil.

Sebagaimana izin usaha pada umumnya, Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) adalah suatu bentuk persetujuan dari pihak yang berwenang terhadap penyelenggaraan suatu aktifitas usaha yang pada hal ini adalah usaha mikro, kecil, dan menengah.

Dengan adanya izin IUMK ini, maka pemerintah dapat mengontrol para pelaku usaha mikro dan kecil baik untuk kebutuhan pendataan, pembinaan, pengawasan, dll.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan adanya IUMK memiliki peran yang sangat besar bagi keberlangsungan usaha UMKM yang sedang di jalankan.

Dasar Hukum IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil)

Dasar hukum IUMK
Dasar hukum IUMK via pexels.com

Kewajiban untuk memiliki uzin usaha oleh para pemilik usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah tentulah telah memiliki dasar hukum yang kuat.

Oleh karena itu, setiap pemilik UKM yang telah mengantongi Izin Usaha secara otomatis telah memiki kekukatan hukum yang sah atas usah mereka tersebut.

Adapun dasar hukum IUMK adalah sebagai berikut:

  • Perpres No.98 tahun 2014.
  • Peraturan Mendagri No. 83 tahun 2014 mengenai aturan pemberian IUMK.
  • Nota kesepahaman antara Mendagri, Mentri Koperasi dan ukm, dan Menteri perdagangan No. 503/555/SJ Nomor 03/KB/M.KUKM/I/2015; dan No. Nomor 72/M-DAG/MOU/I/2015, mengenai pembinaan serta perizinan UMKM.
  • Nota kesepahaman berupa pembinaan serta pemberian Izin UMK oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Direktorat jenderal Bina Pembangunan Daera, Deputi Bidang Pengembangan dan Restukturisasi Usaha, Assipindo, serta Dirut PT. Bank Rakyat Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam landasan hukum pemberian IUMK diatas maka keberlangsungan serta eksistensi UKM sebagai salahsatu penopang perekonomian bangsa dapat terlindung baik.

Membuat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Meskipun adanya IUMK ini memiliki andil besar dalam keberlangsungan usaha, masih banyak pengusaha yang tidak mengurus atau memiliki izin usaha ini.

Hal tersebut tidak lepas dari akibat kurangnya pemahaman atau pengetahuan mengenai pengurusan uzin usaha yang satu ini. oleh karena itu, pada pembahasan IUMK kali ini kami akan mengulas cara pengurusan IUMK.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakakukan pengajuan izin usaha adalah dengan melengkapi segala persyaratan yang diwajibkan oleh pihak yang berwenang.

Syarat-Syarat Mengurus IUMK

membuat IUMK
syarat permohonan IUMK via pexels.com

Berikut beberapa syarat-syarat kelengkapan pengajuan permhonan IUMK:

Syarat Kelengakapan Izin Usaha Mikro

  1. Surat pengantar dari RT atau RW terkait dengan aktifitas usaha.
  2. Salinan Kartu Identitas Pemohon.
  3. Surat keterangan terkait lokasi usaha yang tidak menggunakan fasilitas umum yang diterbitkan oleh pihak kelurahan.
  4. Surat Pernyataan permohonan pemberian IUMK yang ditandatangani oleh pemohon diatas materai 6000.
  5. Salinan Kartu Keluarga.
  6. Surat Pengantar RT Terkait Lokasi Usaha (RT Lokasi Usaha)
  7. Foto berwarna ukuran 3 x 4 latar dengan belakang merah (3 lembar)

Syarat Kelengakapan Izin Usaha Kecil

  • Surat pengantar dari RT atau RW yang terkait dengan pembangunan usaha,
  • Salinan surat izin gangguan (HO).
  • Salinan identitas/KTP pemohonan.
  • Foto berwarna ukuran 3 x 4 latar dengan belakang merah sebanyak 3 lembar
  • Sket Lokasi

Langakah-Langkah Permohonan Izin

Setelah semua syarat dilengkapi dengan baik maka selanjutnya pihak pemohon dapat mengajukan permohonan kepada pemerintah sertempat. berikut langkah-langkahnya:

1. Tahap Permohonan

Langkah awal yang harus dilakukan oleh pihak pemohon adalah pengajuan permohonan dengan mengisi atau melengkapi formulir permohonan yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Setelah pengisian formulir maka pihak pemohon menyerahkan formulir kepada pihak berwenang dengan melampirkan segala dokumen-dokumen persyaratan yang telah dilengkapi sebelumnya.

2. Tahap Verifikasi

Tahap verifikasi adalah tahap selanjutnya yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Dalam tahap ini, setial dokumen persyartan akan diperiksa dengan seksama oleh petugas dari pemeritah.

Jika semua syarat telah terpenuhi maka pihak kecamatan akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni proses penerbitan IUMK.

Kewenangan penerbitan IUMK ini diberikan kepada pihak kecamatan yang berkordinasi dengan kkementrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

3. Tahap Penerbitan

Setelah data terverifikasi dengan baik dan dinyatakan tidak ada masalah, maka selanjutnya adalah penerbitan izin.

Penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil ini dilakukan melalui persetujuan camat.

Oleh karenanya, setelah tapah verifikasi selesai maka permohonan akan diteruskan ke pihak kecamatan yang jika disetujui maka penerbitan resmi dilakukan.

Waktu penerbitan dapat berbeda-beda untuk setiap wilayah, namun jika tidak ada kendala lain maka penerbitan dapat segera dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari kecamata.

4. Pengambilan IUMK

Setelah dinyatakan terbit maka pihak pemohon dapat segera mengabil kartu perizinan pada pihak kecamatan.

Itula beberapa langkah-langkah pengurusan permohonan IUMK.

Apa saja Manfaat Dari Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

ragam manfaat izin UMK
manfataan IUMK via pexels.com

Usaha Mikro Kecil yang telah terdaftar dan memiliki IUMK akan mendapatkan beragam manfaat dari pemerintah. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun manfaat-manfaat yang dapat dirasakan oleh para pemegang izin adalah sebagai berikut:

  • Setiap usaha yang telah memiliki Izin Usaka Mikro Kecil akan secara otomatis telah memiliki kekuatan hukum yang sah dimata hukum.
  • Akan mendapatkan pembinaan dari pemerintah terkait usaha serta penglahan sumber daya manusia.
  • Berpeluang Mendapatkan pendampingan usaha dari pemerintah untuk menikatkan usaha ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Memudahkan pengusaha dalam mencari rekan bisnis sebab telah berizin dan terpercaya
  • Mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah baik dari segi permodalan atau bantuan-bantuan lainnya yang dapat berdampak baik bagi pengembangan usaha kedepannya.
  • mudah mendapatkan akses permodalan, baik dari pemerintah maupun swasta.

Itulah beberapa keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan setelah resmi memiliki IUMK. diluar dari keuntungan-keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan-keuntungan lain yang dapat dirasakan.

Kesimpulan

Dari rangkaian penjelasan diatas mengenai IUMK, maka dapat kita simpulkan bawan memeiliki IUMK bagi sebuah usaha kecil akan membawa dampak yang besar bagi perkembangan usaha kedepannya.

Oleh karena itu, bagi anda para pengusaha Mikro Kecil dan menengah yang belum memiliki Izin Usaha Mikro Kecil, ada baiknya jika anda segera mengajukan permohonan izin.

Demikialah ulasan singkat mengenai IUMK, semoga bermanfaat.

Leave a Comment