Jual Bakso Makassar – Original, Keju, Mercon, Hati, Telur, dll. (Info: 0852-3906-0575)

Bakso Mas Edy

Kami menyediakan bakso kiloan (Original, Keju, Mercon, Hati, Telur, dll) untuk wilayah Makassar dan Sekitarnya. Untuk informsi dan pemesanan hubungi kami di :

0852-3906-0575

(Sumber gambar ilustrasi pixabay.com)


Jual bakso Makassar – Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Bakso sendiri merupakan sebuah jenis makanan berbentuk bola bola kecil kenyal yang biasanya yang banyak ditemukan diberbagai macam menu makanan sebagai pelengkap. 

daging sapi dan tepung tapioka adalah 2 bahan dasar yang digunakan dalam membuat bakso. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu variasi bahan pembuatan bakso menjadi beragam. Seperti, daging ayam, ikan, hingga udang.

Untuk penyajiannya sendiri, bakso biasanya disajikan dalam kondisi hangat yang dicampur dengan mie, bihun, tahu, dan lain-lain, yang kemudian di baluri dengan kuah kaldu.

Di Indonesia sendiri, bakso sangat mudah untuk ditemukan mulai dari pedagang bakso keliling yang jual bakso Makassar dengan menggunakan gerobak, hingga di restoran-restoran hotel bintang 5 yang jual bakso Makassar dengan cara penyajian yang eksklusif.

Selain itu, bakso juga dapat dapat ditemukan di swalayan swalayan dalam kondisi belum diolah yakni bakso beku.

Sejarah Bakso

Berdasarkan penelusuran sejarah, bakso berasal dari seni kuliner Indonesia Tionghoa. Dilihat dari namanya bakso berasal dari kata bak-so yang dalam bahasa hokkien bermakna daging giling.

Dahulu, bakso terbuat dari berbagai macam jenis daging. Akan tetapi dikarenakan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim,maka Daging bakso kemudian diadaptasi menjadi hanya berupa daging-dagingan yang halal untuk dikonsumsi seperti, daging sapi, daging ayam, hingga daging ikan.

Malang dan solo adalah 2 daerah yang terkenal sebagai pusat kuliner bakso yang umum dikenal dengan nama bakso Malang dan bakso solo.

Akan tetapi, karena pembuatannya yang sangat mudah,hingga saat ini bakso banyak hidup di duplikasi di daerah-daerah lainnya di Indonesia sehingga memunculkan berbagai macam varian bakso. 

Varian Bakso

saat ini terdapat berbagai macam varian bakso di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

Bakso Urat

bakso urat adalah jenis bakso yang menggunakan tendon atau irisan urat yang dicampur dengan daging tetelan. Terkadang teksturnya akan terlihat kasar berbeda dengan bakso pada umumnya. 

Bakso Tenes

Waktu teknis adalah bakso yang berukuran besar sebesar bola tenis. Bakso tenis yang terlihat besar pada dasarnya berisi telur rebus.

Bakso Gepeng

Bakso gepeng adalah jenis bakso yang bentuknya pipih atau gepeng berbeda dengan bakso pada umumnya yang berbentuk bulat.

Bakso Malang

Bakso malang adalah bakso khas yang berasal dari kota Malang Bakso Malang memiliki ke khasan tersendiri yakni pada varian kudapan tambahan sebagai pelengkap bakso seperti mie, somay, tahu, pangsit, dan lain-lain.

Bakso Solo 

Bakso solo adalah bakso khas dari kota solo. Berbeda dengan bakso malang, bakso solo tidak selengkap bakso Malang. Kekhasan bakso solo terletak pada rasa kaldu sapinya yang sangat kuat, pada sebagian penjual dilengkapi dengan tetelan daging sapi.

Bakso Ikan

bakso ikan adalah jenis bakso yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya perbedaan bakso daging dan bakso ikan terlihat pada teksturnya yakni lebih kenyal.

Bakso Udang

Seperti bakso ikan, bakso udang menggunakan daging udang sebagai bahan utamanya.

Bakso keju

Bakso keju pada dasarnya adalah bakso biasa namun ditambahkan dengan irisan-irisan keju, bakso ini adalah jenis varian baru.

Bakso kerikil

Bakso kerikil juga merupakan varian tambahan dari bakso biasa. berbeda dengan bakso biasa, bakso kerikil umumnya berukuran kecil lebih kecil dari bakso biasa oleh karenanya disebut dengan bakso kerikil.

Bakso tahu goreng

Bakso tahu goreng adalah jenis bakso yang disisipkan ke dalam tahu yang telah digoreng. biasanya bakso tahu goreng disajikan dengan cara dipotong-potong kemudian dilumuri dengan saus kacang.

Bakso bakar

Bakso bakar adalah bakso yang penyajiannya sajikan dengan cara dibakar di atas bara api kemudian dibaluri dengan bumbu khas. bumbu khas tersebut berbeda-beda setiap orang yang menjual bakso bakar. Bumbu khas tersebut biasanya menjadi penentu enak tidaknya  bakso bakar yang dijual.

Bakso mercon

Bakso mercon adalah bakso yang diisi dengan sambel atau cabetitik dalam bahan cabe atau sambal pada bakso menjadikan bakso ini akan terasa meledak di mulut saat digigit oleh karenanya disebut dengan bakso mercon. 

Bakso beranak

bakso beranak adalah bakso yang berukuran jumbo atau sangat besar. Berbeda dengan bakso tenis yang berisi telur,bakso beranak biasanya berisi dengan bakso berukuran kecil dalam jumlah yang banyak, yang jika baksonya dibelah akan terlihat banyak bakso yang keluar seperti bakso yang sedang beranak.

Setelah beberapa varian bakso yang ada hingga saat ini, meski begitu pada dasarnya masih banyak varian bakso di luar sana yang di kreasikan oleh para pembuat bakso.

Jual Bakso Makassar

Dimana mendapatkan bakso kiloan yang belum diolah di Kota Makassar?. untuk mendapatkan bakso kiloan di Kota Makassar Anda dapat menghubungi bakso mas Edi di nomor: 0852-3906-0575.

bakso mas Edi menyiapkan beberapa varian bakso yang dapat anda pesan sesuai kebutuhan Anda. berikut varian bakso mas Edi jual bakso Makassar:

  • Bakso Original 30 K / Bks Isi (30 Biji)
  • Bakso Keju, Mercon, Hati Ayam, Dan Telur 40 K / Bks Isi ( 30 Biji)
  • Kerupuk ( Pangsit Goreng) 50 K / Bks Isi (30 Biji)
  • Tahu Goreng 25 K / Bks Isi (15 Biji)

Leave a Comment