Kavling Syariah Makassar, Peluang Emas Investasi Properti di Kota Daeng

kavling syariah makassar raya

Kavling Syariah Makassar – Pesatnya perkembangan di wilayah kota makassar dan sekitarnya, menjadikan Makassar sebagai magnet baru investasi Property.

Hal tersebut dapat di lihat dari menjamurnya proyek-proyek investasi bernilai milyaran bahkan hingga triliunan di kota Makassar yang kebanyakan dimotori oleh para investor dari luar kota Makassar.

Kondisi tersebut menyadarkan masyarakat Makassar akan potensi investasi property di kota makassar, yang pada akhirnya beramai-ramai berinvestasi di dunia property.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap investasi di bidang property, para developer syariah akhirnya menyediakan berbagai macam produk property dengan sistem Syariah. Mulai dari bentuk perumahan Syariah, ruko, hingga kavling Syariah Makassar.

 

Investasi Property

berinvestasi syariah di makassarKetahanan terhadap inflasi merupakan alasan utama masyarakat memilih berinvestasi di dunia property. Selain tahan terhadap inflasi, investasi di dunia property ternyata memiliki sangat banyak keuntungan lain.

Keuntungan Apa Saja yang Bisa Didapatkan Dari Investasi di Dunia Property Syariah?

Mungkin masih banyak yang belum tau jika berinvestasi di dunia property sangat menguntungkan. Berikut beberapa alasan, kenapa berinvestasi di dunia property itu sangat menjanjikan:

  • Dapat Digunakan Untuk Memperoleh Capital Gain.
  • Mudah Dalam Perawatannya.
  • Dapat Menghasilkan Income Tambahan.
  • Permintaan Semakin Tinggi, Pesediaan Semakin Menipis.
  • Berlandaskan Syariah Islam.

Itulah beberapa  alasan utama, mengapa berinvestasi di dunia property menjadi sangat menguntungkan. Oleh karena itu sangatlah wajar kalau akhirnya banyak masyarakat memilih untuk menginvestasikan uangnya di dunia property.

Bagaimana Berinvestasi di Dunia Property Untuk Seorang Pemula?

Jika anda masih pemula dalam dunia investasi property ada baiknya jika anda memulai dengan berinvestasi di tanah Kavling Syariah. Kavling adalah suatu lahan dengan ukuran tertentu yang biasanya berada di sebuah kawasan kompleks perumahan.

Tanah kavling Syariah ini masih berupa lahan kosong yang kedepannya dapat dijadikan apa saja oleh pemiliknya. Baik dijadikan hunian, lokasi bisnis, atau dibiarkan kosong sambil menanti kenaikan harga yang lebih signifikan.

Mengapa Berinvestasi Kavling Syariah di Makassar Dapat Sangat Menguntungkan?

investasi kavling syariah makassarTak bisa di pungkiri lagi bahwa kota Makassar merupakan salah satu kota di bagian Indonesia timur yang memiliki perkembangan yang begitu pesat beberapa tahun belakangan.

Oleh karena itu perkembangan ini tentu akan dibarengi dengan perkembangan infrastruktur kota Makassar, yang termasuk di dalamnya adalah perluasan daeran pemukiman.

Perluasan pemukiman penduduk inilah menjadi ceruk investasi yang menjadi primadona di kalangan para investor.

Bahkan, beberapa pengembang besar di Indonesia mulai mencanangkan rancangan proyek yang bernilai triliunan di kota Makassar ini sejak beberapa tahun lalu.

Hal ini pun tidak luput dari perhatian para developer-developer Syariah di kota Makassar. Mereka pun menawarkan berbagai macam pilihan investasi yang berbasis Syariah, baik berupa hunian maupun berupa kavling syariah Makassar.

Dengan menargetkan perkembangan kota Makassar dan sekitarnya untuk beberapa tahun kedepan, pada developer property Syariah menawarkan area-area kavling Syariah di sekitar pinggiran kota atau bahkan di luar kota Makassar.

Daerah-daerah yang di tawarkan tersebut merupakan daerah yang akan menjadi sasaran pengembangan kota untuk beberapa tahun kedapannya.

Sehingga, dengan harga yang masih relatif murah, para konsumen yang berinvestasi di wilayah tersebut akan mendapatkan keuntungan berkali lipat beberapa tahun mendatang.

Kenapa Kavling Syariah Sangat Cocok Untuk Pemula di Makassar?

investasi syariah untuk pemula1. Harga Kavling Syariah makassar Cenderung Lebih Murah

Harga kavling Syariah Makassar yang di tawarkan oleh para pengembang Syariah cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan kavling di daerah lain.

Hal tersebut dikarenakan, kavling syariah yang ditawarkan masih dalam wilayah pengembangan. Yang akan memberikan kuntungan yang berlipat saat pengembangan telah selesai.

2. Kavling Syariah Makassar Menerapkan Sistem “Harga Cash dan Harga Cicil Sama”

Harga murah dan bisa diangsur hingga beberapa tahun merupakan nilai tambah yang berikan oleh developer kepada konsumen dimana para pengambang kavling Syariah di Makassar menerapkan harga cash dan harga cicil yang sama.

3. Kredit sama dengan menabung

Meskipun kedengaran aneh, tapi begitulah faktanya. Saat anda dalam proses penyicilan berarti anda telah memiliki aset sebesar apa yang telah anda bayarkan.

Apabila dikemudian hari anda mengalami gagal bayar, anda tetap memiliki hak atas apa yang telah anda bayar sebelumnya. Hal tersebut berlaku sebab di dalam transaksi property syariah tidak dibenarkan melakukan penyitaan atau keputusan sepihak.

4. Kavling Syariah Makassar Mengharamkan Akad Batil

yaitu akad atau perjanjian yang menguntungkan satu pihak dan merugikan satu pihak. Semua akad jual beli dilakukan berdasarakan syariat Islam.

Tips Membeli Kavling Syariah

bagaimana memilih kavling syariah di makassarMeskipun menjanjikan keuntungan di masa depan, bukan bertarti investasi tidak memiliki potensi kerugian bagi investornya. Saat kemungkinan mendapatkan keuntungan ada, kemungkinan untuk rugi pun ada, sebab itulah hukum alam.

Oleh karena itu, seorang investor haruslah jeli dalam melihat ladang-ladang investasi sebelum benar-benar memutuskan untuk berinvestasi di ladang tesebut.

Tentulah dalam memilih lahan investasi terbaik, anda harus memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi investasi anda kedepannya. Khususnya terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga property anda.

Berikut Beberapa Faktor yang dapat anda jadikan rujukan sebelum anda memutuskan membeli kavling syariah pertama anda:

1. Lokasi Kavling

Lokasi merupakan faktor utama yang sangat menentukan dalam memilih lahan yang ideal untuk berinvestasi. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi idealnya lokasi suatu lahan untuk berinvestasi:

  • Lahan berada di sekitar kawasan pemukiman penduduk.
  • Akses mudah di jangkau.
  • Dekat dengan fasilitas umum.
  • Berada dekat dengan pusat aktifitas ekonomi.
  • Terletak di kawasan khusus seperti kawasan industri, pusat perkantoran, dll.
  • Masuk dalam daerah rancangan pusat perkotaan.
  • Berada pada daerah pengembangan pemukiman. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengembang yang membuka lahan di sekitar lokasi.

2. Integritas Pengembang

Yakinkan diri anda, bahwa anda membeli lahan untuk berinvestasi pada orang yang tepat. Hal tersebut dapat dinilai dari sisi integritas pengembang, track record, atau hal-hal lain yang dapat meyakinkan anda.

Melakukan penilaian terhadap integritas atau track record pengembang bisa di katakan susah-susah gampang.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengembang-pengembang baru yang mendirikan perusahaan pengembangan sehingga track recordnya terlihat masih kurang menyakinkan. Akan tetapi, pada dasarnya perusahaan mereka diisi oleh talenta-talenta berpengalam di dunia property.

Biasanya para pengembang yang baru, akan memberikan harga kavling Syariah yang lebih murah agar proyek mereka cepat selesai sehingga merekan dapat memperlihatkan track record yang baik dimata konsumen. Adapun pengembang lama yang telah memiliki nama adakalanya memberikan harga diatas harga pasaran.

Oleh karena itu, dalam hal menilai pengembang semuanya di kembalikan ke pribadi masing-masing calon pembeli.

Tipsnya, apabila pengembang tersebut masih baru, anda dapat menilai orang-orang yang tergabung dalam project tersebut.

Sebab pada umumnya, pengembang yang baru merintis usaha pengembangan, biasanya hanya berisi beberapa orang saja yang terlibat didalamnya, sehingga mudah bagi anda untuk menilai satu per satu.

Jangan ragu untuk banyak bertanya seputar proyek property yang di tawarkan pengembang. Baik dari segi legalitas maupun aspek-aspek lainnya.

Sebab pengembang yang baik pastilah akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang anda sampaikan.

3. Legalitas

legalitas lahan kavlingUntuk menghilangkan keraguan dalam membeli sebuah lahan untuk investasi, keabsahan legalitas adalah satu hal yang tidak boleh di tawar-tawar lagi. Jangan mau bertransaksi di bawah tangan.

Pastikan semua jalur yang anda lalui saat melakukan transakis berada di jalur yang legal yang berlandaskan hukum. Pastikan lahan tersebut milik developer atau pihak developer memiliki hak jual terhadap lahan tersebut.

Tidak ada salahnya apabila anda Meminta agar diperlihatkan dokumen dokumen aslinya, sebab terkadang developer hanya memperlihatkan dokumen foto copy. Hal tersebut tentu sangat berpotensi masalah di kemudian hari.

atau anda dapat mengecek keabsahan lahan di bagian pertanahan atau pemerintah setempat yang terkait.

4. Izin Peruntukan Lahan (Dinas Tata Ruang)

Carilah informasi peruntukan lahan pada bagian dinas tata ruang di daerah tersebut. Sebab tidak semua area/lahan dapat dibangun hunian diatasnya. Jadi, meskipun secara hukum tanah tersebut sah milik anda.

Namun, apabila area tersebut tidak diperuntukkan untuk hunian berdasarkan rancangan tata kota, maka anda tidak akan mendapatkan izin mendirikan bangunan untuk lahan tersebut.

5. Akses Menuju Lahan Property

Hal selanjutnya yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih kavling adalah kondisi jalan menuju lahan kavling. Khususnya jika lahan berada didalam kompleks perumahan. Ukuran minimal luas jalan yang ideal adalah 5-6 meter.

Itulah 5 hal yang perlu anda perhatikan saat anda berminat untuk mulai berivestasi di tanah kavling. Silahkan anda menambahkan variabel-variabel tambahan yang menurut anda pe ting untuk diperhatikan.

Waspada “Konsep ” Kavling Syariah

konsep kavling syariah makassarHal terpenting yang harus anda ingat adalah jangan tertipu oleh konsep!.

Setiap developer pastilah menawarkan konsep yang menarik, gambar yang menawan, desain rumah yang indah, serta prospek perkembangan yang cepat.

Konsep tersebut biasanya akan membentuk gambaran di benak konsumen bahwa lahan yang mereka tawarkan adalah lahan yang sangat strategis.

Namun itu baru sebatas konsep, kondisi sesungguhnya bisa sesuai yang di gambarkan di konsep, namun bisa juga berbeda dengan konsep yang ditawarkan.

Oleh karena itu, tetap menjadi kewajiban bagi anda untuk memastikan kondisi lahan tersebut. Salahsatunya dengan melakukan cek lokasi secara langsung. Dengan begitu anda dapat mencocokkan kondisi lahan dengan konsep yang ditawarkan oleh pengembang.

Begitupun dengan faktor-faktor penting lainnya.

LIST PROYEK Kavling Syariah Makassar 2017

Bilayya hills

Bukit Bilayya

Mapan Madania Land

Campus neighbour

***

Itulah sedikit penjelasan mengenai peluang emas investasi kavling Syariah Makassar. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>