Yuk Belajar Cara Membuat Lampion Benang, Simpel Unik & Cantik!

Lampion benang – Menikmati indahnya cahaya lampion dimalam hari adalah kenikmatan tersendiri bagi seorang pecinta lampion.

Memanglah tak bisa dipungkiri jika jenis penerangan yang satu ini memiliki pesona dan keunikan khusus yang sangat mudah membuat banyak orang  jatuh hati. Sehingga, tidaklah mengherankan jika taman lampion akan mejadi target dimalam hari buat mereka para pecinta lentera unik ini.

Namun, seindah-indahnya taman lampion,kita tetap memiliki keterbatasan dalam menikmatinya. Sehingga rasanya tidaklah sempurnah kalau kita tidak bisa memiliki sendiri lentera cantik ini dirumah yang bisa dinikmati kapan saja.

taman lampion

houzz.com

Sebenarnya, membuat lampion sendiri sangatlah mudah. Tidak sesulit dan sekompleks kelihatannya.

Telah banyak penggemar penerangan ini yang membuat sendiri dirumah dan telah menghasilkan banyak kreasi-kreasi lampion yang unik dan cantik.

Dan tahukah anda, membuat lentera ini bahkan bisa menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. menarik kan?

Ok, pada pembahasan kali ini, kita akan membahasa mengenai cara membuat lampion dari benang dan balon.

Mengapa lampion benang?

lampion-cantik-banget

fengshuidana.com

Lampion benang merupakan jenis yang paling digemari oleh para penikmat lentera dalam membuat kreasinya.

Sebab sangat mudah dalam pembuatannya dan juga tidak membutuhkan biaya yang tinggi dalam pembuatannya.

Selain itu, lampion benang juga sangat mudah untuk dikreasikan kedalam berbagai bentuk yang unik bahkan bisa dibentuk kedalam berbagai macam karakter-karakter animasi yang menarik.

membuat lampion dirumah

img.tradeindia.com

Bagaimana cara membuat lampion benang?

Untuk membuat lentera cantik ini, dibutuhkan beberapa bahan utama dan alat-alat yang sangat mudah ditemukan disekeliling kita.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampion benang

Balon. siapkan satu buah balon yang akan digunakan sebagai bahan dasar lingkaran.

Benang Wol. Siapkan benang untuk digunakan sebagai bahan utama. Pada percobaan kali ini kita akan membuat lentera berbahan dasar benang wol.

Lem. Gunakan lem untuk melekatkan benang. Sebaikya menggunakan lem kayu agar mudah untuk disatukan dengan benang meskipun akan sedikit blepotan nantinya.

Gunting. Gunting digunakan untuk merapikan hasil akhir  nantinya.

Bola lampu. Digunakan sebagai sumber cahaya utama yang akan dipasang didalam lilitan benang nantinya.

Dll. Bahan tambahan dapat diberikan untuk memberikan variasi karya anda nantinya. tergantung kreatifitas masing-masing.

Selanjutnya, bagaimana langkah-langkah membuat lampion benang?

Proses sederhana pembuatannya dimulai dengan menyiapkan balon yang telah diisi angin.

Besarnya tergantung selera masing-masing. Namum perlu diketahui, semakin besar ukuran balon semakin banyak benang yang dibutuhkan kemudian Beri tanda pada balon seperti pada gambar.membuat lampion

Rekatkan lem yang telah disiapkan tadi pada benang dengan mencampurkannya hingga merata keseluruh benang. Atau menambahkan sedikit air untuk mengencerkan lem agar mudah dalam mencampurkannya. Namun terlalu banyak air akan menyulitkan dalam pengeringan nantinya.lampion benang wol

Selanjutnya, mulailah rekatkan benang tadi pada balon secara pelahan-lahan dengan dililitkan berputar mengeliling balon. Kreasikan lilitan benang sesuai selera anda.

Tingkat kepadatan lilitan pada balon akan mempengaruhi intensitas cahaya yang akan dipancarkan nantinya. Semakin pada dan tebal lilitannya makan cahaya yang dihasilkan akan semakin meredup.lampion unik

Setelah merasa cukup dengan lilintan benang, selanjutnya keringkan lilitan dengan cara digantung.

Hindarkan dari matahari langsung atau panas berlebihan sebab bisa menyebabkan balon meledak sebelum lem pada benang benar-benar kering.

Setelah lem benar-benar kering, akan terbentuk lingkaran benang yang kuat. Saatnya untuk memisahkan balon dengan benang.lampion yang terbuat dari benang

Kempiskan balon dengan perlahan hingga udara didalam balon benar-benar habis. Selanjutnya keluarkan balon dari lingkaran benang yang telah terbentuk.

Berikan pewarnaan sebagai tambahan untuk mempercantik tampilan akhir dari benang yang telah kering.lampion gantung dari benang

Dan yang terakhir, satukan benang yang telah terbentuk dan diberi warna dengan bola lampu yang telah disediakan sebelumnya. lampion benang gantung

Dan kreasi lampu gantung dari benang anda siap digunakan untuk menghiasi rumah anda.lampion dari benang

Itulah cara sederhana membuat lampion benang. Bagaimana, menarik bukan?

Semoga dari ulasan diatas, anda bisa memperoleh inspirasi untuk membuat lentera kreasi anda sendiri. selamat mencoba membuat lampion benang.

Sumber gambar: brit.co

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>