manajemen pendidikan – Defenisi, Manfaat, Tujuan, Serta Penerapannya

Manajemen Pendidikan – Pendidikan saat ini adalah prioritas semua Negara, dengan semakin canggihnya tehnologi maka pendidikan juaga harus semakin berkembang.

Pendidikan merupakan sebuah keburuhan bagi semua manusia dalam kehidupan, tanpa sebuah pendidikan manusia akan sulit berkembang dan ketika manusianya tidak berkembang maka negaranya akan miskin pengetahuan.

The Social Progress Imperative baru-baru ini menobatkan korea sebagai Negara dengan system pendidikan terbaik mengalahkann jepang.

Di indonesia sendiri sepertinya pendidikan tidak terlalu begitu wow, apalagi anak-anak yang duduk di sekolah dasar. Anak-anak biasanya baru dikenalkan dengan tehnologi saat duduk di bangku SMP.

Pendidikan adalah sebuah pilar penting sebuah Negara maju, oleh karenanya pendidikan harus diatur agar mampu mengimbangi semua perubahan yang ada atau yang kita alami saat ini.

Apa Itu Manajemen Pendidikan?

manajemen pendidikan adalah
pxhere.com

Secara umum, manajemen pendidikan  adalah sebuah upaya perencanaan, penyususna, pelaksanaan, dan penjagaan dalam mengelola semua sumber daya yang ada.

Baik berupa uang, manusia, metode, material, mesin, waktu, informasi seefektif dan sebaik mungkin dalam mencapai tujuan yang berkaitan dengan pendidikan.

Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

  • Terrypage dan J.B. Thomas. Manajemen pendidikan merupakan suatu teori dan praktek serta administrasi yang ada di dalam lembaga serta sistem pendidikan.
  • Paul Monore. Manajemen sekolah adalah lembaga doktrin pendidikan yang pada umumnya terdiri dari beragai macam prinsip serta pengajaran tentang berbagai prosedur dalam kelas serta pengajaran dari guru yang sukses. Aneka prinsip-prinsip yang diajarkan pada lembaga pendidikan dikonversi dengan ragam cara/teknik yang mengarah pada prinsip dengan skala yang lebih besar dan mendasar yang meliputi sosiologi, prinsip, dan etika.
  • Shelly Umana. Defenisi manajemen pendidikan adalah manajemen metode operasi dalam penciptaan terintegrasi antara masyarakat dan pendidikan.
  • Menurut Stephen J. Kneziech. manajemen pendidikan adalah kumpulan fungsi-fungsi organisasi dengan tujuan utama untuk memastikan atau menjamin efisiensi dan efektivitas dalam pelayanan pendidikan, sebagaimana pelaksanaan kebijakan melalui perencanaan, pengambilan keputusan, perilaku kepemimpinan, penyiapan alokasi sumber daya, stimulasi, koordinasi personil serta iklim organisasi yang kondusif.
  • Daryanto (1998:8) pengertian manajemen pendidikan adalah suatu cara bekerja dengan orang-orang dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif.
  • Dasuqi dan Somantri (1992:10) manajemen pendidikan merupakan upaya penerapan kaidah-kaidah manajemen dalam bidang pendidikan.
  • Sagala (2005:27) pengertian manajemen pendidikan adalah penerapan ilmu manajemen dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan manajemen dalam pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan.

Mungkin kita sudah mengenal yang namanya manajemen pendidikan sejak duduk dibangku kelas 3 SD, ada dalam sebuah buku yang menjelaskan tentang ini.

Dalam buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 3D dijelaskan bahwa manajemen pendidikan adalah upaya yang dilakukan bersama dalam menggunakan semua sumber daya dengan baik dan benar.

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

ruang lingkup manajemen pendidikan
pxhere.com

Manajemen pendidikan sendiri memiliki bebrapa ruang lingkup, secara garis besar terdapat 4 ruang lingkup yaitu :

1. Manajemen Pendidikan Berdasarkan Wilayah Kerja

Manajemen pada wilayah kerja artinya program dibagi dalam beberapa tingkatan berdasarkan pada tingkatan wilayahnya. Seperti Negara, Provinsi, Kabupaten, Kota lebih lengkapnya dibawah :

Manajemen Pendidikan Seluruh Negara

Manajemen yang mencakup seluruh negara atau disebut juga tingkat nasional dan merupakan tingkat paling atas.

Dalam hal ini program manajemen tingkat nasional akan menangani semua hal yang cakupannya seluruh negara.

Seperti penyelengaraan pelatihan, pelaksanaan pengayaan, pengayaan penelitian, pelatihan pendidikan di sekolah baik dalam maupun luar dan juga kebudayaan dan kesenian secara Nasional.

Manajemen Pendidikan Wilayah Provinsi

Untuk Wilayah Provinsi, program pendidikan ini akan menangani semua hal tentang pendidikan tapi sebatas pada bagian Provinsi saja.

Biasnya mereka mendapat banyak bantuan oleh para petugas yang berada di tingkat kabupaten maupun di kecamatan tapi itu adalah orang-orang yang telah dipilih tidak serta merta.

Manajemen Pendidikan Wilayah Kabupaten

Sedangkan untuk wilayah kabupaten, ruang kerjanya hanya berada pada satu kabupaten atau satu kota saja.

2. Berdasarkan Objek Garapan

penerapan manajemen pendidikan
pixabay.com

Manajemen pendidikan berdasarkan objek garapan bisanya hanya mengelola pada tingkat :

  • Siswa
  • Tenaga kerja pendidik
  • Sarana prasarana
  • Kurikulum yang ada disekolah
  • Tata usaha
  • Tata laksana pendidikan
  • Anggaran dalam sekolah
  • Pembiayaan
  • Humas

3. Manajemen Pendidikan Berdasarkan Urutan Kegiatan

Dalam hal ini manjemen pendidikan akan lebih tertata dan biasanya diatur atau dijalankan berdasarkan fungsi :

  • Perencanaan
  • Pengorganisasian
  • Pengarahan
  • Mengkoordiansikan
  • Komunikasi
  • Mengawasi
  • Mengevaluasi

4. Manajemen Pendidikan berdasarkan Pelaksana

Artinya pelaksanaan program sepenuhnya di pegang oleh guru dalam kelas, sebagai seorang administrator maka dari itu guru berkewajiban melakukan semuan kegiatan yang telah di programkan.

Atau bisa kita sebut bahwa guru adalah seorang manajernya kelas.

Fungsi Manajemen Pendidikan

manfaat manajemen dalam pendidikan
pixabay.com

Menurut George R. Terry, fungsi manajemen ada empat yaitu fungsi planning, fungsi organizing, fungsi actuating dan fungsi controlling.

Menurut Luther Gullick , fungsi manajemen ada tujuh yaitu fungsi perencanaan , fungsi pengorganisasian, fungsi pengaturan anggota, fungsi pengarahan, fungsi koordinasi, fungsi pelaporan dan fungsi pencapaian tujuan.

Dari penjelasan diatas, dapat di simpulkan bahwa fungsi dari manajemen pendidikan adalah, sebagai perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing) dll. Berikut penjelasan lengkapnya:

Planning

Planning atau perencanaan, karena kita akan menggunakan sumber daya yang ada maka sebelum menggunakannya terlebih dahulu di planingkan atau di rencanakan dengan matang, agar tidak ngawur.

Perencanaan yang baik akan menentukan dengan baik pula tujuan sebuah perusahaan dengan baik secara keseluruhan.

Organizing

Organizing atau Lebih kita kenal dengan pengorganisasian dengan tujuan melakukan semua pekerjaan secara terorganisir yaitu dengan cara membagi semua tugas-tugas yang ada.

Dengan tehnik mengorganisir maka semua tugas jauh lebih mudah untuk diselesaikan. Tugas besar yang dibagi-bagi akan menjadi sebuah tugas yang lebih sederhana.

Controlling
Setelah semua anggota melakukan pekerjaan harus tetap diawasi agar sesuai dengan standar yang telah dibuat.

Dengan melakukan controlling yang tetap akan memberikan jaminan terhadap terlaksananya semua kegiatan. Dan supaya semua kegiatan mampu memberikan feedback positif bagi masa yang akan datang.

Actuating

Actuating dalam bahasa indonesia kita kenal dengan pelaksanaan yang dimana ditujukan agar semua anggota mampu bersaing dalam mengejar target yang sesuai dengan perencanaan yang ada yang telah dibuat sedemikian rupa.

Kesimpulan

kesimpulan manajemen pendidikan
pixabay.com

Manajemen pendidikan sangat perlu bahkan diwajibkan untuk menggerakkan semua sumber daya manusia yang ada di perusahaan dan melaksanakan semua kegiatan, agar semua karyawan mencapai kinerja efisiensi yang efektif dengan hasil yang bagus.

Melalui program ini, diharapkan agar semua sumber daya manusia mampu melakukan pengelolaan yang baik dan benar terhadap pendidikan yang termasuk didalamnya adalah bagaimana mendidik karakter.

Dengan melakukannya secara bertahap maka anggaran waktu dan tenga kerja dapat termanfaatkan dengan baik.

Manajemen pendidikan akan terus memberikan supporting system dalam pencapaian segala tujuan yang ada pada pendidikan, demi maju dan berkembangnya sebuah pendidikan.

Pendidikan manajemen diharapkan mampu mewujudkan suasana dan proses belajar yang efektif, mampu memberikan hal yang bermakna dan menyenangkan untuk semua kalangan.

Dengan penerapan proses pendidikan yang terstruktur dengan baik maka akan meningkatkan mutu dan citra positif bagi suatu wilayah. Maka dari itu penting untuk melestarikan manajemen pendidikan.

Leave a Comment