9 Jenis Origami Paling Banyak Dibuat

jenis-jenis origami

Origami ” Menghilangkan stres atau menjadikan anda semakin stres ” itulah ungkapan seorang psikolog klinis Dr Darryl Cross mengenai Origami.

Membuat origami memang seni yang sangat unik. Konsentrasi, kesabaran dan kreatifitas merupakan hal-hal yang harus dikedepankan setelah jiwa seni itu sendiri.

Keunikan pada origami inilah menjadikan seni ini menjadi semakin diminati banyak orang. Tidak hanya di negara asalnya di Jepang, seni melipat kertas ini telah diminati orang-orang di berbagai negara.

Banyaknya peminat seni ini akhirnya menghasilkan banyak pola-pola lipatan yang baru berdasarkan kreatifitas para pelaku seninya.

Hal ini akhirnya memunculkan berbagai macam jenis atau aliran baru dalam seni origami.

Apa sih Origami itu?

pengertian origami

Source: flickr.com/Guilherme Cardoso

Origami berasal dari bahasa Jepang yang berarti melipat kertas. Asal katanya dari kata ori yang artinya “lipat” dan kami yang artinya “kertas”.

Jadi, Seni origami adalah seni mengubah kertas yang datar menjadi berbagai macam bentuk seperti binatang, benda-benda atau bentuk-bentuk lainnya.

Ada banyak sejarah tentang origami. Namun yang paling umum diketahui adalah berasal dari Jepang.

Sejarahnya dimulai saat seorang biksu buddha yang berasal dari semenanjung Korea memperkenalkan tinta dan kertas di Jepang pada masa kekaisaran Suiko.

Selanjutnya origami akhirnya tersebar di Jepang dan banyak digunakan dalam tradisi-tradisi budaya di Jepang.

Dahulu dalam salah satu tradisi Jepang, dimana kertas di gunting dan dilipat kemudian dijadikan lambang yang digantung di kuil.

Selain itu Dalam sebuah acara pernikahan kertas dilipat dan dibentuk menyerupai burung bangau jantan dan betina sebagai lambang untuk pengantin pria dan wanita.

origami dalam tradisi pernikahanBahkan pada jaman Moromochi origami digunakan sebagai pemisah antara golongan atas dan golongan bawah.

Golongan atas mengikuti teknik lipatan yang diajarkan oleh Ise sedangkan golongan bawah mengikuti ajaran Ogasawara.

Awalnya kesenian ini hanya diajarkan secara lisan. Namun seiring berjalannya waktu teknik-teknik yang digunakan mulai banyak dibukukan sampai akhirnya muncullah seni origami moderen yang di prakarsai oleh Akira Yoshizawa.

Seiring berjalannya waktu kesenian ini pun semakin dikenal orang dengan bermunculan para seniman-seniman baru yang akhirnya melahirkan berbagai jenis origami yang diaplikasikan sampai sekarang.

Berikut beberapa jenis origami yang banyak diaplikasikan para pecinta seni melipat kertas ini.

1. Origami Modular

jenis origami modularOrigami modular adalah teknik melipat kertas yang menggabungkan beberapa bentuk lipatan origami hingga membetuk sebuah model yang diinginkan dengan sempurnah.

Umumnya, model yang dibuat dengan teknik ini adalah model yang besar dan kompleks yang tidak dapat dibuat hanya dengan menggunakan teknik lipatan satu kertas.

Meskipun modelnya besar dan kompleks lipatan-lipatan yang digunakan adalah lipatan-lipatan sederhana. Setiap lipatan akan disusun mengikuti struktur model yang akan dibuat.

Banyaknya lipatan yang dibutuhkan pada pembentukan model dengan pendekatan modular mejadikan jenis ini membutuhkan ketelitan dan kesabaran dalam membuat bentuk yang diinginkan.

Berikut beberapa ciri origami modular yang sempurna:

  • Terdiri dari bagian-bagian yang mudah dibuat atau lipatan – lipatan sederhana.
  • Mudah dalam menyusun setiap bagiannya.
  • Tidak menggunakan perekat baik berupa lem atau isolasi dalam pembuatan modelnya.
  • Hasil akhirnya enak dipandang.

2. Lipatan Basah

origami basah bentuk binatangDiperkenalkan oleh seorang seniman asal jepang Akira Yoshizawa. Lipatan basah dipakai untuk membuat bentuk dengan garis tepian yang cenderung lebih lembut.

Tekstur kertas yang sangat tipis dan mudah robek sangat menyulitkan para seniman yang akan membuat bentuk yang lebih halus seperti lengkungan yang kebanyakan ditemui saat akan membuat model binatang.

origami lipatan basah

Image: giladorigami.com

Untuk membuat model dengan tepian yang lebih lembut kertas yang digunakan terlebih dahulu di basahi dengan air sehingga mudah untuk melakukan pembentukan.

Setelah bentuk selesai dibuat, selanjutnya dikeringkan sambil tetap mempertahankan bentuknya.

3. Origami Dasar (pure) dan Pureland

contoh pure origamiOrigami pure bisa dibilang jenis lipatan yang sangat dasar dan paling umum dikenal dan dibuat orang. Teknik lipatan jenis ini hanya menggunakan selembar kertas berbentuk persegi untuk membuat sebuah model tanpa tambahan teknik lain seperti pengeleman atau pemotongan.

Disisi lain, Pureland membatasi model yang dibuat hanya dalam bentuk gunung dan lembah.  Pureland pertama kali dibuat oleh John Smith, seorang seniman lipat kertas berkebangsaan Inggris.

Alasan dibuatnya aliran ini yaitu untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang mengalami gangguan motorik. Kegiatan melipat dengan teknik pureland dapat digunakan sebagai terapi untuk penyandang disabilitas.

4. Origami Tesselasi

tessellation origamiTesselasi adalah penyusunan beberapa bentuk dengan teratur secara sempurna tanpa celah sehingga membentuk suatu pola layaknya sebuah rajutan. Tesselasi bisa terdiri dari dua atau tiga bentuk lipatan.

Mungkin hal ini terlihat biasa bagi kebanyakan orang. Namun perlu diketahui bahwa meskipun terdiri dari beberapa bentuk yang disatukan, seni melipat kertas dengan pendekatan tesselasi hanya menggunakan sebuah kertas sebagai bahan utama.

Aliran tesselasi ini terbagi dalam 4 kategori yaitu klasik, korugasi, rekursif dan organik.

5. Origami Arsitektural

Origami arsitektural awalnya dikembangkan oleh professor masahiro Chatani yang melakukan eksperimen dengan membuat sebuah desain kartu ucapan yang unik.

contoh arsitektural origamiPendekatan yang dilakukan pada gaya arsitektural sedikit berbeda dengan yang lainnya. Bentuknya yang tiga dimensi, dengan melibatkan teknik pemotongan dan umumnya menggunakan  jenis kertas yang lebih tebal menjadikan jenis ini berbeda dengan yang lain.

Dibutuhkan skill dan kesabaran dalam membuat bentuk arsitektural ini. Sebab selain lipatan, juga menggunakan teknik memotong kertas yang membutuhkan kesabaran extra sebab potongan yang dilakukan adalah potongan-potongan kecil dan detail.

6. Origami Bergerak

action origamiOrigami bergerak adalah seni lipatan yang hasil akhirnya dapat digerak-gerakkan atau dimainkan setelah dibentuk. Hasil bentukan dari jenis ini telah banyak dikembangkan oleh para seniman.

Hasilnya pun beraneka ragam mulai dari bentuk mainan sederhana, bentuk yang lebih kompleks serta bentuk yang dibuat dengan pendekatan matematis.

7. Origami Quilts

origami quilt pada dinding

Souce: flickr.com/rosefirerising

Jenis lipatan quilt ini bisa dikatakan turunan dari teknik lipatan modular. Perbedaannya, jika pada pendekatan modular umumnya menghasilkan bentuk tiga dimensi, tidak demikian pada quilt ini. Bentuk umum yang dihasilkan  dari lipatan quilt adalah datar dan umumnya menghasilkan bentuk seperti mozaik.

Proses pembentukannya dilakukan dengan menggabungkan beberapa bentuk lipatan berbeda. Jenis ini relatif mudah dalam pembuatannya.

Kemudahan dalam pembentukannya menjadikan seni lipatan jenis ini sangat cocok dilakukan oleh sekelompok anak-anak sekolah khususnya untuk melatih kerja sama antara sesama siswa.

8. Origami Tisu Toilet

Seperti namanya, jenis ini menggunakan kertas tissu toilet sebagai bahan utamanya. lipatan jenis ini dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu, melakukan lipatan saat tisu toilet masih dalam bentuk roll dan melakukan lipatan dengan memisahkan tisu dari rollnya.

9. Palm Wave

Namanya mungkin sangat asing di telinga,tapi jenis ini sangat sering kita jumpai sehari-hari.

Jenis ini menggunakan daun Palm atau sejenisnya sebagai bahan utama pengganti kertas. Ada berbagai macam betuk yang dapat dibuat dengan daun palm yang tentunya dengan teknik-teknik lipatan khusus.

Itulah beberapa jenis origami yang banyak diaplikasikan oleh para pecinta seni melipat kertas.

Setelah kamu mengetahui jenis-jenisnya selanjutnya adalah mulailah memilih yang mana yang ingin kamu pelajari terlebih dahulu.

Kalau kamu masi baru dalam seni lipat melipat kertas, disarankan untuk mempelajari lipatan-lipatan dasar yang merupakan fondasi bagi setip seniman dalam membut origami.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>