Solusi Singkat Mengatasi Pencemaran Air

pencemaran air

Pencemaran air – Air adalah anugerah tuhan yang tak ternilai harganya yang diturunkan tuhan untuk kehidupan manusia dan alam sekitarnya.

Dari air lah tumbuh berbagai macam tumbuhan yang dapat di makan manusia. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan, serta kebutuhan-kebutuhan lain.

Air dapat menghidupi segala jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan yang paling kecil hingga tumbuhan yang paling besar sekalipun.

Tidak hanya tumbuhan, mahluk hidup lainnya pun pastilah bergantung pada air seperti hewan, serta manusia.

Oleh karena itu, air adalah bagian yang tak bisa terpisahkan dari siklus kehidupan alam ini. Yang dengan kata lain tanpa adanya air kehidupan di alam ini akan mengalami kepunahan.

Namun sayangnya, keberadaan sumber air yang berlimpah menjadikan manusia lalai sehingga tidak sadar akan bahaya jika satu saat kita akan kekurangan air.

Tak heran jika banyak sekali ditemukan air yang tercemar dimana-mana.

Sekarang, bagaimana jika air tetap ada namun telah tercemar? tentulah air tidak dapat digunakan lagi yang pastinya akan menyebabkan kelangkaan air.

Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya air yang sehat dan bersih dari pencemaran lingkungan perlu di tingkatkan didalam masyarakat.

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai bagaimana air tercemar serta cara penanggulangannya.

Pengertian Pencemaran Air

pengertian pencemaran air

emaze.com/mija1197

Pencemaran air adalah masuknya atau terkontaminasinya air baik secara sengaja maupun tidak disengaja dengan zat-zat, energi-energi atau komponen-komponen.

kontaminasi ini akhirnya menyebabkan berubah nya tatanan air yang berakibat pada penurunan kualitas air.

Berkuranganya kualitas air akibat pencemaran menjadikan air menjadi tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana peruntukannya. Seperti untuk kebutuhan konsumsi atau pengairan.

Zat-zat atau senyawa yang mencemari air disebut polutan.

Polutan ini umumnya mengandung fosfat yang dihasilkan dari limbah sabun sisa pencucian pakaian, tumpahan atau kebocoran minyak dari kapal, logam berat dari limbah industri, limbah organik serta limbah rumah tangga.

Bagaimana Dampak Pencemaran Air?

dampak pencemaran air

commons.wikimedia.org

Kurangnya kesadaran akan dampak pencemaran air menjadikan kita secara tidak sadar dengan mudahnya mencemari air.

Padahal, akibat yang ditimbulkan dari air yang tercemar dapat dikatakan merupakan hal yang serius.

Apalagi jika jumlah polutan yang mencemari air terdapat dalam jumlah yang banyak. Berikut beberapa akibat yang ditimbulkan:

Dampak dari air yang telah tercemari akan menyebabkan rusaknya kehidupan organisme dan ekosistem yang hidup didalam air.

Hal ini disebabkan oleh kadar oksigen didalam air yang akan semakin berkurang seiring dengan semakin parahnya tingkat pencemaran didalam air.

Munculnya pertumbuhan gang-gang yang tidak terkendali akan diikuti dengan pertumbuhan parasit adalah dampak pencemaran air yang tentunya mengganggu aktifitas manusia.

Penumpukan limbah yang tidak terkendali didalam air akan memberikan efek pendangkalan di saluran-saluran air yang merupakan penyebab utama terjadinya kebanjiran saat musim hujan tiba.

Mengkonsumsi air yang telah terkena dampak pencemaran air akan merusak kesehatan dalam jangka panjang seperti, kerusakan hati, kanker serta resiko cacat pada bayi yang baru lahir.

Semakin tinggi jumlah air yang tercemar berarti semakin tips pula persediaan air bersih yang dapat dikonsumsi.

Dari Mana Saja Sih Sumber Penyebab Pencemaran Air?

Terdapat berbagai jenis penyebab pencemaran air. Namun umumnya sumber pencemaran air ini berasal dari ulah manusia itu sendiri.

Seperti limbah rumah tangga, limbah pertanian, serta sumber pencemaran air dari limbah industri.

penyebab pencemaran air

Commonfloor.com

Hingga saat ini terdapat berbagai jenis polutan yang menjadi penyebab kerusakan air  yang memiliki sifat-sifat seperti mengandung bibit penyakit, sulit terurai, serta mengandung zat radio aktif yang tinggi.

berikut penjelasan lengkap mengenai sumber pemcemaran air:

1. Sumber pencemaran air dari limbah pertanian

Sebenarnya, limbah pertanian yang masuk kedalam air dengan kadar tertentu tidaklah berbahaya bagi kelangsungan hidup ekosistem yang ada di air. Bahkan dapat memberikan manfaat.

Yang merusak adalah penggunaan pupuk atau pestisida yang berlebihan dan melampaui ambang batas sehingga tidak dapat diurai oleh air yang akhirnya menjadi parasit yang mencemari air.

Dalam hal ini dianjurkan bagi para petani agar lebih bijak dalam penggunaan pestisidan atau bahan-bahan kimia lainnya.

2. Penyebab Pencemaran Air dari Limbah Industri

Penyebab pencemaran air yang paling parah adalah dari limbah industri. Sebab industri dapat menghasilkan berbagai macam jenis polutan.

Kurangnya aturan yang mengatur mengenai penanganan limbah industri ini menyebabkan para pelaku industri bebas membuang limbahnya ke aliran-aliran sungai di sekitar daerah industri.

3. Sumber Pencemaran Air dari Aktifitas Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang secara tidak sadar Mencemari air. Hal seperti ini umumnya terjadi di wilayah perkotaan khususnya pada limbah sampah masyarakat.

Daerah yang padat, serta kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung menjadikan masyarakat dengan mudahnya membuang sampah ke aliran sungai.

Selain dari limbah sampah masyarakat, limbah-limbah rumah makan, rumah sakit serta fasilitas publik juga ikut ambil bagian dari tercemarnya air di wilaya perkotaan yang akhirnya mengakibatkan penumpukan limbah di saluran-saluran air.

Bagaimana Solusi Penanggulangan Pencemaran Air?

solusi pencemaran air

gogogloglo.wordpress.com

Karena dampak pencemaran air ini termasuk hal yang sangat krusial yang memiliki dampak yang sangat luas baik terhadap kesehatan atau pun kelangsungan hidup ekosistem air. Maka dianggap perlu untuk segera mencari solusi mengenai hal ini.

Berikut beberapa solusi pencemaran air yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat polusi air:

Hemat dalam penggunaan air

Melakukan penghematan penggunaan air berarti membantu mengurangi tingkat air yang tercemar.

Semakin sedikit menggunakan air khususnya penggunaan air dengan campuran zat lain maka akan jumlah distribusi air yang tercemar menjadi semakin sedikit.

Solusi pencemaran air dengan membuang sampah Pada tempatnya

Hindari membuang sampah di sungai atau di saringan irigasi untuk menghindari pencemaran dan penyumbatan saluran irigasi.

Buanglah sampah pada tempatnya. Pengaturan pembuangan sampah, sebaiknya diatur dengan baik seperti memisahkan antar sampah organi dan anorganik.

Sebab perlakuan pembuangan limbah-limbah tersebut berbeda-beda berdasarkan jenisnya utamanya untuk mengurangi penguapan sampah.

selain itu limbah-limbah sampah tersebut juga dapat dengan mudah didaur ulang apbila masih memungkinkan.

Lakukan pengawasan terhadap penggunaan bahan-bahan kimia di bidang pertanian

Pada dasarnya, pupuk kimia digunakan di dalam pertanian untuk membatu para petani. Namun. pengguanaan yang tidak sesuai aturan hanya akan balik merusak.

Solusi pencemaran air oleh penggunaan pupuk kimia sebenarnya dapat dilakukan dengan  cara mengganti bahan kimia ke bahan yang lebih ramah lingkungan.

Pupuk kompos adalah salah satu alternatif pengganti pupuk yang sifatnya yang lebih alami dan jauh dari penggunaan zat-zat berbahaya.

Solusi Pencemaran Air Dengan Memberlakukan hukuman yang ketat kepada pelaku pencemaran

Memberikan hukuman yang ketat kepada para pelaku polusi air adalah salah satu solusi pencemaran air yang efektif.

Hukuman ini khususnya untuk para pelaku industri yang memiliki limbah industri yang sangat merusak apabila tidak ditangani dengan baik.

Demikianlah penjelasan mengenai polusi yang terjadi pada air.

Semoga dari uraian diatas kita bisa mendapatkan gambaran mengenai masalah seputar penyebab pencemaran air, dampak pencemaran air, sumber pencemaran air, serta solusi pencemaran air. Terima kasih.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>