Solusi Sederhana Tenangkan Diri Dari Kegaduhan Pencemaran Suara

dampak pencemaran suara

Pencemaran suara – Ketenangan dalam menjalani hari adalah dambaan setiap manusia yang hidup di dunia ini.

Namun,apa yang diharapkan terkadang tidak seperti kenyataanya.

Kenyataannya, selalu saja ada hal-hal yang mengganggu hari-hari kita. Tidak terkecuali suara-suara bising yang memekikkan telinga yang biasa disebut pencemaran suara.

Pencemaran suara umumnya terjadi di daerah perkotaan. Hal ini terjadi seiring tingginya aktifitas masyarakat perkotaan serta besarnya kegiatan-kegiatan industri di sekitar wilayah perkotaan yang akhirnya menyebabkan pencemaran udara.

Pencemaran Suara

Bunyi atau suara adalah gerakan gelombang kompresi yang merambat melalui suatu media atau perantara dengan arah gerak gelombang searah dengan arah rambatan.

Rambatan gelombang ini bisa melalui berbagai macam media seperti zat cair, zat padat dan gas. Oleh sebab itu rambatan suara ini dapat merambat didalam air, batu bara atau udara.

Bagaimana sih proses terjadinya bunyi?

Bunyi bising yang terdengar terjadi akibat getaran dari sumber bunyi yang mengganggu keseimbangan molekul udara yang ada di sekitarnya sehingga molekul-molekul udara ikut bergetar hebat. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya polusi suara.

Penjelasan Pencemaran Suara

pencemaran suara

by patrika.com

Polusi suara adalah ketidaknyamanan yang timbul dalam suatu lingkungan yang disebabkan oleh suara atau bunyi yang tidak diinginkan yang berakibat pada ketidak tentraman mahluk hidup di sekitarnya.

Suara-suara yang menyebabkan ketidak tentraman adalah suara yang bervolume tinggi yang apabila diukur intensitas bunyinya berada diatas 70 desibel(dB).

Ukuran desibel(dB) adalah satuan ukuran yang digunakan untuk mengukur tingkat kebisingan. Alat yang digunakan bernama sound level meter.

Semakin tinggi nilai desibelnya maka semakin besar resiko gangguan yang akan diterima dari suara tersebut.
Sumber sumber polusi suara

Terdapat berbagai macam sumber penyebab terjadinya polusi suara yang di kelompokkan kedalam dua kategori yaitu sumber indor dan outdor.

Sumber polusi suara indoor diantaranya adalah suara musik yang keras, suara peralatan listrik yang terdengar terus menerus, dll.

Sedangkan suber pencemaran suara outdoor biasanya bersumber dari suara kendaraan yang besahut-sahutan (khusus wilayah perkotaan), suara mesin industri, dll.

Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Suara

Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran suara biasanya mulai dirasa setelah beberapa lama. Khususnya pencemaran suara yang berkelanjutan atau terus menerus. berikut beberapa dampak dari pencemaran suara:

Pencemaran suara yang terjadi terus menerus akan secara perlahan menjadikan mental anda menjadi semakin merosot.

Kebanyakan orang yang bermukim di sekitaran bandara sering kali terlihat gelisah bahkan ada yang akhirnya frustasi.

Salah satu penyebabnya adalah tingginya tingkat polusi suara yang berasal dari suara pesawat yang terjadi terus menerus sepanjang hari.

Selain itu, Secara fisik dampak dari pencemaran suara ini dapat merusak pendengaran dalam jangka panjang.

Solusi Sederhana Menenangkan Dari Kegaduhan Akibat Polusi Suara

penanggulangan pencemaran suara

Flickr.com

1.Menjadikan rumah kedap suara. Mungkin anda tidak bisa menghentikan kebisingan yang mengganggu di sekitar anda, tapi anda dapat melakukan pemblokiran terhadap suara tersebut dengan cara menutup jalan masuknya suara kedalam rumah anda seperti pintu dan jendela serta.

Tambahkan bahan-bahan kedap suara di dinding-dinding rumah anda bila perlu.

Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan kebisingan, tapi hal ini paling tidak dapat mengurangi tingkat kebisingan yang masuk disekitar anda.

2. Jauhkan sumber suara dari tempat anda seperti AC yang berisik, perapian, dll.

3. Carilah tempat refreshing yang tenang dan natural yang jauh dari hiruk pikuk keributan kota. Jika tidak menemukan tempat yang tepat, anda dapat mencoba mendatangi perpustakaan di sekitar anda dan habiskanlah beberapa waktu disana.

4.Belajar meditasi mungkin salah satu solusi terbaik buat anda. Mungkin akan sedikit sulit di awal memulai, namun setelah anda terbiasa anda akan sangat mudah memisahkan diri dari kebisingan suara disekitar anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pencemaran suara yang banyak dirasakan masyarakat akhir-akhir ini khususnya yang hidup di wilayah perkotaan.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>