Inilah Dampak Buruk Pencemaran Udara Bagi Kehidupan

pencemaran udara

Pencemaran udara – Udara merupakan salah satu elemen terpenting dalam siklus kehidupan di bumi. Setiap mahluk hidup yang ada di bumi pasti membutuhkan udara.

Tanpa adanya udara, Manusia, hewan Serta tumbuhan akan sulit atau bahkan tidak bisa bertahan hidup.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai mahluk hidup yang menggunakan udara sebagai kebutuhan utama menjaga agar udara selalu aman dari pencemaran.

Terjadinya pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara, akan memberikan dampak yang sangat serius terhadap mahluk hidup.

Untuk menjaga kepedulian kita terhadap kebersihan udara, serta meningkatkan kesadaran kita akan bahayanya menghirup udara yang tercemar.

Maka, dibutuhkan pengetahuan mengenai pengertian pencemaran udara yang baik.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas seputar polusi udara serta penanggulangannya.

Pengertian Pencemaran Udara

Pengertian pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana udara terkontaminasi oleh satu atau beberapa zat-zat kimia, biologis atau yang bersubstansi fisik dalam jumlah yang melampaui ambang batas.

Tercemarnya udara oleh zat-zat kimia ini secara perlahan-lahan dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, binatang , atau pun tumbuh-tumbuhan.

Sumber-Sumber Pencemaran Udara

Sebenarnya, peristiwa tercemarnya udara ini pada dasarnya banyak disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, baik secara personal maupun secara massal.

Berikut beberapa sumber – sumber pencemaran udara yang paling banyak menyumbang polusi yang menjadi penyebab utama polusi udara:

Sumber Pencemaran Udara dari Asap Kendaraan

sumber polusi udara

dishubkomintel.acehprov.go.id

Sumber polusi udara yang paling utama adalah polusi yang dikeluarkan dari hasil pembakaran kendaraan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kendaraan bermotor adalah salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia.

Hampir setiap orang yang bekerja diluar rumah pasti memiliki kendaraan bermotor.

Banyaknya kendaraan bermotor yang beroperasi setiap harinya, menjadikan produksi polusi dari asap kendaraan yang mencemari udara semakin meningkat setiap harinya.

Sumber Pencemaran Udara dari Asap Pabrik

Selain pencemaran dari asap kendaraan bermotor, asap yang dihasilkan dari pabrik yang melakukan pembakaran merupakan penyumbang polusi terbesar setelah polusi kendaraan bermotor.

Asap yang keluar dari cerobong pabrik merupakan limbah sisa pemakaian pabrik yang tidak memiliki fungsi lagi.

Sehingga keberadaannya di udara yang berubah menjadi gas akan menjadi pemicu terjadinya polusi.

Asap Rokok

Meskipun terlihat sedikit dan tidak memberikan dampak apa-apa untuk bumi, Asap rokok juga termasuk penyebab polusi udara.

Hal ini terjadi sebab didalam asap rokok ini terdapat banyak gas beracun.

Produksi asap rokok yang masif oleh para pecandu rokok setiap harinya secara tidak sadar akan mencemari udara seiring berjalannya waktu.

Penggunaan Bahan Kimia Pertanian

Meskipun penggunaan bahan kimia belakangan ini sangat marak dalam dunia pertanian. Namun penggunaan bahan kimia yang tidak tepat juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Tercemarnya udara melalui bahan kimia pertanian terjadi sebab didalam komposisi bahan kimia pertanian umumnya terdapat zat amonia dan NH3 yang sangat berbahaya bagi atmosfer bumi.

Asap Pembakaran Batu Bara

Asap pembakaran batu bara yang masih banyak digunakan di pembangkit listrik akan melepaskan Nitrogen Oksida dan Oksida Sulfur ke udara yang dapat mencemari udara.

Sumber Pencemaran Udara dari Letusan Gunung

Polusi udara dari letusan gunung

surabaya.tribunnews.com

Diluar dari aktifitas manusia, polusi udara juga memungkinkan terjadi secara alami. Salah satunya adalah letusan gunung.

letusan gunung akan membawa abu vulkanik yang disemburkan ke udara sehingga mencemari udara.

Udara yang terkontaminasi oleh debu vulkanik sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi, Khususnya bagi manusia.

kandungan yang dibawa debu vulkanik diantaranya adalah logam, timah, seng, besi, tembaga dan juga silika, Yang apabila dihirup oleh manusia dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan.

Aktifitas Rumah Tangga

Membakar sampah, memasak dengan menggunakan kayu bakar, serta penggunaan alat-alat rumah tangga juga memiliki andil dalam Tercemarnya udara disekitar kita.

sampah yang dibakar akan melepaskan berbagai macam zat-zat ke udara.

Selain itu, penggunaan yang tidak tepat seperti AC, mesin pendingin,kulkas, dll akan menghasilkan karbon yang akan berdampak pada tercemarnya udara disekitar kita.

Selain sumber yang disebutkan diatas, masih banyak lagi hal-hal lain yang dapat menyebabkan udara tercemari yang sebaiknya anda hindari.

Sebab, dampak pencemaran udara mungkin saja tidak terasa secara langsung. Namun, dampaknya akan terasa seiring berjalannya waktu.

Dampak Pencemaran Udara

dampak pencemaran udara

blhd.sulselprov.go.id

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Manusia

Dampak pencemaran udara umumnya menyerang saluran pernafasan yang berdampak secara langsung ke paru-paru.

Gangguan kesehatan yang paling umum dirasakan dari dampak dari menghiru udara yang telah tercemar adalah infeksi saluran pernafasan atas(ISPA), Penyakit asma, bronkhitis, serta gangguan pernafasan lainnya.

Selain penyakit-penyakit yang masuk melalui pernafasan, Dampak pencemaran udara juga menyerang bagian external tubuh yang terkontak langsung dengan udara yaitu kulit.

Kulit akan tampak menjadi kusam, terjadinya penuaan dini, hilangnya elastisitas kulit, munculnya flek-flek hitam, hingga serangan kanker kulit.

Selain berdampak secara fisik, pencemaran ini juga berdampak kepada kondisi psikologi yaitu dapat memicu stres serta menganggu kestabilan emosi.

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tanaman dan Lingkungan

Tidak hanya berdampak terhadap kehidupan manusia, dampak pencemaran udara juga berdampak pada tanaman.

Udara yang tercemar akan melarutkan unsur-unsur logam berat yang ada di tanah.

Hal ini akan merubah kualitas air yang ada didalam tanah serta yang dipermukaan tanah.

Selain itu udara yang tercemar memiliki sifat korosif yang sangat mudah merusak material-material yang berkontak langsung dengan udara.

Bagaimana Cara Mengatasi pencemaran Udara ?

Dilihat dari dampak yang ditimbulkan, dapat disimpulkan bahwa gangguan yang timbul akibat menghirup udara yang telah tercemari bukan lagi hal yang sepele dan harus mendapatkan penanganan yang serius.

Berikut beberapa cara mengatasi pencemaran udara yang dapat dilakukan sebagai solusi menghadapi polusi udara diantaranya:

  • Memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai pentingnya hidup dengan udara segar yang bebas polusi.
  • Memberlakukan aturan mengenai penanganan limbah. Khususnya limbah asap yang dikeluarkan pabrik atau industri.
  • Meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil dalam berbagai hal seperti pembangkit listrik, atau energi-energi lainnya.
  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi merupakan salah satu cara mengatasi pencemaran udara yang berasal dari gas pembuangan kendaraan.
  • Hindari penebangan liar.
  • Beralih ke teknologi ramah lingkungan.
  • Mereduksi penggunaan bahan pestisida yang mengandung bahan-bahan yang dapat mencemari udara.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pencemaran udara, sumber pencemaran udara, dampak pencemaran udara, serta bagaimana cara mengatasi pencemaran udara

Meskipun faktanya saat ini polusi udara telah masuk dalam kategori parah namun tidak ada kata terlambat untuk melakukan upaya untuk bersama-sama berusaha mengurangi pencemaran yang terjadi di lingkungan kita.

You Might Also Like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>