Property Syariah, Investasi Berkah Dunia Akhirat (+List Proyek Property Syariah Makassar)

Property Syariah – Mendengar kata Syariah dalam konsep ekonomi mungkin tidak lagi asing bagi anda. Khususnya sektor keuangan seperti perbankan ataupun dunia pembiayaan.

Bagaimana dengan sektor investasi properti?. Ternyata, konsep Syariah sendiri telah merambah ke dunia property.

Property Syariah

Meskipun masih terdengar asing, namun konsep Syariah yang mulai ada sejak tahun 2014.

Munculnya konsep Syariah dalam dunia property dikarenakan banyaknya masyarakat yang merasa kuang puas atau merasa terzolimi dengan sistem konvensional sebagai mana dengan yang telah ada saat ini.

Perbedaan yang paling mencolok antara property sistem Syariah dan sistem konvesional terletak pada hal aqad atau perjanjian jual belinya.

Tanpa bunga, tanpa denda, serta tanpa penalti sepihak merupakan nilai utama yang di emban dalam sistem properti syariah.

Apa itu Property Syariah?

Property Syariah adalah Pengembangan property dengan menggunakan sistem Syariah sebagai landasannya.

Sistem Syariah yang digunakan oleh developert property Syariah adalah sistem yang menggunakan kaidah-kaidah Islam sebagai landasan utamanya dalam segala aspek.

Baik dari aspek transaksional, legalitas, pembiayaan, pembuatan bangunan, hingga proses serah terima kunci.

Bagaimana Cara Property Syariah Bekerja?

cara property syariah

Img Src: keuangansyariah.mysharing.co

Dalam konsep property syariah, peran instansi pembiayaan sebagai pihak ketiga ditiadakan.

Dalam prakteknya, KPR Syariah hanya melibatkan dua pihak yakini pihak pembeli dan pihak penjual(pengembang).

Adapun pihak lain yang mungkin dilibatkan dalam transaksi adalah pihak notaris yang dalam hal ini berperan untuk mengatur legalitas transaksi setelah kesepakatan harga tercapai.

Saling terbuka antara pembeli dan penjual merupakan hal yang harus di junjung tinggi konsep property syariah, salah satunya dalam hal penetapan harga.

Harga setiap unit harus di paparkan secara jelas. Termasuk apabila ada unit-unit yang memiliki harga-harga khusus seperti harga rumah yang memiliki kelebihan tanah, atau unit yang memiliki spesifikasi-spesifikasi tertentu.

Oleh karenanya, konsumen yang akan membeli pada pengembang Syariah, dapat memilih unit yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selain penetapan harga yang jelas dan terbuka, penjual juga wajib memberikan informasi secara gamblang mengenai jenis-jenis pembayaran yang di berlakukan pihak penjual baik secara tunai atau kredit, serta ketentuan-ketentuan lainnya.

Setelah konsumen memilih unit dan menetapkan cara pembayaran yang diingikan.

Selanjutnya dibuatlah perjanjian pengikat jual beli(PPJB) yang kemudian di tandatangani oleh kedua belah pihak di hadapan notaris.

Tahukah Anda Perbedaan Developer property Syariah dengan Konvensional?

property konven vs syariahPada dasarnya sistem yang berlaku pada property syariah memiliki sangat banyak perbedaan dengan sistem yang di berlakukan pada developer property konvensional.

salah satu yang paling menonjol adalah dalam masalah aqad atau perjanjian jual beli.

Dalam konsep property syariah, pihak pembeli langsung membeli unit property ke pihak developer property Syariah secara langsung.

Tidak ada lagi pihak ketiga yang juga ikut mengambil keuntungan, seperti yang terjadi dalam skema property konvesional yang umumnya melibatkan pihak Bank atau instansi pembiayaan lain sebagai pihak ketiga.

Jadi, transaksi yang dilakukan dalam konsep property syariah murni hanya terjadi antaran konsumen dan pengembang.

un akad jual beli yang digunakan adalah aqad jual beli yang berdasarkan atas asas jual beli yang diatur dalam agama Islam.

Didalam aturan jual beli yang diatur berdasarkan asas Islam, terdapat beberapa macam aqad jual beli yang dapat di guanakan didalam transaksi property syariah. Yang paling umum digunakan dalam transaksi property adalah aqad Istishna.

Apa Saja Keunggulan-Keunggulan Konsep Property Syariah?

keunggulan property syariah

Transaksi yang hanya melibatkan pembeli dan penjual menjadikan pembeli tidak harus menanggung biaya administrasi KPR sebagaimana yang berlaku di KPR konvensional yang nilainya bisa mencapai 7% dari nilai KPR.

Property syariah tidak memberlakukan bunga dalam proses kreditnya sehingga konsumen mendapatkan kepastian harga ( harga cash dan harga kredit sama).

Property Syariah tanpa riba, Tanpa denda, dan tanpa sita, sebab dalam hal ini yang paling ditekankan adalah saling memudahkan antara konsumen dan pengembang.

Proses persetujuan kredit cenderung lebih mudah sebab tidak melibatkan bank dalam proses pengajuan kredit yang biasanya menyulitkan nasabah dalam proses BI Checking.

“ Property Syariah Tanpa Bunga, TanpaSita, Tanpa Denda “ maksudnya bagaimana ya?

property tanpa dendaImg Src: westpac.com.au

Dalam konsep property Syariah, sistem bunga, sita, dan denda, tidak berlaku sebab ketiga hal tersebut memang tidak di perbolehkan dalam syariat islam.

Namun, tidak adanya sita dan denda pada sistem properti syariah bukan berarti konsumen bebas melakukan penundaan pembayaran semaunya.

Asas yang berlaku dalam sistem Syariah adalah saling memudahkan.

Artinya jika konsumen mengalami kendala saat kredit berjalan, maka konsumen wajib membicarakannya kepada pihak pengembang.

Tujuannya adalah agar permasahan konsumen bisa di carikan jalan keluar bersama yang tentunya tetap menguntungkan kedua belah pihak.

Contohnya, jika dalam proses kredit pihak konsumen merasa berat atau tidak dapat melanjutkan kredit sampai selesai maka pihak konsumen dan pengembang bisa duduk bersama mencarikan solusi bersama yang tentunya tanpa harus menyita secara sepihak rumah tersebut.

Salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah dengan menawarkan kepada konsumen tersebut untuk menjual unit-unit yang dimiliki developer property Syariah tersebut sehingga fee penjualan dapat digunakan untuk melanjutkan cicilan.

Atau solusi lain apabila pihak konsumen sudah benar-benar tidak mampu atau tidak ingin melanjutkan kredit, konsumen dapat meminta kepada pihak pengembang untuk menjualkan property tersebut.

Kemudiah hasil penjualan dari property tersebut dapat digunakan untuk melunasi sisa kredit yang menunggak dan selebihnya menjadi milik konsumen.

Masih banyak lagi solusi-solusi lain yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalah yang timbul saat proses kredit sedang berlangsung.

Yang terpenting adalah didalam property Syariah tidak diperbolehkan untuk memberikan denda, melakukan penyitaan, atau kebijakan-kebijakan lain yang hanya menguntungkan satu pihak.

Bagaimana hukum KPR Konvensional dalam Islam

hukum kpr dalam islam

Img Src: buduquebec.com

Menurut hukum islam, transaksi atau muamalah yang mengndung unsur riba didalamnya tidak di perbolehkan atau haram hukumnya.

Selain mengharamkan riba, didalam hukum Islam juga tidak membenarkan untuk menjadikan barang yang di dibeli sebagai jaminan dalam transaksi tersebut.

Menjadikan barang yang dibeli sebagai jaminan, banyak di temukan di dalam praktek KPR Konvensional.

Bagaiamana Perkembangan property syariah di makassar?

Meskipun masih terdengar baru di telinga masyarakat Makassar, proyek Developer property syariah Makassar mendapatkan respon yang sangat baik di kota Makassar.

Baik dari sisi pengembang maupun dari masyarakat umum di kota Makassar.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengembang baik yang baru atau yang telah lama bergelut di bidang pengembang property di kota Makassar yang mulai mengaplikasiakn konsep Syariah sebagai landasannya.

Begitupun dengan tanggapan masyarakat yang beramai-ramai mengarahkan investasi mereka ke sistem property syariah tanpa riba ini.

Sebab, selain lebih mudah dalam prosesnya, menenangkan dalam hal hukum agama, sistemnya juga dianggap sangat adil dalam memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Maka tidaklah mengherankan jika saat ini investasi di bidang property Syariah makassar menjadi primadona masyarakat Makassar yang memang kebanyakan lebih memilih untuk berinvestasi di dunia property dibanding dengan instrumen investasi lainnya.

Harga yang ditawarkan pun tidak kalah bersaing dengan property konvensional yang telah ada.

Berikut beberapa daftar proyek property Syariah murah yang sedang di kembangkan oleh para developer property Syariah Makassar.

Bilayya hills
bukit bilayya
Campus Neighbour
bukit bambu resort
mapan madania land

You Might Also Like