proses terjadinya gunung meletus

proses terjadinya gunung meletus – Gunung Krakatau, masih ingat dengan nama yang satu ini, Krakatau adalah pengambilan keputusan dengan meninggalkan semua hal dikampung halaman menuju suatu daerah dengan tujuan tertentu. Wait!!!!, itu merantau Min, gimana sih. Oh iya lupa , hehe. Nge test doang.

Gunung Krakatau sejatinya adalah sebuah gunung berapi yang dahulunya pernah membuat 36.000 jiwa melayang karena letusan yang ia hasilkan, saking dahsyatnya ledakan tersebut membuat awan panas dan tsunami pada 26-27 Agustus 1883, dan ini merupakan sebuah bencana alam tsunami yang terdahsyat dimasa itu.

terjadinya ledakan gunung
maxpixel.net

Para peneliti memperkirakan bahwa daya ledak yang dihasilkan 20.000 kali lebih dahsyat dari bom Hiroshima dan Nagasaki.

Selama hampir tiga hari dunia dipenuhi awan gelap akibat atmosfer bumi yang tertutup oleh Debu Vulkanis, yang dimana sinar matahari saat itu hampir tak ada.

Inilah bukti bagaimana sebuah bencana menjadi sebuah sejarah yang tak akan pernah menjadi kertas usang, layaknya surat cinta yang kau tulis untuk dia namun tak pernah di gubris, kasian banget kamu. Wkwkwkwk.

Tapi mimin penasaran dengan proses meletusnya gunung berapi itu seperti apa?, karena tidak mungkin gunung itu meletus degan senidirinya tanpa ada sebuah penyebab. Mari kita ulas.

Tanda-Tanda Gunung Akan Meletus

ciri-ciri gunung meletus
maxpixel.net

Sebelum berbicara tentang proses terjadinya gunung meletus, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri gunung berapi yang akan meletus, seperti berikut:

  1. Ketika anda berada disekitar gunung anda akan merasakan hawa panas yang sangat tinggi karena suhu disekitaran gunung tersebut naik derastis.
  2. Sumber mata air yang mulai mongering, biasanya mata air yang berasal dari pegunungan akan mengalami kekeringan dikarenakan panas dari gunung berapi tersebut.
  3. Sering gempa disertai suara gemuruh, biasanya sebelum meletus akan muncul suara-suara gemuruh dari gunung berapi tersebut dan disertai gempa dalam skala yang kecil.
  4. Tanaman hijau menjadi layu, biasanya disekitaran gunung akan muncul awan panas dan kadar oksigen menjadi sedikit sehingga tanaman disekitaran gunung berapi menjadi layu.
  5. Beberapa binatang menjauhi gunung, nah biasanya sebelum terjadinya sebuah bencana alam, binatang lah yang pertama kali menyadari hal tersebut karena insting alamiyah dari binatang itu sendiri.
  6. Jadi ketika mendapati ciri-ciri tersebut maka anda tak perlu panik karena kemungkinan gunung berapi meletus masih dalam jangka waktu yang lama, segeralah menghubungi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika) terdekat.

Proses Terjadinya Gunung Meletus

bagaimana proses gunung meletus
pixabay.com

Fenomena letusan gunung merapi tidak serta merta terjadi begitu saja. Akan tetapi sebelum terjadi letusan, terdapat beberapa hal yang menandai proses terjadinya gunung meletus.

Berikut beberapa proses proses terjadinya gunung meletus dari penyebab awal hingga letusan terjadi.

1. Struktur Tanah Mulai Rapuh

proses terjadinya gunung meletus yang pertama adalah rapuhnya struktur tanah di sekitar gunung.

Oleh karena itu, menjaga struktur tanah disekitar gunung berapi adalah sebuah kewajiban dengan cara mempertahankan pepohonan tetap hidup disekitar kaki gunung.

Ketika jumlah pohon di sekitaran gunung berapi sangat sedikit maka akan membuat struktur tanah menjadi sangat rapuh baik bagian luar maupun dalam.

2. Terjadi Gempa Bumi

Gempa bumi sendiri adlah sebuah bencana alam, sama hal nya dengan gunung meletus. Namun gempa bumi adalah sebuah bencana yang mampu melahirkan bencana lainnya.

Getaran yang dihasilkan oleh gempa bumi mampu mempengaruhi strutur tanah bumi. Karena getaran yang sangat keras menyebabkan dinding dalam retak.

3. Terjadi Peningkatan Suhu di Dalam Perut Bumi

Suhu panas dalam bumi ini, saking panasnya mampu melelehkan semua batuan-batuan di dalam perut bumi menjadi magma, karena suhu panas lah batuan-batuan yang menyususun struktur lapisan bumi itu meleleh.

Melelehnya batuan tersebut terbentuklah gas dan tercampur bersama magma karena dalam bentuk gas maka ia memiliki massa atau berat yang lebih ringan hingga sedikit demi sedikit terdorong untuk keluar dari perut bumi ke permukaan.

4. Meningkatnya Volume Magma

Awal mula proses terjadinya gunung meletus adalah karena magma yang berada di perut bumi, buat kalian yang ngga tahu magma itu apa, magma adalah batu yang berbentuk cairan dan terbentuk akibat suhu panas yang ada di perut bumi.

Proses terdorongnya sendiri di karenakan massa magma yang ringan mendapat dorongan dari batuan-batuan berat.

5. Munculnya Gaya Sentripetal di Dalam Kawah Gunung

Gaya sentripental adalah gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar dengan arah selalu menuju pusat lingkaran.

Gaya sentripental berfungsi untuk mengubah arah gerak benda tanpa mengubah besar kecepatan linearnya. Lalu apa hubunganya dengan gunung berapi?.

Gaya sentripetal yang terjadi didalam kawah mampu membuat magma terus menerus meluap sehingga mempercepat proses terjadinya gunung meletus.

Tekanan yang terjadi dalam proses terjadinya gunung meletus tersebut menyebabkan erupsi sehingga magma meluap keluar dari mulut gunung atau yang biasa kita sebut gunug meletus.

***

Itulah lima proses terjadinya gunung meletus.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Letusan gunung itu sendiri terjadi karena endapan magma yang terjadi didalam perut bumi yang mendapat tekanan dan menghasilkan gaya sentripetal mendapat dorongan dari gas dalam bumi yang bertekanan tinggi sehingga letusan terjadi.

Tapi ini tidak terjadi disemua gunung berapi, letusan hanya akan terjadi ketika gunung berapi tersebut masih aktif, beda halnya dengan yang sudah tidak aktif lagi.

Hikmah Dibalik Letusan Gunung Merapi

paca erupsi merapi
pixabay.com

Namun dibalik sebuah bencana pasti ada sebuah manfaat yang bisa diambil, selain menghasilkan kerusakan letusan gunung berapi juga mampu menghasilkan beberapa manfaat seperti :

Abu Vulkanik Sebagai Obat Penyakit Kulit

Setiap letusan gunung berapi akan mengeluarkan abu yang dimana abu ini adalah salah satu material yang terbawa saat ledakan terjadi.

Abu ini biasa kita sebut sebagai Abu Vulkanik yang menurut para ahli bersifat desinfektan dan anti bakteria yang mampu menyembuhkan penyakit kulit anda.

Munculnya Sumber Air Panas

Setelah letusan gunung berapi biasanya akan terbentuk sebuah mata air panas yang mengandung mineral tinggi, ini juga mampu mengobati masalah pada kulit anda.

Meningkatkan Tingkat Kesuburan Tanah

Ketika letusan gunung terjadi, letusan tersebut membawa abu vulkanik dan lahar yang memiliki beberapa zat yang sangat dibutuhkan tanah dan tanaman.

Coba saja pasca ledakan anda bercocok tanam di sekitar gunug berapi, dan anda akan melihat bagaimana suburnya tanaman tersebut.

Dapat Dijadikan Sebagai Salahsatu Sumbert Tenaga Pembangkit listrik

Dengan panas yang dihasilkan pasca letusan maka anda dapat memanfaatkan tempat tersebut untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga panas bumi, dan ini juga dapat mengatasi kebutuhan masyarkat akan listrik.

Sebagai Bahan Bangunan

Lahar gunung berapi yang muncul pasca ledakan bisa menghasilkan beberapa bahan material yang nantinya bisa anda gunakan sebagai bahan bangunan, seperti batu dan pasir.

Pasca ledakan lahar yang keluar akan membentuk sebuah sungai, yang dimana menjadi tempat anda dapat mengambil bahan bangunan seperti batu dan pasir yang nantiny bisa anda jual.

Sebagai Penangkap Hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa letusan gunung berapi dapat meneyuburkan tanah dan ketika tanah subur maka semua tanaman ataupun pepohonan akan tumbuh subur dan lebat.

Lebatnya hutan akan menjadi penyerap air hujan dan lebatnya hutan pula dapat mencegah terjadinya longsor.

Dapat kita simpulkan bahwa kita sebagai manusia harus menjaga alam dengan sebaik mungkin seperti alam menjaga kita.

Meskipun sebuah bencana alam dapat menyebabkan banyak kerugian dan menjatuhkan banyak korban namun bencana alam sendiri mampu mendatangkan banyak manfaat.

Hidup di sekitaran gunung berapi menjadi hal yang sangat tidak mudah karena bencana dari erupsinya sendiri bisa sampai berbulan-bulan, dan karenanya anda harus pindah rumah atau kepengunsian.

Namun pasca ledakan itu juga akan memberikan banyak manfaat kepada anda sendiri.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ciri-ciri, hikmah, serta proses-proses terjadinya gunung meletus.

Leave a Comment