Pulau Cangke, Pulau Eksotis Nan Romantis di Tanah Daeng

eksotisme pulau cangke

Pulau Cangke – Apa yang akan anda pikirkan jika mendengar tentang kota Makassar? Kuliner tentunya.

Makassar adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan yang sejak dahulu sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memanjakan para pelancong dari penjuru dunia dengan keanekaragaman kulinernya.

Sebut saja Coto Makassar Makanan khas makassar yang sangat menggoyang lidah. Selain Coto terdapat juga aneka makanan khas lainnya seperti Pisang Ijo, Pisang Epe, Pallubasa, dll. Semuanya dapat anda rasakan jika berkunjung ke kota Makassar.

Namun, Tahukan anda jika selain terkenal akan keanekaragaman kurlinernya, Sulawesi Selatan juga terkenal dengan denstinasi-destinasi wisatanya yang sangat mempersona.

Sebut saja hutan pinus di Malino, Kerajaan Kupu-kupu di bantimurung, pantai pasir putih di Bira, hingga wisata sejara di benteng Fort Rotterdam, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banya destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan, terdapat satu destinasi yang sangat sayang untuk di lewatkan apabila berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Pulau ini sangat terkenal dengan keindahannya serta cerita kisah cinta yang mungkin saja merupakan gambaran nyata dari kisah cinta Romeo dan Juliet. Namanya “Pulau Cangke”.

Pulau Cangke

berkunjung ke pulau cangke

Image Src : u-report

Pulau cangke merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah gugusan supermonde yang secara gografis tertelak di dalam wilayah kabupaten pangkep.

Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan menggunakan perahu tradisional dari perlabuhan Paotere di kota Makassar.

Keindahan Pulau Cangke

Pulau cangke merupakan salah satu pulau kecil nan indah yang berada di wilayah kabupaten Pangkep yang luasnya hanya berkisar 10 Kilometer persegi saja.

Keindahan pulau ini salahsatunya dapat terlihat dari rimbunnya pepohonan hijau yang tumbuh menjulang tinggi di sekitar area pulau.

Semakin anda mendekati pulau, keindahan pulau akan semakin terasa dengan suguhan air laut yang sangat jernih sehingga ikan-ikan dan karang-karang beraneka warnah dapat terlihat dengan sangat jelas.

cangke dan terumbu karangnya

Image Source : daisyjuliaaa.blogspot.co.id

Pulau cangke juga dikenal dengan keindahan terumbu karangnya yang berada disekitar pulau.

Untuk menikmatinyapun sangat mudah, cukup dengan melakukan snorkeling di sekitar pulau anda sudah dapat menikmati keindahan terumbu karang di pulau cangke.

Pada pagi dan sore hari, anda dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset pada kedua sisi pulau kecil ini.

Selain itu, pada bulan-bulan tertentu, pulau ini menjadi tempat favorit bagi penyu untuk bertelur dan menetaskan telurnya.

Namun diluar dari keindahannya tersebut, tidak banyak yang mengetahui bahwa pulau indah ini awalnya hanyalah sebuah pulau yang tandus dan tak berpenghuni.

Pulau cangke kemudian berubah menjadi pulau kecil yang memiliki pesona setelah dihuni oleh sepasang suami istri yang menanaminya dengan berbagai macam tumbuhan.

Salahsatunya adalah pohon Cemara laut yang banyak di temukan di pulau ini yang menjadikan pulau yang tandus menjadi seperti oasis di tengah laut.

enjoy sunset

Image Src : donnyreston-alp.blogspot.com

Apa Saja Fasilitas yang Ada di Pulau Cangke?

Hingga saat ini, pulau Cangke masih menyuguhkan keindahan alam secara alami termasuk dalam hal sarana dan prasana.

Pulau Cangke sejatinya hanya di huni oleh dua kepala keluarga yang telah menghuni pulau ini selama 30 tahun.
Tidak ada fasilitas umum, warung nan eksotis, apalagi penginapan mewah semuanya self service.

Kalau anda mau berkunjung ke pulau ini, anda harus membawa semua jenis perlengkapan yang anda butuhkan dari rumah.

Ada Cinta di Pulau Cangke

Tahukah anda, dibalik keindahan pulau Cangke tersimpan sebuah kisah romantis yang sangat mengharuhkan.

Cerita cinta ini bermula pada awal tahun 80-an saat sepasang suami istri pergi meninggalkan kampung halamannya untuk mencari tempat hidup yang baru.

kisah cinta daeng abu

Image Source: malesbanget.com

Kepergian mereka bukanlah tanpa alasan. Daeng Abu menderita penyakit kusta yang saat itu dianggap sebagai penyakit kutukan oleh masyarakat di desa Bungoro yang merupakan kampung halaman Daeng Abu.

Penyakit yang dianggap kutukan tersebut menjadikan keberadaan Daeng Abu di kampung halamannya dianggap sebagai sebuah masalah.

Masyarakat khawatir penyakit yang di derita Daeng Abu dapat menular ke masyarakat lain. Akhirnya dengan berat hati Daeng Abu akhirnya pergi meninggalkan kampung halamannya.

Dalam perjalanannya, Daeng Abu akhirnya terdampar di sebuah pulau kecil nan tandus tak berpenghuni yang akhirnya menjadi rumah baginya.

Disanalah Daeng Abu memulai hidup baru bersama seorang istri. Ya, Seorang istri. Maidah namanya.

Disaat keberadaan Daeng Abu tidak diingikan orang semua orang, Maidah sang istri tetap setia mendampinginya hingga saat ini.

Mereka pun bersama-sama merawat pulau Cangke dengan sepenuh hati. Menanami pulau dengan berbagai macam tanaman sedikit demi sedikit yang akhirnya menjadi indah seperti saat ini.

Bagaimana Akses Menuju Pulau Cangke

bagaimana akses ke cangke

Image Source: Panoramio.com

Tidaklah sulit untuk mengunjungi pulau kecil nan indah ini. Pulau Cangke dapat di kunjungi melalui pelabuha Paotere kota Makassar.

Sayangnya belum ada transportasi yang menuju pulau Cangke secara reguler sehingga untuk menjangkaunya anda harus menyewa perahu tradisional rakyat untuk kesana.

Dalam perjalanan menuju Cangke, anda akan melalui beberapa pulau-pulau kecil.

Umumnya, setiap perahu yang akan menuju ke sana akan singgah di pulau Karanrang untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk melengkapi segala macam kebutuhan untuk di pulau Cangke.

Waktu tempuh yang dibutuhkan dari perlabuhan Paotere ke pulau Cangke sekitar dua atau tiga jam. Atau disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu.

Pesan Bagi Anda yang Ingin Berkunjung Ke Pulau Cangke

pulau camping di cangke

Image Source: menshealth.com

Pulau Cangke sangat terkenal dengan terumbu karangnya yang sangat indah dan sangat dekat denga bibir pantai sehingga anda dapat menikmatinya cukup dengan snorkeling.

Oleh karenanya, pastikan anda tidak merusak baik menginjak atau melakukan hal-hal lainnya yang dapat merusak ekosistem terumbu karang.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan pulau.Saat anda ingin meninggalkan pulau, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah sekecil apapun demi kebersihan pulau.

Tetaplah bersahabat dengan alam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pulau Cangke, kalau ada informasi yang masih kurang sebaiknya anda langsung saja berkunjung kesana 😀 thanks.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>