Unik! Berenang Bersama Hiu di Pulau Tinabo

Sedang cari info liburan, yang asik, alami, tapi juga keren, ada pasir putih dan air yang jernih? Maka Pulau Tinabo mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang patut Anda coba perhitungkan. Karena pantai pulau tersebut memiliki air yang jernih biru, dan banyak ikan serta ombaknya landai sekali, cocok bangetlah pokoknya. selengkapnya tentang pulau Tinabo, silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Pulau Tinabo merupakan bagian dari kabupaten kepulauan Selayar provinsi Sulawesi Sealatan, Kabupaten kepulauan selayar sendiri punya 2 daerah utama, yakni daerah kepulauan dan daerah daratan utama. Pulau Tinabo memebrikan banyak atraksi wisata, diantaranya adalah pantainya yang luar biasa Indah, salah satun yang terbaik didunia.

Tak berhenti disitu, snorkling dipantai pulau Tinabo juga luar biasa indah memanjakan mata, mengapa? Pertama, karena airnya yang sangat jernih, bahkan ketika kamera bergerak keatas, kejernihan airnya masih bisa di shot, bayangkan coba. Ini adalah salah satu destinasi snorkling yang terbaik di dunia.

Airnya biru jernih, pantainya pasir putih, pulaunya dipenuhi dengan tumbuhan hijau dengan beberapa rumah saja. Kabarnya pulau ini tidak berpenghuni.

tinabo island takabonerate selayar
Pulau Tinabo Selayar via tntakabonerate.com

Saat snorkling di sekitar pantai, maka banyak biota laut yang bisa ditemui, mulai dari ikan-ikanan sampai semacam ikan patin atau ikan hiu kecil, kemudian ada kura-kura, lalu ada juga berbagai terumbu karang yang masih asri.

Jika Anda berdiri diatas pasir pantai, dan memandang ke arah lautan, maka Anda akan bisa memandang lautan biru, semakin dekat hijau tosca, semakin dekat lagi biru jernih.

Oh ya, pembagian waktu dipulau Tinabo ini masuk dalam WITA atau Waktu Indonesia Tengah.

Jika dipikir-pikir, pulau Tinabo ini sebenarnya pulau yang relatif kecil, tapi apabila Anda ngetrip dan memutuskan jalan-jalan kepulau ini, mungkin bakalan dipenui kesenangan. Dipulau Tinabo ini memang tidak ada penghuni tetapnya, apalagi hotel.

Lalu bagaimana jika ingin berlibur disini?

Ternyata, untuk menginap ditempat ini, kita bisa menyewa penginapan yang dikelola Taman Nasional.

Untuk menuju Pulau Tinabo, Anda harus lebih dahulu menempuh jalur laut dari desa Patambukan, Kabupaten Kepulauan Selayar selama 5 jam, atau juga bisa melalui pelabuhan kota Benteng yang dapat ditempuh perjalanan selama 7 jam menggunakan jalur laut. Luar biasa memang pengorbanannya untuk menikmati pesona keindahan alam pulau disini.

Di Pulau Tinabo ini, kita bisa berenang-renang dengan baby shark, atau anakan hiu, ia hiu betulan ya, bukan hiu hiuaan hehe.

Anak-anak hiu yang ada disekitar pualau Tinabo ternyata memang sudah biasanya akan berada didekat pantai, terutama dalam waktu-waktu tertentu. Mereka sudah lama hidup liar didaerah tersebut.

Walaupun mereka anakan hiu, yang masih kecil banget, agar tetap aman apabila berenang dipantai, sebaiknya jangan bersentuhan langsung dengan baby shark tersebut. Karena kita gak tahu, mereka akan menyerang kita atau tidak.

Memang sepanjang kita tak mengganggu hiu, kemungkinannya kecil untuk diserang. Bahkan dengan visibilitas yang oke banget, alias airnya jernih, maka berenang dengan baby shark bakalan menjadi pengalaman yang luar biasa, pasti banyak yang kepengin saat kamu pamer pernah berenang dengan baby shark di pulau Tinabo.

Oh, ya apabila Anda sedang dalam keadaan luka terbuka, sebaiknya jangan berenang bersama baby shark, bisa bisa baby shark malah menggigit Anda, karena ia mengira bahwa luka Anda yang terbuka itu makanan hehe, ingat lho, indera penciuman hiu itu sangat tajam. Jadi jangan berenang ya saat sedang luka dengan baby shark.

Nah itu tadi artikel yang membahas bagaimana tentang pulau Tinabo, jika Anda suka dengan berbagai hal tersebut, tak ada salahnya segera menyusun paket liburan ke pulau Tinabo. Keren abis. Oke, sekian, sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Leave a Comment