Kumpulan Teknik Tusukan Untuk Sulaman Inggris Beserta Contohnya

sulam inggris

sulaman inggris – Jamak diketahui bawah kain merupakan salah satu unsur utama yang menjadikan seseorang menjadi tampak sangat memikat dan penuh pesona.

Oleh karena itu berbagai cara digunakan orang untuk menjadikan kain yang dipakainya memberikan pesona keindahan kepada yang melihatnya, salah satunya dengan memberikan hiasan sulam.

Hiasan sulam adalah salah satu cara untuk memberikan kesan indah pada kain dengan menggunakan jahitan-jahitan yang dekoratif.

Jahitan-jahitan dekoratif tersebut didapatkan dari pengaplikasian berbagai macam jenis sulaman dengan berbagai macam ciri dan bentuk khas masing-masing.

Salah satu diantara jenis-jenis sulaman tersebut yang memiliki ciri khas khusus adalah jenis sulaman Inggris.

Pengertian Sulaman Inggris

Sulam Inggris adalah salah satu dari beberapa jenis sulaman yang tergolong dalam jenis sulam putih.

Sulaman ini memiliki bentuk motif yang khas berupa bentuk melingkar, lonjong, atau berbentuk tetesan air yang berlubang pada bagian tengahnya.

Bentuk-bentuk tersebut dirangkai dengan menggunakan gabungan dari beberapa teknik tusuk sulam seperti tusuk Feston, tusuk Pipih, serta beberapa jenis teknik tusukan lainnya.

Selanjutnya, pada bagian tepian sulaman diberikan ringgitan, yaitu sulaman pinggiran yang berbentuk lengkungan.

Motif Desain Hiasan Sulam Inggris

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa silam inggris ini memiliki beberapa bentuk motif desain yang khas. Diantaranya:

  • Motif berbentuk bulat
  • Motif bentuk bulat panjang
  • Motif bentuk tetesan air
  • Motif bentuk tepi/ringgit

Lokasi Sulaman Inggris Pada Busana

Pada pengaplikasiannya, sulam Inggris banyak dipalikasikan pada pakaian pria atau wanita. Umumnya di sulam di beberapa tempat seperti:

  • Bagian tepi kerah
  • Bagian lengan
  • Bagian sudut blus

Teknik-Teknik Tusukan Pada Sulaman Inggris

Bentuk-bentuk dari sulam Inggris umumnya merupakan hasil kombinasi dari beberapa teknik tusukan menjadi satu.

Berikut beberapa teknik-teknik tusukan yang banyak diaplikasikan pada Sulam Inggris:

1) Tusuk Jelujur

sulam inggris tusuk jelujur

molliemakes.com

Tusuk Jelujur adalah suatu teknik tusukan dasar yang teknik tusukannya dimulai dari bagian kanan ke bagian kiri.

Fungsi utama dari teknik tusukan jelujur ini adalah agar membuat jahitan terlihat lebih rapi dan lebih sempurnah.

Teknik tusuk jelusur sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu tusuk jelujur biasa, tusuk jelujur dengan jarak tertentu, dan tusuk jelujur renggang.

Tusuk jelujur biasa dilakukan dengan menggunakan jarak tusukan yang tidak sama atau tidak ditetapkan jaraknya sehingga jaraknya tusukannya bisa berbeda-beda.

Tusuk jelujur dengan jarak tertentu adalah tusuk jelujur yang dilakukan dengan jarak antara tusukan telah ditentukan sebelumnya. Umumnya, jenis tusuk jelujur ini digunakan sebagai tusukan sementara saja.

Tusuk jelujur renggang adalah teknik tusukan jelujur yang menggunakan satu spasi. Tusukan ini umumnya digunakan sebagai tanda ketiak akan menjahit pakaian.

Dengan demikian, tusukan ini akan dibuat dengan mengguanakan benang rangkap yang kemudian akan digunting kembali.

Tujuannya ialah agar tusukan tersebut meninggalkan bekas tusukan yang berjarak, kemudian digunakan sebagai tanda saat akan menjahit pakaian.

2) Tusuk Rantai Dalam Sulaman Inggris

aplikasi tusuk rantai untuk sulam inggris

needleknowledge.com

Tusuk rantai adalah teknik tusukan hiasan yang diaplikasikan dengan langkah maju, caranya dengan memasukkan jarum dari bagian bawah tanpa memasukkan jarum sepenuhnya dan langsung kembali ditusukkan ke atas.

Benang kemudian ditarik sehingga benang menjadi terlihat melingkar saat dimasukkan ke di posisi ke dua.

Pada posisi ke dua, jarum kembali ditusukkan kebawah pada lubang jarum dan langsung keatas seperti pada langkah pertama kemudian ekor menang dilingkarkan pada jarum lalu jarum diatarik.

Lakukan gerakan tersebut mengikuti motif hiasan hingga selesai.

3)Tusuk Pipih

tusuk pipih

magpies-laundry.co.uk

Tusuk pipih adalah tusuk hiasan yang dilakukan dengan cara naik turun dengan ukuran yang sama panjang yang menutup keseluruhan permukaan ragam hias.

Tusuk pipih ini umumnya digunakan untuk melekatkan benang pada kain. Tusuk pipih ini banyak ditemukan pada hiasan-hiasan untuk perlengkapan rumah tangga.

4)Tusuk Feston Untuk Sulaman Inggris

Tusuk feston adalah teknik tusukan yang berbentuk seperti pagar. Cara pembuatannya yaitu dilakukan dengan cara vertikal dan horizontal.

Cara melakukan tusuk feston dapat dilakukan dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya. Tusukan feston ini umumnya digunakan untuk menjahit pinggiran bahan yang berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi.

Jenis tusukan feston juga sering digunakan dalam pembuatan kerajinan flanel. Teknik ini digunakan untuk menjahit tepi dan menggabungkan dua bahan flanel seperti saat membuat kerajinan boneka atau gantungan kunci dengan kain flanel.

Tusuk feston juga terkadang digunakanan sebagai alternatif membuat lubang kancing sebagai pengganti mesin.

5) Tusuk Balut

Tusuk balut digunakan untuk menyelesaikan tiras kampuh sebagai alternatif dari tusuk feston. Tusuk balut ini juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti teknik aplikasi.

Cara pengaplikasiaannya dimulai dari sisi kiri ke sisi kanan atau sebaliknya. Hasil akhir yang terlihat dari teknik tusukan balut adalah bentuk tusukan yang terlihat agak miring.

6) Tusuk Tangkai

Tusuk tangki juga disebut dengan tusuk batang, cara menjahitnya yaitu dilakukan dengan cara mundur kebelakang, umumnya berjarak 0.5 cm.

Tusuk tangkai umumnya mengaitkan 5-6 benang pada bahan. Jarum yang ditarik keluar akan menghasilkan tusuk tangkai. Ulangi tusukan mengikuti pola hingga akhir pola.

Semakin rapat jarak tusukan dan serta semakin banyak kain yang dikaitkan maka tangkai yang tercipta akan semakin besar.

Berikut Contoh hasil sulaman Inggris yang menggabungkan beberapa jenis sulaman.

contoh sulam inggris

underatopazsky.wordpress.com

sulam inggris step 1

underatopazsky.wordpress.com

sulam inggris step 3

underatopazsky.wordpress.com

sulam inggris step 4

underatopazsky.wordpress.com

Itulah ulasan singkat mengenai sulaman inggris. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>