Ulasan Lengkap Sulaman Perancis

mempelajari sulaman perancis

Sulaman Perancis – Sulaman merupakan suatu bentuk kerajinan hiasan berupa bentuk-bentuk dekoratif dari susunan-susun benang yang tersusun indah menghiasi media kain.

Susunan benang tersebut dibuat dengan menggunakan beberapa alat bantu seperti jarum, benang, dan pemapar.

Karena keindahan motif dan paduan warnanya, kerajinan kreasi sulaman banyak digemari oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, tidak heran jika kreasi hasil sulaman banyak ditemui di berbagai media kain di sekeliling kita. Seperti pada baju kebaya, jilbab, selendang, mukena, serta media-media lain yang menggunakan kain sebagai bahan kreasi utama.

Sulaman sendiri memiliki berbagai macam bentuk kreasi yang digolongkan kedalam berbagai macam kategori.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis sulaman yang paling banyak diminati oleh para penggemar kreasi sulaman yaitu sulaman Perancis.

sulaman perancis

youtube.com

Sulaman Perancis adalah sulaman yang memiliki karakter khusus yaitu menghasilkan bentuk-bentuk sulaman yang timbul.

Hasil sulaman yang timbul tersebut didapatkan dari motif sulaman yang diisi dengan berbagai tusukan hias sehingga menyebabkan bentuknya menjadi cembung.

Jenis sulaman Perancis ini umumnya digunakan dalam membuat simbol-simbol atau monokrom.

Dalam pengaplikasiannya, sulaman Perancis banyak dijumpai pada pakaian atau kain blus yang biasanya diletakkan pada bagian dada atau saku kemeja, dll.

Jenis-Jenis Sulaman Perancis

Sulaman Perancis sendiri memiliki beberapa jenis sulaman yang dibedakan berdasarkan bentuk dan motifnya.

Sulaman Perancis Bentuk Naturalis

Sulaman dengan bentuk naturalis ini cenderung mengguakan bentuk-bentuk alam sebagai objeknya. Hasil akhir sulaman jenis ini umumnya berupa dedaunan, bunga, buah-buahan, bebatuan, awan, pelangi, bintang, matahari, bulan serta berbagai figur-figur binatang dan manusia.

Sulaman Perancis Bentuk Dekoratif

Sulaman dengan bentuk dekoratif biasanya merupakan lanjutan dari sulaman bentuk naturalis, Dimana hasil sulaman bentuk naturalis di ubah menjadi bentuk yang semakin dekoratif dengan gubahan menjadi berbagai bentuk.

Sulaman bentuk dekoratif ini umumnya menggunakan berbagai macam variasi warna-warna yang indah nan serasi.

Selain itu, bentuk pola hiasan yang digunakan juga berbeda-beda berdasarkan ragam jenis hiasan yang digunakannya.

Sulaman Perancis dengan Bentuk Gambar(Motif)

Membuat sulaman berbentuk gambar pada sualaman Perancis dapat diciptakan dari susunan-susunan, perpaduan antara bentuk dasar dari motif, rangkaian, serta berbagai macam garis yang akhirnya menghasilkan sebuah gambar atau motif yang indah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Dalam Membuat Sulaman Perancis

alat dan bahan sulaman perancis

publicdomainpictures.net

Sebelum memulai untuk melakukan sulaman, ada baiknya jika anda melengkapi segala kebutuhan-kebutuhan sulaman terlebih dahulu guna mendukung kelancaran sulaman anda nantinya. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan dalam sulaman Perancis.

Beberapa Alat-Alat yang Dibutuhkan Dalam Sulaman Perancis

Ada berapa alat utama yang akan banyak digunakan dalam pembuatan sulaman Perancis, diantaranya adalah:

Jarum

Terdapat dua jenis jarum yang akan digunakan dalam melakukan penyulaman yaitu jarum jenis Chanile dan Crewel/Sharp.

Jarum Chenile adalah jarum sulam dengan ciri-ciri memiliki ukuran yang besar dengan lubang yang lebar. Jarum jenis ini, digunakan untuk memudahkan dalam memasukkan benang.

Jarum jenis Crewel atau Sharp adalah jarum sulam yang bentuknya lebih tajam serta lebih halus. Memiliki berbagai bentuk ukuran lubang, mulai dari ukuran yang lebar hingga ukuran yang kecil.

Jarum Crewel ini biasanya digunakan menyempurnahkan bentuk sulaman pipih sehingga tampak lebih cantik.

Gunting

Salah satu fungsi utama gunting adalah untuk memotong benang saat penyulaman. Oleh karena itu dianjurkan untuk menggunakan gunting dengan ukuran kecil.

Tudungan jari

Tudungan jari berfungsi sebagai pelindung jari saat melakukan penyulaman. Tudungan akan melindungi jari anda dari tusukan jarum saat melakukan penyulaman. Tudungan ini biasanya digunakan pada jari tengah.

Pendedel

Pendedel adalah alat yang digunakan untuk mendedel atau membuka jahitan apabila ditemukan ada yang salah dengan pada hasil sulaman yang telah dibuat.

Dalam penggunaannya pendedel harus digunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak hati-hati dapat merusak hasil sulaman pada bagian lainnya, atau bahkan dapat merusak kain.

Kertas Karbon

Kertas karbon digunakan dalam proses penggambaran serta pemindahan motif dari kertas ke kain yang akan disulam.

Pemidang

Fungsi utama dari pemindang adalah untuk memudahkan dalam proses penyulaman sehingga hasil sulaman tidak berkerut.

Terdapat beberapa macam ukuran pemindang, mulai dari yang berukuran besar hingga yang paling kecil.

Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan saat penyulaman yaitu berdasarkan ukuran dan jenis motif yang akan di sulam serta jenis kain yang akan digunakan.

Pensil

Pensil berfungsi untuk menggambar pola yang akan dibuat, serta untuk menjiplak pola tersebut ke atas kain yang akan disulam dengan bantuan kertas karbon.

Bahan Utama Pembuat Sulam Perancis

bahan sulaman perancisTerdapat dua bahan utama yang digunakan dalam sulaman perancis yaitu kain dan benang serta pita sebagai pelengkap.

Kain

Pilihlah jenis kain yang baik digunakan untuk menyulam yang diantaranya dapat dilalui oleh jarum sulaman, oleh benang serta dapat dilalui oleh pita. Untuk hasil maksimal, gunakanlah jenis kain yang tidak terlalu rapat sehingga dapat disulam atau dilalui oleh jarum dengan mudah.

Benang

Benang adalah bahan yang tidak bisa terpisahkan dari proses sulam menyulam. Penggunaan benang pada sulaman perancis disesuaikan dengan kebutuhan atau motif sulaman yang akan dibuat.

Cara Sederhana Melakukan Sulaman Perancis

melakukan sulaman perancis

yahoo.com

Terdapat tiga jenis teknik tusukan yang paling banyak digunakan pada sulaman Perancis, yaitu:

Tusuk Jelujur

adalah teknik tusuk dasar yang paling banyak digunakan dalam menjahit atau menyulam. Teknik ini umumnya digunakan untuk menyambungkan dua permukaan kain menjadi satu serta membuat sulaman menjadi terlihat lebih rapi dan sempurna.

Teknik tusuk jelujur dilakukan dengan cara memulai tusukan dari sebelah kanan ke kiri. Teknik tusuk jelujur terbagi dalam tiga jenis yaitu, tusuk jelujur biasa, tusuk jelujur dengan jarak tertentu, Tusuk jelujur renggang.

Tusuk Rantai pada Bagian isi

Tusuk rantai berfungsi untuk membuat sulaman yang lebih dekoratif. Meskipun terbilang sebagai salah satu teknik tusukan kuno. Namun, teknik tusukan ini masih banyak diaplikasikan pada sulaman saat ini khususnya pada motif-motif berupa lengkungan dan spiral.

Tusuk Pipih

Tusuk pipih adalah jenis teknik tusukan yang dibuat bersusun rapi dari arah kiri ke kanan. Teknik ini banyak gunakan untuk membuat sulaman yang agak sedikit melebar atau pipih seperti sulaman bentuk daun atau kelopak bunga.

Langkah-Langkah Penyulaman Sulaman Perancis

langka-langkah penyulaman Lakukan penyulaman pada seluruh garis motif dengan menggunakan teknik tusukan tusuk Jelujur.

Setelah menyulam pada bagian garis, selanjutnya lakukan penyulaman pada bagian dalam motif dengan menggunakan tusukan rantai. Sulaman pada bagian tengah motif dibuat sedikit lebih tebal dibanding dengan sulaman pada tepian motif.

Selanjutnya adalah finishing yang dilakukan dengan menggunakan teknik tusuk pipih, yang berfungsi untuk menyamarkan isi sulaman. Untuk hasil yang lebih baik arah sulaman tusuk pipih dilakukan tegak lurus dengan garis motif.

* * *

Demikian ulasan lengkap mengenai sulaman Perancis, semoga dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia sulam menyulam, khususnya pada sulaman Perancis.

Selamat berkreasi.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>