SIM Milenial, Sim Khusus Untuk Kamu Para Kaum Milenial

SIM Milenial – Beberapa hari belakangan terdengar kabar unik dari Korlantas Polri bahwa akan ada sim khusus untuk kaum milenial di Indonesia.

Berita tersebut sontak menbuat masyarakat menjadi penasaran, seperti apa SIM Milenial itu? Ada apa dengan generasi milenial? Serta hubungannya dengan SIM Milenial yang akan dikeluarkan.

Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai SIM untuk remaja Milenial ini serta hubungannya dengan para masyarakat milenial.

Surat Izin Mengemudi

pembahasan sim milenial
lihai-sikit.blogspot.com

Patut diketahui bahwa salah satu kelengkapan yang harus ada saat berkendara adalah surat izin mengemudi atau SIM.

Di Indonesia sendiri, Sim adalah bukti terdaftar yang diberikan oleh oleh Polri kepada mereka yang terampil mengendarai atau mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan standar serta prosedur yang ditetapkan oleh Polri.

Namun dalam praktiknya, sangat banyak ditemukan masyarakat yang tidak membawa SIM saat berkendara di jalan umum.

Tak hanya orang dewasa, bahkan belakangan yang paling banyak melanggar aturan ini adalah mereka dari kalangan masyarakat generasi milenial.

Generasi Milenial?

Istilah generasai milenial adalah istilah dialamatkan kepada mereka para remaja yang akan beranjak dewasa yakni mereka yang memiliki rentang usia antara 15 tahun hingga 35 tahun.

Belakangan ini para generasi milenial ini banyak menjadi perbincangan di masyarakat umum, khususnya dari generasi jaman Old.

Mereka menjadi bahan perbincangan dari berbagai aspek, baik dari aspek pendidikan, pekerjaan, moral, hingga masalah mental mereka.

Hal paling umum yang menjadi sorotan terhadap generasi milenial adalah mental mereka yang konon katanya masih sangat rapuh, cenderung ikut-ikutan, mencari kebebasan, malas, serta hal-hal negatif lainnya.

Para kaum milenial memiliki kecenderungan egosentris yang tinggi, idealis, over optimis, berpikiran pendek saat terjebak dalam suatu masalah, serta lebih senang mencari jalan pintas untuk menyelesaikan masalah tanpa peduli akibatnya.

Mereka cenderung tidak peduli pada keadaan-keadaan sosial di sekeliling mereka. Sebaliknya mereka cenderung lebih mementingkan hal-hal yang berhubungan dengan kesenangan pribadi.

Hal-hal tersebutlah yang menjadi perhatian pihak-pihak terkait untuk memberikan pembelajaran kepada para generasi milenial agar menjadi lebih baik di mata masyarakat.

Salah satu yang memberikan kepedualian terhadap generasi milenial adalah dari pihak Korlantas Polri.

Korlantas Polri memandang perlu untuk ikut memberikan pembelajaran kepada kaum milenial khususnya dalam hal tertib berlalulintas.

Hal tersebut dilaksanakan melalui pendekatan-pendekatan yang dapat diterima oleh masyarakat milenial salah satunya adalah dengan membuat program Millenial Road Safety Festival.

Millenial Road Safety Festival

Milenial safety road festival adalah kegiatan yang digalakkan oleh Korps Lalu Lintas Polri yang bertujuan untuk menyadarkan para masyarakat milenial akan pentingnya tertib berlalu lintas.

Beberapa diantara program yang ditawarkan dalam festifal Millenial Safety Road ini diantaranya adalah penyuluhan mengenai tertib lalulintas, pemahamana mengenai rambu-rambu lalu lintas, serta pembuatan SIM khusus yang ditujukan kepada masyarakat milenial yaitu SIM khusus Milenial.

SIM Milenial

SIM Milenial adalah sim khusus yang dibuat untuk kalangan milenial. SIM ini umumnya menyasar kaum milenial dari pelajar SMA, dimana Korlantas Polri Mengajak para siswa-siswa SMA untuk membuat SIM sebagai bagian dari kelengkapan berkendara.

Untuk menarik perhatian para kaum milenial, SIM tersebut nantinya akan dibuat dengan desain serta motif khusus yang tentunya sesuai dengan selera milenial.

Namun meskipun berbeda secara tampilan, SIM Milenial pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan sim pada umumnya.

Dalam pembuatannya, para siswa-siswa akan diberikan pemahaman mengenai keselamatan dalam berkendara, serta bagaimana cara berkendara yang baik dan benar.

Perlu diketahui, meskipun menyasar kaum milenial dari usia SMA, pemberian sim ini tetap sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, yang salah satunya adalah usia minimal 17 tahun.

Selain itu, sim milenial tidak berlaku untuk semua kategori SIM. Sim ini hanya diberlakukan untuk sim golongan SIM C.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai SIM Milenial. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment