Ragam Spot Wisata Populer Kabupaten Banteng, Pilih Salah Satunya atau Kunjungi Semuanya

Belakangan ini, kabupaten Bantang perlahan berubah menjadi salah satu primadona baru dalam dunia pariwisata di Sulawesi Selatan.

Kabupaten yang berjuluk Butta Toa ini terletak sekitar sekitar 120 km yang berbatasan langsung dengan Jeneponto dan Bulukumba.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai kabupaten ini yakni selama kurang lebih 3-4 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari kota Makassar.

Sumber : HasbiTubeHD

Bantaeng merupakan daerah yang kaya akan tempat wisata alam dan budaya.

Kondisi geografisnya yang unik menjadikannya memiliki berbagai macam lokasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Gunung yang mempesona, air terjun yang segar, perkebunan yang indah, hingga pantai yang eksotis dapat ditemukan di kabupaten Bantaeng.

Selain itu, fasilitas umum di lokasi-lokasi tujuan wisata pun umumnya telah dibenahi oleh pemerintah.

Olehnya itu, sangat wajar jika kabupaten yang satu ini menjadi salah satu icon baru pariwisata di Sulawesi Selatan.

Diantaranya banyaknya destinasi wisata bantaeng saat ini, berikut kami rekomendasikan 8 destinasi wisata populer di kabupaten Bantaeng.

Permandian Eremerasa

permandian ermes bantaeng
Sumber instagram.com/pittiik

Permandian Eremerasa atau lebih populer dengan nama Ermes merupakan salah satu destinasi wisata alam Bantaeng yang sangat populer.

Permandian ini terletak di kecamatan Ere merasa dan berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Bantaeng dengan waktu tempu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan keindahan hamparan sawah dan hijaunya alam Bantaeng.

Permandian ini termasuk permandian alami karena sumber air yang digunakan berasal dari mata air sekitar permandian.

Air tersebut kemudian ditampung dalam kolam buatan dan dijadikan kolam renang.

Sumber air yang berasal dari alam menjadikan air pada permandian ini menjadi sangat dingin.

Dinginnya air di kolam permandian ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang menyambangi lokasi wisata yang satu ini.

Tidak sah rasanya jika berkunjung ke eremerasa tanpa merasakan dinginnya air kolam.

Selain itu, sensasi alami permandian ini akan semakin terasa dengan pemandangan air mengalir ke kolam melalui cela-cela akar-akar pohon tua disekitar kolam yang berbentuk air mancur mini serta sungai-sungai mini.

Air Terjun Bissapu

Destinasi populer selanjutnya adalalah Bissapu Waterfall atau air terjun bissapu.

Air terjun yang satu ini berlokasi di desa Bonto Salluang kecamatan bissapu sekitar 5 kilometer dari Kota Bantaeng.

Air Terjun Bisappu merupakan air terjun tertinggi di Bantaeng dengan ketinggian kurang lebih mencapai 50 meter. Disekelilingnya terdaapat deretan pepohonan yang sangat terlihat asri.

Jarak tempuh menuju air terjun dari desa membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan suguhan pemandangan alam yang sangat menakjubkan sepanjang perjalanan.

Tiba di tempat parkir, pengunjung kemudian melewati sejumlah anak tangga yang tersusun ke bawah untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Pantai Seruni

pantai seruni kota bantaeng
Pantai Seruni via maps.google/Tribun Pantai Seruni - Muhammad Sigit

Pantai Seruni yang merupakan ikon wisata Bantaeng yang berlokasi sangat dekat dari kota.

Dari pusat kota, anda dapat mencapai lokasi ini hanya dalam hitungan menit, tepatnya berlokasi di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng.

Tempat ini merupakan salah satu surga bagi para pemburu sunset.

Selain menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang mempesona, ditempat ini pengunjung juga dimanjakan dengan fasilias tongkrongan yang nyaman.

Bagi anda yang berkunjung bersama keluarga dan anak-anak, anda bisa bersantai menunggu sunset sambil menikmati jajanan dan anak bisa bermain.

Di sini tersedia sarana rekreasi anak-anak seperti mengendarai scuter, naik odong-odong keliling alun-alun, bendi/dokar hias, jungkit, sepeda hias, ayunan, perosotan dan lain-lain.

Disisi lain, tidak sedikit juga masyarakat menikmati sunset dengan cara lain yakni dengan cara sambli berolahraga memanfaatkan jogging track dan fasilitas olahraga yang ada di Pantai Seruni.

Pantai Marina

pantai marina banteng
Pantai Marina via google maps - muhammad sigit

Berbeda dengan pantai Seruni, pantai Marina Korong Batu menawarkan pengalaman yang lebih beragam.

Jaraknya sekitar 18 km dari kota Bantaeng dengan waktu tempuh 20-30 menit, terletak di Dusun Korong Batu, Desa Baruga ,Kecamatan Pa’jukukang.

Pantai Marina Korong Batu ini terkenal dengan suguhan keindahan pasir putihnya.

Selain dapat menikmati sunset, di pantai ini anda dapat melakukan beragam wisata air seperti berenang, banana boat, voli pantai dan lain-lain.

Di sini anda bisa melakukan berbagai wisata air misalnya Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling sepanjang pantai.

Agrowisata Strawberri dan Apel

kebun apel dan strawberi bantaeng
Agrofarm Bantaeng via maps/Agrowisata Ulu Ere Bantaeng

Lokasinya berada di dusun Muntea, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, sekitar 16 km dari kota Bantaeng dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam.

Hawa sejuk pemandangan kebun strawberry dan apel yang indah akan menyapa anda sesaat setelah anda menapakkan kaki di tempat ini.

Berkunjung ke tempat ini akan memberikan anda pengalaman baru, khususnya bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan.

Terletak diatas ketinggian 1216 mdpl, Pada waktu-waktu tertentu, agrowisata ini terkadang diselimuti kabut dingin yang tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Selanjutnya, anda dapat berjalan-jalan di sekitar lokasi sambil memetik sendiri buah strawberry dan apel dari pohonnya secara langsung.

Kesemuanya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anda dan keluar saat mengunjungi agro wisata ini.

Hutan Wisata Gunung Loka

wisata gunung loka bantaeng
Gunung Loka via instagram.com/armanalwi_

Wisata alam lain yang dapat anda nikmati di kabupaten bantaeng adalah hutan Gunung Loka.

Bagi anda pencinta petualangan atau hiking mungkin tempat ini menjadi surga tersendiri bagi anda.

Mengunjungi lokasi wisata ini, anda akan disuguhkan dengan track yang menanjak serta berkelok-kelok.

Lokasinya yang terletak di dataran tinggi menjadikan hawa disini terasa sejuk dan cenderung dingin.

Oleh karenanya, ada baiknya sebelum anda berkunjung ke hutan wisata ini ada baiknya jika anda mempersiapkan segala kebutuhan seperti kesehatan fisi, perlengkapan dasar seperti jaket, air minum, dll.

Di lokasi ini juga telah dibangun Loka Camp yang menyediakan fasilitas outbond dan resort dengan konsep pelatihan alam bebas yang cocok bagi anda yang ingin melakukan kegiatan grouping.


Itulah beberapa spot-spot wisata rekomendasi yang berada di kabupaten Bantaeng yang dapat anda kunjung jika sedang berkunjung ke kabupaten ini.

Leave a Comment