Sekilas Tentang Batik Nitik Khas Yogyakarta dan Makna Dibalik Keindahannya

Batik Nitik Via
batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.com

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara menggoreskan atau menuliskan malam(lilin) pada suatu kain yang selanjutnya di proses dan diolah dengan cara tertentu sehingga memiliki kekhasan tersendiri.

kesenian batik sendiri dikenal memiliki peranan yang sangat kuat ditengah masyarakat. Keberadaan batik telah menjadi roh atau spirit yang menentukan warna kehidupan masyarakat.

Kerajinan batik merupakan seni yang bernilai tinggi yang telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa.

Salah satu jenis batik yang tengah hangat menjadi perbincangan saat ini adalah Batik Nitik Khas Jogjakarta.

Batik Nitik Khas Yogyakarta

Batik Nitik merupakan sebuah seni kebudayaan lokal yang muncul dari dorongan emosi serta kemurnian batin yang didasarkan pada pandangan hidup masyarakat.

Motif batik jenis ini diciptakan oleh kerabat keraton Yogyakarta yang kemudian mengalami perkembangan pada zaman kepemimpinan Hamengkubowono VII. Batik ini berkembang di lingkungan keraton Mataram, Ngayogyakarta dan Surakarta.

Perkembangan batik Nitik khas yogyakarta ini tidak lepas dari kekhasan motifnya yang merujuk pada batik-batik khas Yogyakarta.

Motif Batik yang satu ini terdiri dari rangkaian titik-titik yang tersusun secara presisi baik ukuran dan jaraknya yang membentuk sudut-sudut serta arah geometris yang terlihat sangat sempurnah.

Makna dibalik Keindahan Desain Batik Nitik

Rangkaian titik-titik yang tersusun dalam desain batik khas yogyakarta ini tidak terlepas dari makna di setiap motifnya.

Dalam desain tersebut tersirat makna keseimbangan hubungan manusia dengan tuhan dan alamnya serta makna kesadaran hidup sebagai seorang manusia.

Keseimbangan hidup yang tergores pada batik Titik melahirkan makna akan jati diri manusia yang merupakan mahluk sosial yang saling bergantung satu sama lain.

Seperti Nitik Sekar Keben yang bermakna kesadaran serta mawas diri, Nitik Cakar yang bermakna ketekunan serta kerja keras.

Selain pada motif, kekhasan Nitik Jogja ini juga terlihat pada penggunaan warnaya. Batik ini menggunakan warna Cokelat sebagai warna dominan. Penggunaan warna Cokelat yang dominan bermakna kesederhanaan serta kejujuran.

Batik Nitik dan Keraton

Batik Nitik dan Keraton memiliki hubungan yang sangat erat. Kedekatan hubungan tersebut terbentuk secara geografis dimana saat itu kawasan pengerajin sangat dekat dengan keraton. kedekatan tersebut memberikan pengaruh pada penggunaan batik.

Selain berpengaruh pada penggunaan batik, kedekatan dengan keraton juga berpengaruh pada ragam jenis desain pada batik titik yang memberikan makna keindahan dan kekuasaan.

Keindahan-keindahan goresan pada batik Titik dikolaborasikan dengan aturan keraton sehingga menghasilkan sebuah keindahan motif.

Batik Nitik Nusantara

Pada dasarnya ragam jenis batik nitik telah tersebar di seluruh nusantara dengan ragam keindahan masing-masing.

hingga saat ini, diketahui terdapat 70 motif nitik dengan aneka ragam nama seperti, kembang kenthang, Sekar Randu, Sekar Kemuning, Nitik Jonggrang, Nitik Cakar, dll.

selain berdiri sendiri, motif Nitik juga terkadang dikombinaksikan dengan motif batik lainnya seperti motif parang, sekar jagad, dll.


Demikianlah ulasan singkat seputar Batik dan Batik Nitik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment