“TORIOLO Farm and Fishery” – jual ikan segar makassar

jual ikan segar makassar

Jual Ikan Segar Makassar

Kami menyediakan berbagai jenis ikan segar (ikan laut/ikan air tawar) untuk wilayak kota Makassar yang diambil langsung dari nelayan dan penambak lokal.

0822 – 2144 – XXXX

Contact us to get started.

We’d love to hear from you and build out your next dream project. Drop us a line and we’ll get back to you as soon as we can!

NASA Mission Control Center
Clear Lake, Houston, TX 77058

Email: hello@example.com
Phone: 800-854-5841


Jual ikan segar Makassar – Indonesia merupakan negara maritim yang sangat kaya akan hasil lautnya. Salah satunya adalah keberadaan berbagai jenis ikan yang sangat melimpah dan beragam.

Ikan merupakan salah satu sumber protein dan vitamin yang sangat dibutuhka oleh tubuh manusia selain daging. oleh karenanya, ikan dijadikan sebagai salah satu varian alternatif pengganti daging sebagai sumbar protein dan vitamin.

kandungan Gizi yang Terdapat pada ikan

ikan sehat dan bergizi makassar
ikan sehat dan bergizi via pixabay.com

Ikan memiliki beragam kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Baik sebagai penambah energi, penunjang pertumbuhan, stimulus kesehatan, serta sebagai penunjang kesehatan lainnya. Berikut gambaran singkat terkait kandungan gizi yang terdapat pada ikan

1. Vitamin

Kandungan vitamin yang biasanya ditemukan pada sayur-sayuran serta daging juga terkandung pada seekor ikan.

Diantara ragam jenis vitamin yang terkandung pada ikan adalah vitamin A pada minya hati ikan yang berfungsi sebagai penunjang kesehatan mata.

Vitamin B6 dan B12 yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan saraf, membantu pembentukan sel dara merah, membantu proses pembakaran lemak, melindungin jantung, dll.

Dan Vitamin D  yang berfungsi membantu pertumbuhan tulang. Vitamin D pada ikan biasanya terkandung pada daging ikan, minyak hati, serta pada telur ikan.

2. Protein

Selain kandungan vitamin, ikan juga kaya akan kandungan protein. Bahkan kandungan protein pada ikan terbilang tinggi jika dibandingan dengan makanan jenis serelia dan daging.

Protein yang terdapat pada ikan kaya akan kandungan asam amino yang sangat bermanfaat untuk stimulus sel-sel otak.

Protein yang terkandung dalam ikan sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga sangat cocok untuk balita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Lemak

Kandungan ikan selanjutnya yang juga dibutuhkan oleh tubuh adalah lemak. Kandungan lemak yang ada pada ikan bukanlah lemak jenuh sehingga sangat baik bagi tubuh khususnya dalam rangka menjaga keseimbangan kolesterol tubuh.

Beberapa jenis ikan laut yang terkenal memiliki lemak yang sangat baik yang termasuk dalam kelompok Omega 3 seperti ikan salmon dan ikan tuna. Jenis lemak yang dikandung ikan tersebut dipercaya dapat menurunkan kolesterol serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak anak.

4. Mineral

Zat berupa mineral seperti zat besi juga terkandung dalam ikan. Bahkan, mineral yang terkandung pada ikan cenderung lebih mudah terserap jika dibanding dengan zat mineral yang terkandung pada sayuran maupun daging.

Selain zat besi, jenis mineral lainnya yang juga terkandung pada ikan adalah yodium yang dapat mencegah terjadinya gondok, seng yang dapat meningkatkan pembetukan hormon dan enzim, serta flour yang dapat berfungsi menyehatkan gigi.

Bagaimana Cara Memilih Ikan yang Masih Segar

mengetahui ikan segar makassar
Ikan segar via pixabay.com

Suplier Ikan Segar Makassar

Mungkin tidaklah sulit bagi kita warga Indonesia untuk menemukan ikan untuk dibeli sebab para pedagang yang jual ikan segar makassar sangat mudah ditemukan dimana-mana baik di pasar tradisional maupun di swalayan.

Akan tetapi tidak semua dari mereka para penjual atau pedagang yang jual ikan segar Makassar selalu menyuguhkan atau menjajakan ikan segar.

Oleh karenya penting bagi kita sebagai konsumen untuk mengetahui ciri-ciri ikan segar atau yang sudah tidak segar lagi. Berikut ciri-cirinya:

Tubuh Kaku

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat kesegaran ikan adalah dengan melihat fisik ikan secara langsung.

Ikan yang segar terlihat mengkilap, semua bagian tubuhnya masih lengkap, serta tampak masih kaku. Jika diangkat badan ikan terlihat kuat dan kaku tidak lemas.

Mata Ikan

Ciri ikan segar yang dijual oleh para suplier ikan segar Makassar selanjutnya dapat dilihat dari mata ikan tersebut. Ikan yang masih segar memiliki mata yang terlihat berbinar, bulat, bersih, sedikit cembung atau menonjol, serta terlihat jernih.

Sebaliknya, tidak segar memiliki mata yang terlihat pucat, memerah, berembun, jika semakin lama akan telihat cekung kedalam yang dikarenakan cairan pada mata semakin mengering.  

Insang dan Sirip

Tingkat kesegaran ikan juga dapat dilihat dari insangnya. Apabila masih segar maka insang ikan akan terlihat berwarnah merah cerah atau merah darah. Sedangkan warna insang ikan yang sudah tidak segar cenderung memucat hingga berwarna kecoklatan.

Warna dan Kekenyalan Daging

Warna daging ikan segar cenderung berwana cerah, sedanngkan daging yang tidak segar akan berwana pucat.

Tekstur daging ikan yang masih segar juga berbeda dengan yang tidak segar. Tekstur daging ikan yang segar cenderung lebih kenya dan tidak kaku.

Oleh karenanya jika anda memilih ikan, anda dapat memberikan beberapa kali tekanan pada bagian peru ikan. Ikan yang segar akan terasa kenyal dan elastis yang jika diberi tekanan akan kembali ke bentuk semula.

Ciri-Ciri Ikan Berformalin

waspada ikan formalin
waspada ikan berformalin via pixabay.com

Jual Ikan Segar Makassar

 Selain mengetahui tingkat kesegaran ikan, selanjutnya anda harus mengtahui ikan mana yang terlihat segar akan tetapi mengandung zat berbahaya yakni formalin.

Formalin merupakan zat bahan pengawet yang tidak boleh digunakan secara langsung pada produk-produk makanan sebab sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Penggunaan formalin secara langsung pada bahan makanan akan memberikan dampak negatif bagi mereka yang terlanjur mengkonsumsinya seperti mual, muntah, sakit perut, bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banya dapat berakibat kematian.

Sayangnya tingginya nafsu untuk mendapatkan keuntungan lebih dari para oknum pengusaha atau pedagang nakal yang ikut jual ikan Makassar menjadikan penggunaan formalin banyak ditemukan pada ikan-ikan konsumsi yang dijual di pasar.

Bagaimana ciri-ciri ikan yang diawetkan dengan menggunakan formalin?

Hal pertama yang dapat diperhatikan pada ikan yang mengandung formalin adalah matanya yang tenggelam kedalam akibat kekurangan caira.

Meskipun terlihat segar dan mengkilap penggunaan formalin pada ikan tidak dapat melindungi mata ikan dari kekurangan cairan.

Insang ikan berformalin akan terlihat pucat dan cenderung berwana agak keputihan.

Tektur kulit tidak kenyal bahkan cenderung patah jika diberi tekanan.

Berbau asam atau berbau bahan kimia

Meskipun telah menggunakan formalin, warna daging ikan tidak segar tetap berubah menjadi berwana pucat.

Umumnya ikan yang menggunakan formalin tidak dihinggapi lalat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua ikan yang dihinggapi lalat adalah ikan baik. Anda perlu bijak dalam memberikan penilaian ini.

Itulah beberapa tips yang baik diperhatikan agar anda dapat terhindar dari ikan yang meski terlihat segar akan tetapi telah di beri bahan pengawat berbahaya yakni formalin.

Cara Menyimpan Ikan Agar Tidak Bau

menyimpan ikan segar makassar
Menyimpan ikan segar via pixabay.com

Jual Ikan Segar Makassar

Jika anda telah mengetahui bagaimana memilih ikan yang segar. Selanjutnya yang juga perlu anda ketahui adalah bagaimana memberikan perlakukan terhadap ikan yang telah dibeli khususnya jika ikan yang dibeli tidak langsung dikonsumsi melainkan disimpat didalam pendingin terlebih dahulu.

Untuk menjaga agar ikan tetap segar serta tidak berbau saat disimpan maka anda dapat melakukakan beberapa hal berikut:

Membersihkan

Ikan yang dibeli dari para suplier ikan segar makassar atau dari pasar sebaiknya segera dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan didalam kulkas. Hindari memasukkan ikan yang baru dibeli langsung kedalam kulkas tanpa dibersihkan sebab hal tersebut dapat memicu bau tidak hanya pada ikan akan tetapi pada keseluruhan kulkas anda.

Bersihkan ikan dari lendir, sisik, keluarkan isi perut ikan jika tidak diperlukan, serta kotoran lainnya, kemudian Bilas hingga bersih dengan menggunakan air mengalir.

Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis atau Garam

Setelah dibersihkan, ada baiknya jika anda membaluri ikan yang akan disimpat dengan air perasan jeruk nipis atau ditaburi garam. Penggunaan air perasan jeruk nipis atau garam adalah sebagai pengawet alami yang dapat menjaga kesegaran ikan selama dalam penyimpanan selama beberapa waktu.

Selain itu, penggunaan air jeruk nipis atau garam juga berfungsi sebagai peredam bau amis yang dapat muncul dari ikan sehingga dapat meminimalisir bau yang kemungkinan timbul saat penyimpanan.

Tempatkan Pada Wadah Tertutup

Ada baiknya jika ikan yang telah dibersihkan dimasukkan kedalam wadah yang tertutup sebelum disimpan di lemari pendingin. Hindari menyimpan ikan langsung menggunakan kantong kresek.

Selain mencegah penyebaran bau di seluruh ruang pendingin, penyimpanan pada wadah yang tertutup juga dapat melindungi ikan dari kontaminasi bakteri yang berpotensi menpercepat hilangnya kesegaran ikan.

Siapkan Tempat Khusus di Dalam Lemari Pendingin

Sangat disarankan untuk memberikan ruang atau tempat khusus ikan atau daging didalam freezer atau lemari pendingin. Pemisahan tempat atau ruangan tersebut agar mencegah makanan untuk saling mengontaminasi satu sama lain. Baik bau maupun bakteri.

Itulah beberapa tips penyimpanan ikan segar yang baru dibeli dari pasar atau dari para supplier ikan segar.

Bagaimana mendapatkan ikan segar di sekitar makassar?

Jual Ikan Segar Makassar

Leave a Comment