Ramadhan Life Hack Untuk Bertahan Hidup di Negeri Rantau

Momen ramadhan mungkin adalah momen yang sifatnya simalakama, di satu sisi disambut dengan sukacita karena bisa mendulang banyak pahala.

Tapi, disisi lain bisa menjadi hal yang menyedihkan bagi sebagian orang, terutama yang sedang di negeri rantau.

Jauh dari keluarga, dompet semakin tipis mungkin bisa menjadi biang keladi kesedihan yang mereka rasakan.

Mungkin sebagian orang berpikir kalau Ramadan bisa menjadi ajang untuk semakin berhemat.

Secara teori bisa jadi begitu, tapi kenyataannya malah sebaliknya. Buktinya semakin banyak penjual jajanan menjelang buka puasa Dan rata-rata habis at the end.

Fenomena tersebut mungkin bukan masalah bagi mereka yang banyak uangnya.

Tapi bagi mereka yang sedang di negeri rantau plus kiriman belum kunjung nampak hilalnya, mungkin harus menerapkan strategi-strategi khusus agar bisa bertahan hidup.

Tapi tenang. Pada postingan kali ini kita akan membahas seputar Life hack untuk kamu yang sedang nyesek ekonominya agar bisa bertahan di bulan ramadhan ini. Let’s check it out.

1. “Berbukalah Dengan yang Gratis-Gratis” Ke Masjid Aja

buka gratis makassar

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulaiha rajin-rajin ke masjid khususnya shalat magrib.

Sebagaimana diketahui bersama, di setiap ramadhan hampir setiap masjid melakukan kegiatan buka puasa bersama di masjid. Nah ini menjadi peluang agar bisa menghemat budget untuk buka puasa. Ya kan?

Biar tidak dibilang spesialis buka puasa saja, rajin-rajin lah ke masjid pada waktu-waktu shalat lainnya, biar terlihat natural gitu hehehe. Biar kata hanya modus, insyaAllah, tuhan gak marah.

Saya doakan semoga kamu dapat Hidayah dan berlanjut seterusnya hingga di luar bulan Ramadhan baik ada makanan atau tidak ada makanan. Kalau perlu mudah-mudahan bisa sekalian jadi imam, amin.

2. Lakukan Safari Buka Puasa Dari Masjid ke Masjid

Kalau para ustad biasanya melakukan safari dakwah dari mesjid ke mesjid, kamu juga bisa melakukan safari buka puasa dari masjid ke masjid-masjid lainnya di daerah mu.

Selain meminimalisir frekuensi kemunculan di mesjid yang sama, kamu juga akan mendapatkan khazanah ilmu dan informasi terkait varian menu berbuka puasa di mesjid-masjid yang pernah kamu kunjungi, khususnya yang menyediakan menu spesial.

Tahukah anda, tidak jarang di beberapa masjid tertentu menyediakan makanan berat saat berbuka puasa di samping makanan makanan ringan yang umumnya disajikan. Nah kalau begitu kan bisa aman untuk makan malam.

Semakin sering melakukan Safari buka puasa, semakin banyak terkumpul database masjid mana saja yang menyediakan menu spesial hingga makanan berat untuk buka puasanya.

Database tersebut bisa kamu bagikan ke teman-teman kamu yang senasib seperantauan haha.

Anggap saja kamu sedang berbagi makanan buka puasa dengan mereka dan semoga dicatat sebagai amal baik di sisinya. Amin.

3. Untuk Mahasiswa Always Stay Tune, Jadwal Bukber Dimana-Mana

buka puasa makassar
Image via flickr.com

Kalau kamu seorang mahasiswa, ada baiknya kalau kamu selalu stay tune tentang jadwal-jadwal buka puasa bersama di kampus.

For your information ya, saat bulan puasa di kampus sangat banyak Berseliweran informasi-informasi buka puasa bersama.

Agenda tersebut umumnya diadakan oleh pihak kampus dan juga oleh organisasi-organisasi yang ada di kampus. Acaranya pun biasanya dilaksanakan secara bergiliran.

So, tugas kamu cukup melakukan penjadwalan dengan rapi sehingga kamu bisa mulai mengatur waktu dengan baik tanpa terlewat satupun. Spesialisss memang!! hahaha!

4. Be Friendly Dengan Pengurus / Marbot Masjid Banyak Sisa-Sisa Buka Disitu

tarawih makassar
image via commons.wikimedia.org

Berakrab-akrab lah dengan pengurus atau marbot masjid di dekat rumah, sambunglah silaturahmi sesering mungkin. You know why?.

Jarang yang tahu kalau pada dasarnya banyak ssb atau sisa-sisa buka puasa yang tertinggal setelah berbuka puasa dilaksanakan.

Ssb tersebut bukan sisa makanan orang ya, akan tetapi makan-makan yang tertinggal dan tidak tersentuh saking banyaknya pilihan makanan yang disajikan.

Ssb tersebut biasanya dikumpulkan atau diamankan oleh para pengurus atau marbot masjid agar tidak terbuang atau terinjak oleh jamaah.

Makanan-makanan tersebut umumnya berupa makanan jadi yang akan rusak atau basi jika tidak dihabiskan dalam semalam. Oleh karenanya perlu untuk segera dieksekusi di hari yang sama.

Eksekusi ssb biasanya dilakukan setelah sholat tarawih usai. So, Setelah sholat ada baiknya jika kamu tidak langsung pulang ke rumah.

Luangkan waktu untuk bercengkrama dengan pengurus masjid sambil menunggu ada ssb yang dikeluarkan. Dengan begitu mudah-mudahan makan malam kamu aman disini. haha.

5. Jadilah Diri Sendiri, Sahur Sendiri

sahur makassar
image via commons.wikimedia.org

Saat sahur saatnya kamu mandiri, sulit nyari tebengan. Hahah, masa sih biar sahur mau nebeng, keras kehidupan berarti.

Kalau ada duit bisa beli lauk yang murah meriah di daerah yang banyak mahasiswa bermukim. Biasanya di daerah tersebut harga lauknya murah-murah.

Atau kamu bisa bereksperimen memasak menu-menu sederhana yang umumnya berbahan utama telur dan mie instan.

Yups, itulah lima life hack yang bisa kamu terapkan untuk bertahan hidup saat bulan ramadhan di negeri rantau.

Kalau ada yang mau ditambahkan silahkan di tulis di kolom komentar.ok. thanks.

Leave a Comment