Cara membuat Surat Kuasa Untuk Grab Yang Baik [+Contoh]

Surat kuasa untuk Grab – Perkembangan teknologi yang semakin pesat belakangan ini terlihat hampir merata di semua lini. Tidak hanya dalam lingkup dunia komputer tapi juga telah masuk ke dunia transportasi. Salah satunya adalah ojek online seperti gojek ataupun Grab.

Tidak hanya pengguna ojek yang dimudahkan dengan adanya layanan ini akan tetapi para penyedia layanan (red: tukang ojek) juga mendapatkan kemudahan.

Dengan adanya teknologi transportasi online seperti Grab bike atau grab car, para konsumen maupun driver tidak lagi terhalang waktu dan tempat untuk bepergian sebab dapat diakses kapanpun dan dimana pun.

Oleh karena itu pengunna layanan ini semakin hari semakin meningkat baik konsumen maupun para driver.

Transportasi online
Surat kuasa untuk grab

Selain itu, Bagi mereka para pemilik kendaraan pribadi, mereka dapat berpeluang memiliki penghasilan tambahan dengan mendaftarkan kendaraan mereka.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka pemilik kendaraan berbondong-bondong mendaftarkan kendaraan mereka untuk menjadi penyedia jasa.

Namun sayangnya proses pendaftaran menjadi seorang driver Grab tidaklah sepenuhnya mudah.

Hal tersebut tidak lain karena pihak Grab memberlakukan berbagai macam aturan yang terkadang menjadi salah satu kendala bagi mereka para calon driver.

Salah satu persyaratan utama yang harus dipenuhi saat mendaftarkan diri menjadi driver Grab adalah status kendaraan yang didaftarkan harus atas nama pendaftar.

Nama pendaftar harus sesuai dengan yang tertera pada STNK kendaraan yang didaftarkan, KTP, serta SIM pemohon.

Hal tersebut kemudian menjadi kendala yang paling banyak dirasakan oleh para calon driver, dimana nama yang tertera pada STNK kendaraan berbeda dengan nama pendaftar.

Permasalahan perbedaan nama pendaftar dengan yang tertera pada STNK tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kendaraan yang dimiliki adalah kendaraan tangan kedua yang didapatkan dari jual beli kendaraan bekas sehingga nama yang tertera pada STNK adalah nama pemilik pertama kendaraan.

Selain itu, perbedaan nama juga akan terjadi jika kendaraan yang didaftarkan adalah kendaraan pinjaman baik dari teman atau keluarga. Atau bisa juga kendaraan milik sendiri tapi dibeli dengan atas nama orang lain seperti istri, anak, dll.

Oleh karena permasalahan tersebut banyak dialami oleh para calon driver Grab maka pihak Grab sendiri harus mencarikan solusi yang tepat bagi mereka sehingga tercipta win-win solution antara kedua pihak, baik pihak Grab maupun calon driver.

Solusi Masalah Perbedaan Nama Pendaftar Dengan STNK

Beda nama STNK dan KTP surat kuasa untuk grab
Commons.wikimedia.org

Mengingat masalah perbedaan nama tersebut banyak dialami oleh calon driver Grab, maka Untuk mengatasi masalah perbedaan nama pendaftar dan namanyang tertera pada STNK pihak Grab memberikan beberapa solusi berdasarkan penyebabnya.

1. Melampirkan Bukti Jual Beli

Jika masalah perbedaan nama disebabkan kendaraan tersebut didapatkan dari proses jual beli kendaraan bekas maka pihak grab mewajibkan para pendaftar untuk melampirkan bukti jual beli kendaraan tersebut.

Bukti jual beli kendaraan tersebut di ikutkan bersama STNK sebagai pelengkap persyaratan.

2. Melampirka Surat Kuasa Untuk Grab

Jika permasalahan perbedaan nama dikarenkan kendaraan tersebut adalah pinjaman dari teman, keluarga atau dibeli dengan nama orang lain maka calon driver yang ingin mendaftar harus menyertakan surat tersebut.

Surat kuasa tersebut dibuat oleh pemilik nama yang tertera pada STNK dengan menjelaskan bahwa kendaraan tersebut dipinjamkan atau diberikan kepada peminjam dan dapat digunakan untuk mendaftar menjadi driver Grab.

Surat ersebut kemudian dilampirkan bersama STNK untuk kemudian di dokumentasikan dan di serahkan sebagai bagian dari syarat pendaftaran.

Itulah solusi masalah perbedaan nama pendaftaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips Membuat Surat Kuasa Untuk Grab

Contoh surat kuasa untuk grab
Pixabay.com

Tidak semua surat pernyataan yang dikirim untuk grab diterima secara langsung bahkan ada yang tertolak yang disebabkan beberapa kesalah-kesalahan yang dinilai tidak sesuai dengan pihak Grab inginkan.

Oleh karena itu, bagi anda para calon driver yang sedang mengalami masalah perbedaan nama diatas dan ingin membuat surat pernyataan untuk grab, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

  1. Gunakan jenis huruf (font) yang jelas serta ukuran standar penulisan yang tidak kebesaran maupun kekecilan.
  2. Masukkan data semua data pendukung yang dibutuhkan selengkap-lengkapnya khususnya data kendaraan seperti merek, tipe, tahun, no. Rangka dan no. Mesin, plat, dll.
  3. Pengambilan gambar surat kuasa dan STNK harus jelas atau tidak blur.
  4. Surat kuas dan STNK dimuat dalam satu gambar jangan dipisahkan.

Contoh Surat Kuasa Untuk Grab

Berikut ini contoh surat yang dapat anda jadikan contoh saat ingin membuat surat kuasa untuk Grab.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini (pihak pertama):
Nama :
NIK :
Alamat :

Dengan ini menyatakan memberikan kuasa sepenuhnya kepada pihak kedua untuk menggunakan mobil yang diperuntukkan sebagai Angkutan Transportasi Online dan di daftarkan pada GrabCar dengan identitas lengkap mobil sebagai berikut ini :
Merk. :
Type Kendaraan :
Tahun Pembuatan :
No. Polisi :

Kepada peminjam calon driver Grabcar (Pihak ke-2) :
Nama :
NIK :
Alamat :

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan tanpa paksaan dan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagai mestinya.

Jakarta, 30 Maret 2019

Pemberi Kuasa (Pihak Pertama):

Bang Roy, S.Kom.


Demikianlah pemaparan singkat mengenai surat kuasa untuk grab. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment