Ragama Spot Wisata di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dan Banyak Lagi

Sudah puas berkeliling kota Makassar?, kalau masih ada waktu ada baiknya anda melanjutkan jalan-jalan anda di objek wisata diluar kota Makassar yang terbilang masih dekat dengan kota Makassar.

Yup, sedikit bergeser keluar kota, anda akan menemukan berbagai tempat-tempat indah yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah Bantimurung “The Kingdom of Butterfly”.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Bantimurung adalah salah satu destinasi wisata luar kota Makassar yang wajib anda Kunjung jika berada di Sulawesi Selatan.

Objek wisata bantimurung terletak sekitar 50 Km dari pusat kota Makassar. Secara administrasi objek wisata yang satu ini termasuk dalam wilayah kabupaten Maros dan Pangkep.

Bantimurung merupakan sebuah wilayah konservasi yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros dengan luas cakupan wilayah kurang lebih seluas 43.750 Ha.

Apa Saja yang Ada Di Taman Nasional Bantimurung?

Penetapan Bantimurung Bulusaraung sebagai sebuah kawasan konservasi atau taman nasional dikarenakan pada wilayah ini terdapat beraneka ragam keunikan.

Ragam keunikan yang dimiliki diantaranya adalah deretan pegunungan karst yang sangat indah, terdapat sekitar 80 lebih gua-gua alami maupun prasejarah dengan bentuk stalaktit dan stalakmit yang sangat indah, serta yang paling terkenal adalah terdapatnya ribuan jenis kupu-kupu yang hidup di wilayah ini.

Keindahan kupu-kupu bantimurung telah terkenal hingga ke mancanegara bahkan dijuluki “The Kingdom of Butterfly” oleh seorang peneliti kupu-kupu bernama Alfred Russel Wallace.

Alfred Russel Wallace adalah salah satu peneliti kupu-kupu yang menghabiskan sebagian hidupnya meneliti ragam jenis kupu-kupu di tempat ini pada tahun 1856-1857.

Ragam Spot Wisata di Wilayah Taman Nasional Bantimurung

Mungkin akan sulit bagi anda untuk mengunjungi semua keunikan yang berada dalam wilayah taman nasional ini. Dari ragam keunikan yang ada pada wilayah ini, terdapat beberapa spot yang dapat anda kunjungi yang menjadi pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke wilayah taman nasional. Berikut diantaranya:

Kawasan Wisata Bantimurung

kawasan wisata bantimurung
Air terjun Bantimurung via facebook.com/BantimurungKingdomButterFly

Spot wisata pertama yang dapat anda kunjungi saat berkung ke taman nasional ini adalah kawasan wisata Bantimurung di kelurahan Kalabbirang Kecamatan Bantimurung.

Kawasan ini merupakan kawasan wisata alam yang menyuguhkan pemandangan sungai, air terjun, tebing, serta hawa khas pegunungan yang sangat sejuk yang dapat anda nikmati sepuasnya.

Di lokasi ini juga terdapat dua buah gowa yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yakni gowa Mimpi dan gowa Batu.

Setelah puas menikmati suasana alam, anda dapat berkunjung ke penangkaran kupu-kupu di lokasi tak jauh dari air terjun yang masih berada di kawasan yang sama.

Jika anda beruntung anda akan melihat beraneka ragam kupu-kupu di lokasi tersebut. Namun jika tidak anda tidak perlu bersedih sebab di lokasi yang sama terdapat sebuah display room kupu-kupu yang memajang beraneka ragam jenis kupu-kupu yang ada di Bantimurung.

Jembatan Langit Helena

penampilan helena sky bridge
Helena Sky Bridge Bantimurung via @jjs_makassar

Jembatan Langit Helena atau Helena Sky bridge adalah wahana tambahan yang pada dasarnya masih didalam lokasi wisata Bantimurung tepatnya di atas area penangkaran kupu-kupu.

Kehadiran jembatan ini pada dasarnya masih terbilang baru yang ditujukan untuk memperkaya pengalaman pengunjung saat berkunjung ke tempat ini.

Jembatan ini berupa jembatan gantung yang dibuat diatas ketinggian kurang lebih 20 Meter dengan panjang 50 Meter.

Dengan berada di atas tempat ini anda dapat melihat pemandangan sekitar penangkaran yang jika beruntung anda akan menyaksikan atraksi kupu-kupu yang beterbangan di wilayah penangkaran.

Tak hanya itu, bagi anda yang takut akan ketinggian anda akan merasakan pengalaman yang seru yang dapat memacu adrenaline saat berada di jembatan ini. Tak perlu khawatir dengan safety sebab semuanya telah dipersiapkan dengan baik oleh pengelola.

Taman Prasejarah Leang-Leang

leang-leang
Taman prasejarah Leang-Leang via instagram.com/dadang_wira

Spot wisata selanjutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang. Spot wisata yang satu ini letaknya tak jauh dari kawasan wisata Bantimurung yakni berjarak kurang lebih tiga kilometer.

Di taman prasejarah ini anda akan menemukan bukti-bukti peninggalan manusia dari zaman prasejarah.

Beberapa diantaranya adalah adanya artefak-artefak, lukisan telapak, serta lukisan-lukisan binatang khas prasejarah yang terdapat di dinding gua.

Selain peninggalan-peninggalan prasejarah, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan gugusan tebing-tebing batu khas dinding karst yang menjulang tinggi di sekitar lokasi yang sangat menakjubkan.

Mengamati Satwa Endemik di Lokasi Pengamatan Satwa Karaenta

kera endemik bantimurung
Pengamatan Satwa Karaenta via instagram.com/kamajayashagir

Keanekaragaman flora dan fauna serta suguhan keindahan alam dengan pemandangan landscape karst yang mempesona adalah magnet tersendiri bagi lokasi pengamatan ini untuk dikunjungi.

Tak hanya kunjungan wisata, tempat ini juga sering dijadikan lokasi penelitian oleh para peneliti yang ingin mempelajari beragam jenis flora dan fauna di lokasi ini, tidak terkecuali dengan satwa-satwa endemik khas sulawesi selatan.

Gugusan Kayu Eboni merupakan salah satu magnet bagi lokasi ini bagi para pengunjung. Bagaimana tidak, kayu jenis Eboni ini merupakan salah satu jenis kayu langka serta memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasaran.

Selain itu, di lokasi ini juga terdapat satwa endemik Macaca Maura sejenis primata berekor pendek yang hanya dapat ditemukan di area ini. Disaat tertentu, primata tersebut akan berkumpul jika dipanggil oleh petugas yang memiliki keahlian khusus.

“Pattunuang” Surga Para Pecinta Outdoor

pattunnuang maros
Olahraga Outdoor di Pattunnuang via instagram.com/agrawaranamakassar

Bagi anda para pecinta olahraga outdoor seperti hiking, panjat tebing, dll, tempat ini akan menjadi tempat favorit anda.

Bagaimana tidak, di lokasi wisata yang satu ini anda akan menemukan berbagai aktivitas yang dapat memacu adrenalin anda.

Memanjat tebing karst yang terjal, Menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit dengan melakukan susur gua, serta menyusuri sungai yang jernih adalah beberapa aktivitas outdoor yang dapat anda lakukan di sekitar Pattunuang.

Bagi anda yang mempunyai waktu lebih, ada baiknya jika anda merencanakan untuk menghabiskan malam menikmati alam di daerah ini.

Melakukan aktivitas hiking, camping, serta menikmati indahnya perbukitan karst di lokasi ini adalah sebuah pengalaman yang tak terlupakan mengunjungi tempat ini.

terlebih lagi di lokasi yang satu ini merupakan habitat bagi beraneka ragam tumbuhan serta satwa liar dan langka seperti Soa-soa, Tarsius, dll.

Masih pada lokasi yang sama juga terdapat sebuah lokasi yang merupakan cerita legenda perahu terbalik yang berubah menjadi batu yang oleh masyarakat tersebut terkenal dengan legenda “Biseang Labboro”.

Leang Pute Lagi-Lagi Surga Para Pecinta Outdoor

susur goa di leang pute
Leang Pute via instagram.com/kamajayashagir/

Leang Pute dapat dikatakan merupakan surga tersembunyi bagi para pecinta outdoor khususnya bagi mereka yang senang memacu adrenaline.

Di tempat ini terdapat sebuah gua vertikal yang termasuk dalam kategori single pitch dengan diameter lebar kurang lebih 80 meter serta ketinggian mencapai 273 meter yang merupakan gua single pitch terdalam di Indonesia.

Selain itu, di dasar gua ini terdapat jalur yang terhubung dengan gua purbakala yang letaknya tidak jauh dari gua Leang Pute.

Disini para pengunjung akan diajak untuk melakukan aktifitas susur gua baik secara vertikal ataupun horizontal. Sayangnya tidak semua orang diperbolehkan untuk melakukan susur gua di tempat ini.

Sebab untuk melakukan aktivitas susur gua dibutuhkan keahlian khusus serta peralatan yang memenuhi standar khususnya standar keselamatan.

Menikmati Kesejukan Pemandian Alam di Leang Lonrong

Mengunjungi leang Lonrong anda akan disambut dengan pemandangan serta kesejukan alam yang memanjakan mata.

Suasana alami yang masih sangat terjaga menjadikan lokasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan indahnya menyatu dengan alam.

Kesejukan alam sangat terasa di tempat ini, terlebih lagi jika anda mencoba menikmati dinginnya aliran sungai yang berasal dari gua karst yang mengalir sepanjang tahun.

Mengejar Sunrise dan Sunset Di Puncak Bulusaraung

bulusaraung pangkep
Gunung Bulusaraung via instagram.com/yakinihsan

Puncak gunung Bulusaraung merupakan salah satu puncak gunung di Sulawesi Selatan yang sering dijadikan tujuan pendakian oleh para pengejar matahari yang ingin menikmati indahnya sunrise dan sunset.

Selain jalurnya yang tidak begitu sulit, daerah sekitar pegunungan juga menawarkan suasana yang terasa sangat sejuk, asri, serta penduduk yang ramah terhadap pengunjung.

Untuk menuju puncak, andan akan melalui jalur yang terbagi menjadi beberapa titik pos. jika beruntung, anda dapat melihat beberapa satwa liar di sepanjang perjalan hingga anda mencapai puncak pada ketinggian sekitar 1.353 MDPL.

Akses Menuju Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Tidak sulit untuk mengunjungi tempat ini. Jaraknya yang tidak jauh dari ibu kota, serta akses jalan yang baik menjadikan taman nasional ini sangat mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan mobil maupun motor.

Waktu tempuh untuk menuju lokasi ini tidak lebih dari satu hingga dua jam baik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi anda yang ingin menggunakan transportasi umum, sebagai start awal anda dapat menuju ke terminal Daya di kota Makassar. DI terminal tersebut, silahkan mencari kendaraan yang menuju maros.

Untuk memperjelas akses, anda dapat bertanya ke petugas perhubungan yang bertugas di terminal tersebut seba beberapa dari tempat-tempat di atas berada di lokasi yang berbeda dengan rute berbeda.

Ada baiknya jika anda menyewa kendaraan baik motor maupun mobil. Dengan begitu mobilitas anda untuk berpindah lokasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya akan lebih mudah.

Demikianlah ulasan singkat seputar Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment