Menikmati Sejuknya Air Pegunungan di Air Terjun ParangLoe

Baik, dalam artikel ini, saya akan membahas destinasi wisata yang masih asri dan menarik di Seulawesi Selatan, pokonya tidak kalah dengan puncak Bulusaraung, Pulau Tinabo dan Leang Leang, kali ini targetnya adalah Parang loe.

Parang Loe merupakan nama sebuah kecamatan, tetapi juga nama sebuah air terjun yang masih asri dan menarik, belum banyak orang yang kesini, bentukannya pun bagus, bertumpuk batunya,dan ketika musim hujan maupun kemarau airnya tetap mengalir, salah satu sebabnya karena lokasi yang masih hijau, asri banget lah pokoknya.

Ketika musim hujan tiba debit air yang mengalir pada air terjun bertambah banyak, jadi akan lebih terasa main ke air terjun ini sangat musim hujan tiba, namun ingat, utamakan keselamatan, salah satuya kerena batu-batu yang ada di air terjun ini pastinya licin karena cipratan air.

Selain itu, tidak jarang terjadi air bah yang tiba-tiba mengalir dari pegunungan jika curah hujan sangat tinggi. Oleh karenanya, pengunjung harus ekstra hati-hati jika mengunjungi tempat ini saat musim hujan.

Air terjun Parang loe juga dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai air terjun Bantimurung 2, yang mempunyai tinggi sekitar 20 meter, bentuknya yang bersusun, membuat air terjun ini cukup landai, airnya pun turun perlahan menyusuri undakan batu.

Salah satu yang membuat air terjun Parang Loe tetap sejuk adalah lokasinya yang berada di kaki gunung Bawakareang, karena air terjun ini asri dari kaki gunung, mungkin boleh diminum kali ya, saya sendiri belum perah mencobanya.

Dari kota Makasar, air terjun ini sebenarnya tidak jauh-jauh amat, hanya sekitar 20 Km saja ditempuh dengan menggunakan jalan darat. Tepatnya, air terjun ini berlokasi di desa Bori, kecamatan Parang Loe.

Apabila Anda sedang ada di Makasar, atau sedang jalan-jalan ke Sulawesi Selatan, maka jangan lupa untuk memasukkan air terjung Parang Loe sebagai salah satu destinasi yang patut dikunjungi.

Jika Anda ingin berwisata ke air terjun Parang Loe pastikan Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, mengapa? Karena lokasinya yang cukup jauh masuk kedalam, jauh dari toko ataupun warung makanan.

Jadi steleha menempuh perjalan jauh,sebelum bermain di air terjun, bisa makan bekal dahulu.

Nah apabila Anda membawa bekal makanan dan minuman, jangan lupa agar membawa pulang sampah Anda, karena disana tempatnya masih asri, membuang sampah disana sama saja dengan pencemaran lingkungan, apalagi jika sampah yang dibuang adalah sampah palstik.

Wisata boleh, tapi jangan juga merusak lingkungan.

Jalanan menuju ke air terjun Parang Loe lumayan berat, maka dari itu, pastikan Anda memakai sepatu yang nyaman dan tahan digunakan untuk berjalan, selain sepatu jangan lupa membawa jas hujan, ini penting untuk antisipasi apabila hujan turun.

Selain air terjun, kawasan ini juga cukup terkenal dengan event motor trail, memang alamnya mendukung dan terjal, shingga cocok buat ngetrail.

Secara umum, apabila Anda dari Makasar, kemudian ingin kesini, transportasi cukup mudah dan jalanan nyaman, namun begitu mau masuk menuju ke air terjun ini, Anda membutuhkan effort lebih kesana.

Kemudian apabila Anda aga ragu atau sedikit bingung saat hendak menuju ke air terjun ini, jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar, air terjun ini snagat populer dikalangan warga, jadi pasti mereka tahu.

Saat liburan ke air terjun ini jangan lupa untuk membawa kamera, mengapa? tentu saja untuk mengabadikan suasana liburan Anda hehe.

Tapi ingat, tetap utamakan keselamatan saat liburan, harus tetap waspad, terutama saat Anda di air terjun, karena batu batuan yang namanya kena air pasti licin, khawatirnya terpeleset dan jatuh.

Oke itu tadi info tentang air terjun Parang Loe, semoga bermanfaat bagi Anda, terutama yang sedang mencari referensi, sekian sampai jumpa diartikel yang lainnya.

Leave a Comment